PENGARUH PAPARAN PORNOGRAFI MELALUI GADGET TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA SMP X DI KOTA BANDAR LAMPUNG

Muhammad Yudhi Nandang Raharja, Octa Reni Setiawati, Sandhy Arya P, Sri Maria P L

Sari


Abstrak: Pengaruh Paparan Pornografi Melalui Gadget Terhadap Motivasi Belajar Pada Siswa SMP X di Kota Bandar Lampung. Pornografi dapat didefinisikan secara luas sebagai gambar atau video yang diproduksi secara profesional atau dibuat oleh konsumen yang dimaksudkan untuk membangkitkan gairah seksual seseorang. Terdapat dampak negative dari penggunaan media gadget bagi remaja di antaranya yaitu dapat mengganggu dalam dunia Pendidikan gadget banyak disalah gunakan bagi kelompok remaja yang masih dijenjang pendidikan tingkat SMP, SMA dan perkuliahan. untuk mengetahui apakah terdapat Pengaruh paparan media pornografi dengan motivasi belajar pada remaja di SMP Negeri 2 Bandar Lampung. Jenis penelitian ini adalah deskriptif analitik pendekatan cross sectional, pada penelitian ini yang perlu diketahui yaitu Pengaruh paparan Pornografi Melalui Gadget terhadap Motivasi belajar pada remaja di Bandar Lampung. Analisis univariat Sebanyak 161 responden 57.1% dengan  Motivasi belajar Rendah dan pada kategori pornografi rendah didapatkan 27 responden 9.6%  dengan Motivasi belajar Rendah, lalu pada kategori Pornografi rendah didapatkan 68 responden 24.1% dengan motivasi belajar tinggi dan pada kategori pornografi tinggi didapatkan 26 responden 9.2% dengan motivasi belajar tinggi. didapatkan hasil korelasi sebesar P value 0.00<0.05 maka Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa ada hubungan/korelasi antara Paparan Pornografi melalui Gadget dengan Motivasi belajar pada siswa SMP X di kota Bandar Lampung, dan didapatkan OR 0.064 dapat disimpulkan bahwa peluang Pornografi mempengaruhi Motivasi belajar sebanyak 0.064 kali.


Kata Kunci


Pornografi, Motivasi belajar, dan Remaja

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Aida. (2020). Pengaruh Jejaring Sosial Terhadap Motivasi Belajar Siswa-Siswi Sekolah Menengah Pertama (SMP) Di Kecamatan Banjarmasin Barat. Jurnal Pendidikan Geografi, 3(5), 38–50. http://ppjp.unlam.ac.id/journal/index.php/jpg

Amma Emda. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2). https://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/lantanida/article/view/2838/2064

APJII. (2022). Penetrasi & Perilaku Pengguna Internet Indonesia Survey 2019. Teknopreneur, 2022(Februari 2012), Hasil Survey.

Peter. (2020). Child and Adolescent Pornography Exposure. Journal of Pediatric Health Care, 34(2), 191–199. https://doi.org/10.1016/j.pedhc.2019.10.001

Rahman et al. (2020). Edukasi Konten Pornografi Dalam Penggunaan Gadget Di Sekolah Menengah Kejuruan (Smk) Medika Samarinda. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 26(2), 60. https://doi.org/10.24114/jpkm.v26i2.16810

Santosa. (2019). KRR sebagai Program Pengembangan Perilaku Seksual Sehat Remaja pada Revolusi Industri 4.0. Indonesian Journal of Educational Counseling, 3(3), 233–242. https://doi.org/10.30653/001.201933.104

Saputri. (2014). Gambaran Penggunaan Internet Pada Anak. Naskah Publikasi. Universitas Muhammadiyah Surakarta. http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/32270

Siregar et al. (2021). Pengaruh Penggunaan Gadget terhadap Akhlak

Remaja. Pendidikan Agama Islam, 1(2).

Yoga. (2020). Hubungan Paparan Pornografi Melalui Media Sosial Internet Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. Al-Tamimi Kesmas: Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat (Journal of Public Health Sciences), 9(2), 122–130. https://doi.org/10.35328/kesmas.v9i2.1059




DOI: https://doi.org/10.33024/jikk.v10i12.12559

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-nc4.footer##

Pendidikan Dokter Universitas Malahayati Lampung



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.