HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN TINGKAT KECEMASAN DALAM MENGHADAPI OSCE PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN ANGKATAN 2019

Annisa Rosyifa Meidy, Upik Febriyani, Ni Putu Sudiadyani, Marisa Anggraini

Sari


Abstrak: Hubungan Motivasi Belajar Dengan Tingkat Kecemasan Dalam Menghadapi OSCE Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Angkatan 2019. Motivasi adalah dorongan penggerak dalam diri kita untuk melakukan kegiatan belajar untuk mencapai sesuatu. Jika seseorang memiliki keinginan dan kemauan yang tinggi untuk belajar, maka seseorang tersebut dapat mengendalikan kecemasan yang ada di dalam diri orang tersebut. Kecemasan adalah kondisi psikologis seseorang yang penuh dengan rasa takut dan khawatir akan sesuatu hal yang  belum pasti terjadi. Salah satu penyebab dari kecemasan adalah ujian OSCE di mana mahasiswa merasa khawatir dan takut tidak bisa mengerjakan ujian tersebut dengan baik. Tujuan Penelitian ini adalah mengetahui apakah terdapat hubungan antara motivasi belajar dengan tingkat kecemasan dalam menghadapi OSCE pada mahasiswa kedokteran Universitas Malahayati angkatan 2019. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis analitik. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode cross sectional, alat ukur dengan kuesioner MSLQ dan DASS. Serta menggunakan teknik total sampling. Didapatkan responden penelitian berjumlah 103 mahasiswa dengan motivasi belajar terbanyak pada kategori sedang yaitu sebanyak 64 orang (62.14%). Tingkat kecemasan terbanyak pada kategori parah yaitu berjumlah 32 orang (31,07%). Hasil penelitian menunjukan nilai p-value adalah 0,705 (p>0,05) dan uji korelasi sebesar -0,038. Tidak terdapat hubungan yang signifikan antara motivasi belajar dengan tingkat kecemasan dalam menghadapi OSCE pada mahasiswa kedokteran Universitas Malahayati angkatan 2019.

Kata Kunci


Mahasiswa Kedokteran, Motivasi Belajar, Tingkat Kecemasan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anugrahwati, R. and Hartati, S. 2017. Faktor-Faktor Yang Berperan Terhadap Motivasi Manggala Husada Jakarta’, P- ISSN: 2086-3071, E-ISSN: 2443-0900 Versi online: Volume8, Nomor 2, Juli2017, 8.

Amir, P.D., Iryani, D. and Isrona, L. 2016. Hubungan Tingkat Kecemasan dalam Menghadapi ObjectiveStructured Clinical Examination (OSCE) dengan Kelulusan OSCE pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Andalas , Jurnal Kesehatan Andalas, 5, pp. 140–144.

Ayu, G. et al., 2018. Perbedaan Motivasi Belajar Siswa Ditinjau Dari Jenis Kelamin dan Urutan Kelahiran di SMAN 1 Tabanan Dengan Sistem Full Day School, Jurnal Psikologi Udayana, 032, pp. 145–155.

Dwi Utami et al., 2020. Hubungan Motivasi Belajar Dengan Tingkat Kecemasan Pada Peserta Osce Ukmppd Periode Februari Tahun 2020 Di Fakultas Kedokteran Universitas Jenderal Soedirman. Skripsi. Universitas Jendral Soedirman. Available at: http://repository.unsoed.ac.id/14283/3/4. ABSTRAK-Riza Dwi Utami-G1A016098-Skripsi-2020.pdf.pdf .

Febriyanti, E. and Mellu, A., 2020. Tingkat Kecemasan Mahasiswa Keperawatan Dalam Menghadapi Pandemi Covid-19 Di Kota Kupang. Available at: https://stikes-nhm.e-journal.id/NU/index .

Maulida, R., 2018. Pengaruh Simtom Kecemasan Dan Depresi Terhadap Hasil Kelulusan Osce Semester Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Tahun Ajaran 2016/2017, Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara. Sumatera Utara.

Rachmawati, V. and Mustikasari., 2019. Tingkat Kecemasan dan Stress pada Mahasiswa Mengikuti Objective Structure Clinical Examination (OSCE)’, JPPNI, 03, pp. 158–164.

Rantari, Z.M., Zulharman, Z.,Asni, E., 2019 Hubungan Learning Approach dengan Nilai Objective Structured Clinical Examination (OSCE) Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Riau Tahun Kedua’, Jurnal Ilmu Kedokteran, 12(2), p. 128. doi:10.26891/jik.v12i2.2018.128-131.

Notoatmodjo, S., 2018. Metodologi penelitian kesehatan. Jakarta. PT Rineka Cipta.

Novitarum, D., 2018. Hubungan Motivasi Belajar Dengan Kecemasan Mahasiswa Menghadapi OSCE, Vol. 1(1), pp. 11–18.

Novitria, F. and Khoirunnisa, R.N., 2020. Perbedaan Kecemasan Akademik Pada Mahasiswa Baru Jurusan Psikologi Ditinjau Dari Jenis Kelamin’, Pp. 1–10.

Vellyana, D., Lestari, A. and Rahmawati, A., 2017. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Tingkat Kecemasan pada Pasien Preoperative di RS Mitra Husada Pringsewu’, Jurnal Kesehatan, 8(1), p. 108. Available at: https://doi.org/10.26630/jk.v8i1.403 .

Vivin, V., Marpaung, Wi. and Manurung, Y.S., 2019. Kecemasan dan motivasi belajar’, Persona:Jurnal Psikologi Indonesia, 8(2), pp. 240–257. Available at: https://doi.org/10.30996/persona.v8i2.2276

Yanti, S., Erlamsyah, E. and Zikra, Z., 2013., Hubungan antara Kecemasan dalam Belajar dengan Motivasi Belajar Siswa, Konselor, 2(1), pp. 283–288. doi:10.24036/02013211242-0-00.




DOI: https://doi.org/10.33024/jikk.v10i10.12727

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-nc4.footer##

Pendidikan Dokter Universitas Malahayati Lampung



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.