TINDAKAN PERCUTANEOUS CORONARY INTERVENTION (PCI) DAN INTRAVASCULAR ULTRASOUND (IVUS) DENGAN TEKNIK DOUBLE PUNCTURE PADA KASUS CORONARY ARTERY DISEASE (CAD)

Subagyo Subagyo, Putu Irma Wulandari, Kusman Kusman, Putu Adi Susanta

Sari


Abstrak: Tindakan Percutaneous Coronary Intervention (PCI) dan Intravascular Ultrasound (IVUS) dengan Teknik Double Puncture pada Kasus Coronary Artery Disease (CAD). Pada umumnya tindakan PCI yang ada di RS Santo Borromeus menggunakan satu akses saja yaitu arteri radialis atau arteri femoralis saja. Pada kasus CAD, RCA Chronic Total Occlusion (CTO) pada pasien ini, karena visualisasi distalnya RCA tidak terlihat, dengan alasan pertimbangan itu maka dokter memutuskan menggunakan teknik double puncture yaitu dari arteri radial dan femoral disertai dengan modalitas Intravascular  Ultrasound (IVUS) agar proses pemeriksaan berjalan lebih maksimal dan hasil akhir dari tindakan yang optimal. Tujuan dari penelitian ini adalah melihat dan menambah bagaimana tindakan Percutaneous Coronary Intervention (PCI) dan Intravascular Ultrasound (IVUS) dengan Teknik Double Puncture pada kasus Coronary Artery Disease (CAD). Menambah pengetahuan bagi radiografer apa peranannya di ruang tindakan kateterisasi jantung. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subyek penelitian adalah 1 orang radiografer dan 1 orang dokter spesialis jantung intervensi. Lokasi penelitian di Ruang Kateterisasi Jantung RS Santo Borromeus Bandung. Dari hasil penelitian tindakan Percutaneous Coronary Intervention (PCI) dan Intravascular Ultrasound (IVUS) dengan Teknik Double Puncture pada kasus Coronary Artery Disease (CAD) di Ruang Kateterisasi Jantung RS Santo Borromeus Bandung sudah sesuai dengan teori, journal dan literatur serta Pedoman Laboratorium Katererisasi Jantung dan Pembuluh Darah. Proyeksi yang digunakan untuk tindakan PCI pada kasus ini yaitu untuk Kanulasi pembuluh darah RCA adalah LAO 40°, setelah masuk di osteal baru diambil penggambilan gambar dengan proyeksi LAO 40° Cranial 10-15°, Frontal Cranial 30°, lalu tambahan RAO 30°.  Beberapa tugas dan peranan radiografer dalam tindakan PCI adalah  pada dasarnya tidak  ada perbedaan yang signifikan antara tugas yang dilakukan Radiografer dalam SKKNI dan di lapangan.

Kata Kunci


CAD, Double Puncture, IVUS, PCI

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Dian F, Poedjomartono B, Trikasjono T. (2015). Analisis Keselamatan Radiasi Tindakan Radiologi Intervensional dan Kateterisasi Jantung Vaskular di Cath-Lab Room RSUP Dr. Sardjito. J Radiol Indones. 1(1):10–22.

Crudu V, Hodgson JMB. (2013). Intravascular ultrasound. SCAI Interv Cardiol Board Rev Second Ed. 86–95.

Bangalore S, Bhatt DL. (2019). Coronary intravascular ultrasound. Circulation. 127(25):868–74.

Hansen JT. Hansen JT. (2019). Netter’s clinical anatomy fourth edition. Vol. 53, Journal of Chemical Information and Modeling. 1–630 p. 2019. 2019;

Harselia S. (2018). Tindakan Percutaneous Coronary Intervention Pada Pasien Stenosis Arteri Koroner Kanan. ARKAVI [Arsip Kardiovask Indones. 3(1):186–91.

Https://www.kidney.org/atoz/content/gfr#about-estimated-glomerular-rate-egfr NKFE glomerular filtration rate explained. MM [Internet]. 2022; A from: No Title. Natl Kidney Fond Estim glomerular Filtr rate Explain.

Mas Yog. ttps://www.biologiedukasi.com/2016/07/letak-jantung-dan-pembagian-ruang-ruang.html. 2016. 2016.

Munawar M, Soerianata S, Manik P, Kaoy IN, Firman D, Rifqi S, et al. (2018). Pedoman Laboratorium Kateterisasi Jantung Dan Pembuluh Darah. J Kardiol Indones. Hal. 10–27.

Philips.

https://www.philips.co.in/healthcare/product/HCIGTDCOREM/core-mobile-precision-guided-therapy-system.

Omran OM, Sherif MH, Saied ES, El-Ashmawy MM, El-guindy AD, El-den SMS. (2022). Evaluation of Coronary Stent Expansion during Percutaneous Coronary Interventions Using Stent Boost Visualization in Comparison with Intravascular Ultrasound. J Adv Med Med Res. 34(19):205–15.

T. Arini and F. N. Umam. (2020). Pengukuran Lemak Tubuh dan Indeks Massa Tubuh Sebagai Upaya Pencegahan Resiko Penyakit Kardiovaskular, J. Bhakti Civ. Akad., vol. IV, no. 1, pp. 25–30, 2021 [Online]. Available: http://e-. Tindakan percutaneous coronary intervention (pci) pada pasien mm dengan kasus cad 2vd right coronary artery di rumah sakit jantung dan pembuluh darah harapan kita jakarta. 2020;

www.volcanocorp.com. Feature | December 17, 2018 Philips Acquires Volcano for $1 Billion to Expand Position in Interventional Lab Market. 2018. 2018.




DOI: https://doi.org/10.33024/jikk.v10i11.12357

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-nc4.footer##

Pendidikan Dokter Universitas Malahayati Lampung



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.