PENGARUH WAKTU PENYIMPANAN WHOLE BLOOD TERHADAP KADAR HEMATOKRIT BERDASARKAN KLASIFIKASI ANEMIA DI RSUD INCHE ABDOEL MOEIS SAMARINDA

Vika Pebrianti, Supri Hartini, Fitri Nur Rica

Sari


Anemia merupakan masalah kesehatan masyarakat terbesar di dunia dan di Indonesia terutama bagi kelompok wanita. Tujuan penelitian ini pengukur kadar hematokrit dari Whole Blood yang segera, penyimpanan 4 jam dan menganalisis hasil diperiksaan dari dua perlakuan pada pasien anemia di RSUD Inche Abdoel Moeis Samarinda. Jenis  penelitian yang digunakan adalah true eksperimental dengan desain one-group pretest-postest design. Populasi dalam penelitian ini ialah pasien anemia di RSUD Inche Abdoel Moeis Samarinda yaitu 28 pasien. Analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah univariat dan analisis bivariat. Hasil penelitian penyimpanan 4 jam  didapatkan 28 responden hasil hematokritnya meningkat dan tidak ada perubahan. Hasil uji Kruskal-Wallis p 0,542 (p value >0,05) sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat pengaruh penyimpanan yang signifikan/bermakna.


Kata Kunci


Anemia; Whole Blood; Hematokrit

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Afiyanti, F. F. (2017). Perbedaan Nilai Hematokrit Ditunda 0 Jam Dan 6 Jam Menggunakan Metode Perbedaan Nilai Hematokrit Ditunda 0 Jam Dan 6 Jam Menggunakan Metode. KTI

Asopfty (2021). Gambaran Nilai Hematokrit Yang Diperiksa Segera Dan Ditunda 2 Jam Pada Suhu Kamar . KTI

Rosidah, & Wibowo, C. (2018). Perbedaan Antara Pemeriksaan Antikoagulan Edta Dan Heparin Terhadap Nilai Hematokrit (Hct). Jurnal Sains, 8(16).

Rosita et al., (2015). Status Hematologis (eritrosit, hematokrit, dan hemoglobin) Ayam Petelur Fase Layer Pada Temperature Humidity I ndex Yang Berbeda. Student Journals, 4(1) 1-0.

Ilham, I., & Rifai, M. (2022). Perbedaan Kadar Hemoglobin Darah Sukarela Sebelum dan Sesudah Diolah Menjadi Packed Red Cell di Unit Transfusi Darah PMI Kota Surabaya. Jurnal Ilmiah : J-HESTECH, 5(1), 67–74.

Utami, dkk. (2019). Waktu Simpan Darah Aantikoagulan K2EDTA dan K3EDTA Terhadap Parameter Eritrosit. KTI 11(2), 200.




DOI: https://doi.org/10.33024/jikk.v11i4.12086

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-nc4.footer##

Pendidikan Dokter Universitas Malahayati Lampung



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.