HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU DENGAN KEPATUHAN PEMBERIAN IMUNISASI PADA ANAK USIA 0-24 BULAN DI POSYANDU DESA CANDISARI, KECAMATAN PURWODADI

Shefilla Cahya Pramesthi, Oky Rahma Prihandani, Kanti Ratnaningrum

Sari


Abstrak: Hubungan Pengetahuan Ibu Dengan Kepatuhan Pemberian Imunisasi Pada Anak Usia 0-24 Bulan di Posyandu Desa Candisari, Kecamatan Purwodadi. Imunisasi pada anak bertujuan untuk mencegah penularan penyakit tertentu. Menurut UNICEF mengemukakan bahwa imunisasi dapat menurunkan tingkat kematian 2-3 juta anak dari penyakit mematikan setiap tahunnya. Banyak faktor yang dapat berpengaruh terhadap keberhasilan imunisasi, diantaranya pengetahuan dan pendidikan ibu yang kurang. Seorang ibu berperan penting didalam program imunisasi seperti halnya pengetahuan dan pendidikan ibu. Berdasarkan data monografi, pendidikan penduduk di desa Candisari Sebagian besar memiliki pendidikan terakhir SD. Menganalisis hubungan pengetahuan dan pendidikan ibu dengan kepatuhan pemberian imunisasi pada anak usia 0-24 bulan di Posyandu Desa Candisari, Kecamatan Purwodadi, Jawa Tengah. Penelitian ‘observasional analitik’ dengan pendekatan ‘cross sectional’ dengan menggunakan teknik ‘purposive sampling’. Penelitian ini dilakukan di Posyandu Desa Candisari Kecamatan Purwodadi. Sampel merupakan ibu dengan anak berusia 0-24 bulan. Data penelitian menggunakan data primer dengan instrument questioner dan data sekunder dengan buku KIA (Kesehatan Ibu dan Anak). Data yang di peroleh dianalisa menggunakan uji fisher exact. Hasil menunjukkan adanya hubungan pengetahuan ibu dengan kepatuhan pemberian imunisasi anak di Posyandu Desa Candisari, Kecamatan Purwodadi dengan nilai p = 0,002 (p<0,05), serta tidak ada hubungan pendidikan ibu dengan kepatuhan pemberian imunisasi anak dengan nilai p = 0,121 (p 0,05). Terdapat  hubungan pengetahuan ibu dengan  kepatuhan pemberian imunisasi pada anak usia (0-24 bulan) di Desa Candisari, Kecamatan Purwodadi, serta tidak terdapat hubungan pendidikan ibu dengan kepatuhan pemberian imunisasi pada anak (usia 0-24 bulan) di Desa Candisari, Kecamatan Purwodadi.


Kata Kunci


Imunisasi, Pengetahuan, Pendidikan Ibu

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aini, Nur. 2012. Hubungan Tingkat Pendidikan Ibu Dengan Ketepatan Pemberian Imunisasi Dasar Pada Bayi Umur 9-12 Bulan Di Desa Banyurejo, Tempel, Sleman Yogyakarta. STIKES A. Yani Yogyakarta. Skripsi.

Candisari. 2022. Buku Data Imunisasi Anak Desa Candisari.

Chuty S, Sungatini T. 2015. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepatuhan Imunisasi Di Desa Gampingan Kecamatan Pagak. Jurnal Unitri. 3(1):10– 25.

Dedi Julianto,Puti Annisa Utari. 2019. Analisa Pengaruh Tingkat Pendidikan Terhadap Pendapatan Individu di Sumatera Barat. Universitas Dharma Andalas. Jurnal IKRAITH- Ekonomika. 2(2): 10–5

Harahap, Evi Dayanti, Razia Begum Suroyo, Mangatas Silaen. 2020. Faktor Yang Memengaruhi Perilaku Ibu Terhadap Pemberian Imunisasi Dasar Pada Bayi di Desa Situmbaga Kecamatan Halongonan Timur Kabupaten Padang Lawas Utara. Fakultas Kesehatan Masyarakat, Institut Kesehatan Helvetia, Medan. Skripsi.

Hartaty, Maria Kurni Menga. 2019. Pengetahuan Ibu tentang Imunisasi pada Bayi ‘Mother's Knowledge of Immunization in Infants’. Sandi Karsa Makassar, Sulawesi Selatan. Jurnal Ilmiah Kesehatan. Vol. 1, No. 1.

Isnaini E, Yosafianti VP, Shobirun. 2012. Hubungan tingkat pengetahuan dan sikap ibu terhadap kepatuhan emberian imunisas terhadap bayi di desa mororejo kaliwungu kabupaten kendal. Karya Ilm STIKES Telogorejo. Vol 1.

Jawa Tengah. 2022. Buku Data Imunisasi Anak Puskesmas Purwodadi, Kabupaten Grobogan 2022.

KemenPPPA. 2021. Profil Anak Indonesia 2021. Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dan Badan Pusat Statistik, Jakarta.

KemenPPPA. 2019. Profil Anak Indonesia 2019. Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak dan Badan Pusat Statistik, Jakarta.

Kemenkes RI. 2015. Buku Ajar Imunisasi. Kementrian Kesehatan RI, Jakarta.

Kemenkes RI. 2013. Riset Kesehatan Dasar Tahun 2013. Balitbangkes, Kementran Kesehatan RI, Jakarta.

Kustin, Tri Okta Ratnaningtyas. 2018. Tingkat Pengetahuan Ibu Tentang Imunisasi Dengan Kelengkapan Imunisasi Dasar Pada Bayi Di Desa Kemuning Lor Kecamatan Arjasa Kabupaten Jember. Jurnal Kesehatan dr. Soebandi.

Oktaviana KE, Ernawati E. 2019. Hubungan tingkat pendidikan formal ibu terhadap kepatuhan dalam pemberian imunisasi dasar di bawah usia 1 tahun di Puskesmas Pancoran Jakarta Selatan. Tarumanagara Medical Journal. 2(1):92–8.

Pakpahan HM, Silalahi D. 2021. Hubungan Pengetahuan Ibu dengan Pemberian Imunisasi Dasar pada Balita di Desa Ujung Rambe Kecamatan Bangun Purba Kabupaten Deli Serdang. Jurnal Darma Agung Husada. 2021;8(2):92–8.

Sabilla NF, dkk. 2021. Hubungan Pengetahuan Ibu Tentang Imunisasi Dasar Dengan Kepatuhan Ibu Melaksanakan Imunisasi Dasar Pada Bayi 1-12 Bulan. Journal Of Nursing Practice and Education.

Senewe MS, Rompas S, Lolong J. 2017. Analisis Faktor-faktor Yang Berhubungan Dengan Kepatuhan Imunisasi. e-Journal Keperawatan (e-Kp). 5(1).

Syukuriyah NL, Martomijoyo R, Rahmawati A. 2019. Faktor-faktor yang Berhubungan dengan Pemberian Imunisasi Dasar pada Balita di Desa Purwajaya Kecamatan Karangampel Kabupaten. Afiasi Jurnal Kesehatan Masyarakat. 4(2):70–6.

Triana, V. 2017. Faktor Yang Berhubungan Dengan Pemberian Imunisasi Dasar Lengkap Pada Bayi Tahun 2015. Jurnal Kesehatan Masyarakat Universitas Andalas.10(2):123.

Sunarti. 2012. Hubungan Pengetahuan Ibu Dengan Ketepatan Waktu Imunisasi Dasar Pada Bayi di Desa Tasikmadu Kecamatan Pituruh Kabupaten Purworejo. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Jenderal Achmad Yani Program Studi D III Kebidanan Yogyakarta.

Sudirman AA, Rokani M. 2021. Status Pekerjaan Ibu Dengan Ketepatan Waktu Pemberian Imunisasi Pentavalen Pada Batita di Wilayah Kerja Puskesmas Telaga Biru Kabupaten Gorontalo. Jurnal Zaitun Universitas Muhammadiyah Gorontalo. 830–6.

Adiningsih NI. 2016. Pengaruh Tingkat Ekonomi dan Pendidikan Ibu Terhadap Perilaku Melakukan Imunisasi Dasar Lengkap Pada Balita di Wilayah Puskemas Pembina Palembang. Universitas Muhammadiyah Palembang.

Istriyati E. 2011. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kelengkapan Imunisasi Dasar Pada Bayi di Desa Kumpulrejo Kecamatan Argomulyo Kota Salatiga. Jurusan Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Negeri Semarang.

Nurani VA. 2013. Fakttor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kelengkapan Imunisasi Dasar Pada Bayi Di Desa Truko Kecamatan Kangkung Kabupaten Kendal Tahun 2013. Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Dian Nuswantoro Semarang.

Rahmi N, Husna A. 2018. Faktor yang Mempengaruhi Kelengkapan Imunisasi Dasar pada Bayi di Wilayah Kerja Puskesmas Peukan Bada Kabupaten Aceh Besar. Journal of Healthcare Technology and Medicine. 4(2):209.




DOI: https://doi.org/10.33024/jikk.v10i10.10682

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-nc4.footer##

Pendidikan Dokter Universitas Malahayati Lampung



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.