HUBUNGAN DUKUNGAN SOSIAL DENGAN MEKANISME KOPING DALAM MENGHADAPI SKRIPSI PADA MAHASISWA KEDOKTERAN

Made Widiyanto, Dewi Lutfianawati, Syafik Arisandi

Sari


 

Abstrak: Hubungan antara Dukungan Sosial dengan Mekanisme Koping dalam Menghadapi Skripsi pada Mahasiswa Kedokteran. Mahasiswa mengalami beban pikiran yang berat dalam menghadapi skripsinya, Kondisi yang dihadapi mahasiswa bisa menyebabkan mereka rentan pada permasalahan yang mengakibatkan stress dan perilaku maladaptif. Oleh karena itu, suatu mekanisme koping dari dukungan sosial perlu diberikan pada mahasiswa untuk melindungi dari efek yang berbahaya akibat situasi yang penuh tekanan. Tujuan penelitian ini mengetahui hubungan dukungan sosial dengan mekanisme koping dalam menghadapi skripsi pada mahasiswa kedokteran. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analitik kuantitatif dengan rancangan penelitian ini menggunakan rancangan cross sectional. Berdasarkan kriteria inklusi dan eksklusi didapatkan sampel sebanyak 111 orang. Analisa data menggunakan uji korelasi Spearman’s. Hasil Penelitian menunjukkan diketahui distribusi frekuensi dukungan sosial responden sebagian besar adalah sedang sebanyak 83 orang (74.8%) dan mekanisme koping sebagian besar adalah maladaptif sebanyak 62 orang (55.9%).  Terdapat hubungan yang signifikan antara dukungan sosial dengan mekanisme koping (p-value = 0.000) dan juga menampilkan nilai korelasi sebesar 0.381. Kesimpulan berdasarkan analisa dan pembahasan di atas, yaitu terdapat hubungan yang signifikan antara dukungan sosial dengan mekanisme koping pada mahasiswa Kedokteran yang sedang mengambil skripsi.


Kata Kunci


Dukungan Sosial, Mekanisme Koping, Skripsi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abdul Nasir, A. M. (2011). Dasar-Dasar Keperawatan Jiwa: Pengantar dan Teori. SALEMBA MEDIKA. http://ucs.sulsellib.net//index.php?p=show_detail&id=30522

Adhiwena, R. (2018). Mahasiswa Tingkat AKhir Unpad Tewas Gantung Diri di Kamar Kos. CNN Indonesia. https://www.cnnindonesia.com/nasional/20181220153933-20-355236/mahasiswa-tingkat-akhir-unpad-tewas-gantung-diri-di-kamar-kos

Agung, G., & Budiani, M. S. (2013). Hubungan Antara Kecerdasan Emosi dan Self Efficacy Dengan Tingkat Stres. Jurnal Penelitian Psikologi, 1(2), 6.

Agung Krisdianto, M., & Mulyanti, M. (2016). Mekanisme Koping dengan Tingkat Depresi pada Mahasiswa Tingkat Akhir. Jurnal Ners Dan Kebidanan Indonesia, 3(2), 71. https://doi.org/10.21927/jnki.2015.3(2).71-76

Apriliyani, I., & Maryoto, M. (2020). The Relationship Between Coping Mechanisms and Stress Levels in Thesis Writing Among Undergraduate Nursing Students. 20(Icch 2019), 64–67. https://doi.org/10.2991/ahsr.k.200204.015

Astuti, T. P., & Hartati, S. (2013). Dukungan sosial pada mahasiswa yang sedang menyusun skripsi. PSikologi, 13, 69–81. https://ejournal.undip.ac.id/index.php/psikologi/article/download/8339/6870

Broto, H. D. F. C. (2016). Stres Pada Mahasiswa Penulis Skripsi (Studi Kasus pada salah satu mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling Medicene Universitas Sanata Dharma). Ucv, I(02), 0–116.

Cohen, S., & Syme, S. L. (1985). Issues in the Study and Application of. In Social Support and Health (pp. 3–22).

Indotang, F. E. F. (2015). Hubugan Antara Dukungan Keluarga Dengan Mekanisme Koping Pasien Pada Pasien CA Mammae. The Sun Journal, 2(4), 55–61. http://fik.um-surabaya.aca.id/sites/default/files/Artikel 9_3.pdf

Ismiati. (2015). Skripsi merupakan karya ilmiah. 1–7.

Kholid, M. K. A. (2015). Hubungan Antara Dukungan Sosial dengan Self Efficacy Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Skripsi. Program Studi Bimbingan Dan Konseling Islami Fakultas Dakwah Dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Kim, E., & Lee, M. (2013). The reciprocal longitudinal relationship between the parent-adolescent relationship and academic stress in Korea. Social Behavior and Personality, 41(9), 1519–1532. https://doi.org/10.2224/sbp.2013.41.9.1519

Lilik Ma’rifatul Azizah. (2011). Keperawatan Jiwa: aplikasi praktik klinik (1st ed.). Graha Ilmu.

Renk, K., & Smith, T. (2007). Predictors of Academic-Related Stress in College Students: An Examination of Coping, Social Support, Parenting, and Anxiety. NASPA Journal, 44(3), 405–431. https://doi.org/10.2202/1949-6605.1829

Sapardo, F. J. (2019). Hubungan Dukungan Sosial Dengan Koping Stres Pada Mahasiswa Merantau yang Bekerja. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 7(2), 217–224. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v7i2.4776

Sarafino, E. . P., & Smith, T. W. (2012). Health psychology: biopsychosocial interactions (7th ed.). International student version.

Sipayung, N. (2016). Coping Stress Penulis Skripsi (STudi Deskriptif pada Mahasiswa Angkatan 2012 Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas Snata Dharma Tahun Ajaran 2015/2016. Universitar Sanata Dharma, Yogyakarta.

Son, C., Hadge, S., Smith, A., et al. (2020). Effects of COVID-19 on College Students’ Mental Health in the United States: Interview Survey Study. Interview Survey Study, 22(9), 1–14.

Tamiya, A. P., Wahyuni, S., & Hasneli, Y. (2022). Mekanisme Koping Mahasiswa Keperawatan Dalam Menyelesaikan Tugas Akhir Pada Masa Pandemi Covid-19. Jkep, 7(1), 1–11. https://doi.org/10.32668/jkep.v7i1.725




DOI: https://doi.org/10.33024/jikk.v10i12.12483

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-nc4.footer##

Pendidikan Dokter Universitas Malahayati Lampung



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.