HUBUNGAN LINGKUNGAN BELAJAR DENGAN STRES AKADEMIK PADA MAHASISWA KEDOKTERAN UNIVERSITAS MALAHAYATI ANGKATAN 2020

Winneke Rizki Aulia, Esteria Marhayuni, Vira Sandayanti, Sri Maria Puji Lestari

Sari


Abstrak : Hubungan Lingkungan Belajar Dengan Stres Akademik Pada Mahasiswa Kedokteran Universitas Malahayati Angkatan 2020. Stres akademik dapat dialami oleh pelajar dari tingkat manapun, terutama pada mahasiswa. Dimana dalam dunia pendidikan tentu terdapat beberapa hal yang dapat memicu terjadinya stres akademik. Mahasiswa kedokteran biasanya mengalami tingkatan stres yang lebih berat dari mahasiswa jurusan lain, dikarenakan padatnya kegiatan yang diikuti oleh mahasiswa kedokteran. Contohnya seperti sistem pembelajaran yang padat, tugas yang banyak, praktikum, tutorial, dan skill lab. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan lingkungan belajar dengan stres akademik pada mahasiswa kedokteran Universitas Malahayati angkatan 2020. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif analitik yang bertujuan untuk mengetahui hubungan lingkungan belajar dengan tingkat stres mahasiswa kedokteran. Didapatkan responden penelitian berjumlah 89 mahasiswa dengan tingkat lingkungan belajar terbanyak pada kategori baik sebanyak 78 orang (87,6%) dan tingkat stres akademik terbanyak kategori sedang berjumlah 46 orang  (51,7%). Hasil penelitian statistik menunjukkan p-value sebesar 0,113 (p > 0.05) dengan uji korelasi sebesar 0.169. Tidak ada hubungan yang signifikan antara lingkungan belajar dengan stres akademik pada mahasiswa Kedokteran Universitas Malahayati angkatan 2020.

Kata Kunci


Lingkungan Belajar, Mahasiswa, Stres Akademik

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Albana, R. Y. F., Meidianawaty, R. V., & Hermawan, I. 2020. Hubungan Persepsi Mahasiswa Terhadap Lingkungan Pembelajaran Dengan Nilai Blok Di Fakultas Kedokteran Unswagati Cirebon. Tunas Medika Jurnal Kedokteran & Kesehatan, 6(2).

Akbar, R. R. 2018. ‘Hubungan Persepsi Mahasiswa terhadap Lingkungan Pembelajaran dan Tingkat Stres’, JKB,.

Asmita, W. 2021. Faktor Yang Mempengaruhi Stres Akademik Menghadapi Kuliah Daring Pada Mahasiswa Iain Batusangkar. Undergraduate Thesis Batusangkar: Institut Agama Islam Negri.

Azteria, V., & Hendarti, R. D. 2020. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Stress Kerja Pada Perawat Rawat Inap Di RS X Depok Pada Tahun 2020. Prosiding Forum Ilmiah Tahunan (FIT) IAKMI, 2774-3217.

Barseli, M. dan Ifdil, I. 2017. ‘Konsep Stres Akademik Siswa’, Jurnal Konseling dan Pendidikan, 5(3), p. 143. doi: 10.29210/119800.12 september 2022.

Cleveland, B. dan Fisher, K. 2014. ‘The evaluation of physical learning environments: A critical review of the literature’, Learning Environments Research, 17(1), pp. 1–28. doi: 10.1007/s10984-013-9149-3. 7 oktober 2022

Damanik, B. E., & Irawan, E. 2021. Pengaruh persepsi mahasiswa mengenai kompetensi dosen dan lingkungan belajar terhadap motivasi belajar. Publikasi Pendidikan, 11(2), 180-186.

Efrianti, M. 2021. ‘Gambaran Stres Akademik Pada Mahasiswa Dalam Belajar Online’. Skripsi, p. 1-62.

Gamayanti, W., Mahardianisa, M., & Syafei, I. 2018. Self disclosure dan tingkat stres pada mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi. Psympathic: Jurnal Ilmiah Psikologi,

Hafifah, N., Widiani, E., & Rahayu, W. 2017. Perbedaan stres akademik pada mahasiswa program studi ilmu keperawatan berdasarkan jenis kelamin di fakultas kesehatan universitas tribhuwana tunggadewi malang. Nursing News: Jurnal Ilmiah Keperawatan,

Hartaji, R. D. A. 2012 Motivasi Berprestasi pada Mahasiswa yang Berkuliah dengan Jurusan Pilihan Orang Tua, Fakultas Psikologi Universitas Gunadarma. Universitas Gunadarma. Available at: http://docplayer.info/34427591-Motivasi-berprestasi-pada-mahasiswa-yang-berkuliah-dengan-jurusan-pilihan-orang-tua.html.15 oktober 2022.

Health Association, A. C. 2018. American College Health Association-National College Health Assessment II: Reference Group Executive Summary Fall 2018. Hanover: MD: American College Health Association.

Kountul, Y. P., Kolibu, F. K., & Korompis, G. E. 2018. Hubungan Jenis Kelamin dan Pengaruh Teman Sebaya dengan Tingkat Stres Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi Manado. KESMAS: Jurnal Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi,

Hamidah, S., & Rizal, M. S. 2022. Edukasi Kesehatan Reproduksi dan Perkembangan Remaja di Panti Asuhan Yatim Muhammadiyah Kecamatan Gresik Kabupaten Gresik Jawa Timur. Journal of Community Engagement in Health,

Irlaks, V. S., Murni, A. W. dan Liza, R. G. 2020. ‘Hubungan antara Stres Akademik dengan Kecenderungan Gejala Somatisasi pada Mahasiswa Program Studi Kedokteran Tingkat Akhir Fakultas Kedokteran Universitas Andalas Angkatan 2015’, Jurnal Kesehatan

Andalas, 9(3), p. 334. doi: 10.25077/jka.v9i3.1366.23 oktober 2022.

Maryama, H. 2015. Pengaruh character strengths dan gender terhadap stres akademik mahasiswa UIN Jakarta yang kuliah sambil bekerja. Undergraduate Thesis, UIN Syarif Hidayatullah.

Notoadmodjo, S. 2018. Metodologi Penelitian Kesehatan Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Nurmalasari, Y., Yustiana, Y. R., & Ilfiandra, I. 2016. Efektivitas restrukturisasi kognitif dalam menangani stres akademik siswa. Jurnal Penelitian Bimbingan Dan Konseling, 1(1).

Purwanto, E. A. dan Dyah Ratih Sulistyastuti. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif. Yogyakarta : Gava Media.

Robyansyah, R., Indarti, S., & Widayatsari, A. 2022. Pengaruh Lingkungan Belajar dan Disiplin Terhadap Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar Taruna/i Politeknik Negeri Bengkalis Jurusan Kemaritiman. Jurnal Daya Saing,

Roff, S. 2005. ‘The Dundee Ready Educational Environment Measure (DREEM) - A generic instrument for measuring students’ perceptions of undergraduate health professions curricula’, Medical Teacher, 27(4), pp. 322–325. doi: 10.1080/01421590500151054.

Rohmatillah, W., & Kholifah, N. 2021. Stress akademik antara laki-laki dan perempuan siswa school from home. Jurnal Psikologi: Jurnal Ilmiah Fakultas Psikologi Universitas Yudharta Pasuruan,

Ruhmadi, E., Suwartika, I., & Nurdin, A. 2014. Analisis faktor yang berhubungan dengan tingkat stress akademik mahasiswa reguler Program Studi D III Keperawatan Cirebon Poltekkes Kemenkes Tasikmalaya. Jurnal Keperawatan Soedirman,

Samsinar, S. 2020. Urgensi learning resources (sumber belajar) dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Didaktika: Jurnal Kependidikan,

Sanjaya, I. M. B., Susani, Y. P., & Lestari, R. 2018. Persepsi Mahasiswa terhadap Lingkungan Belajar Klinik Fakultas Kedokteran Universitas Mataram dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jurnal Kedokteran, 7(4), 1-1.

Saputro, K. Z. 2018. Memahami ciri dan tugas perkembangan masa remaja. Aplikasia: Jurnal Aplikasi Ilmu-Ilmu Agama, 17(1), 25-32.

Sari, M. B. 2022. ‘Stress analytics of medical students at faculty of’, 11(3), pp. 319–325. doi: 10.22146/jpki.64881.

Setia, M. S. 2016. ‘Methodology Series Module 3: Cross-sectional Studies’, Indian journal of dermatology. Medknow Publications & Media

Suyono, D. M., Boleng, D. T., & Nooryani, N. (2022). Analisis Lingkungan Belajar Peserta Didik Kelas X-5 di SMAN 5 Samarinda. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 3, 71-74.

Solikhah, Y. N. 2019. Hubungan Big Five Personality dengan stres akademik pada Mahasiswa Kedokteran. Undergraduate Thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

Tyastirin, E., dan Hidayati, I. 2017. ‘Statistik Parametrik Untuk Penelitian Kesehatan’. Surabaya: Program Studi Arsitektur UIN Sunan Ampel.

Wahyudi, R., Bebasari, E. and Nazriati, E. 2017. Gambaran Tingkat Stres pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Riau Tahun Pertama.

Wardhani, D. T. 2012. Perkembangan dan seksualitas remaja. Sosio Informa: Kajian Permasalahan Sosial dan Usaha Kesejahteraan Sosial, 17(3).

Widjaya, W. R. 2018. Hubungan Antara Tingkat Perfeksionisme dengan Tingkat Stres Akademik Mahasiswa Tahun Pertama Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya Malang. Undergraduate Thesis, Universitas Brawijaya.

Widyana, Y. A. 2021. Hubungan Tingkat Stres Akademik dengan Tension Type Headache pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Semarang. Undergrdate Thesis, Universitas Muhammadiyah Semarang

Yusuf, N. M. dan Yusuf, J. M. 2020. ‘Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Stres Akademik’, Psyche 165 Journal, pp. 235–239. doi: 10.35134/jpsy165.v13i2.84.4 oktober 2022.

Yusoff, M. S. B. dan Rahim, A. F. A. 2010. The Medical Student Stressor Questionnaire ( MSSQ ) Manual An explanatory guide on stress and stressors in medical study to help you. Kelantan: KKMED Publications.18 november 2022.




DOI: https://doi.org/10.33024/jikk.v10i10.12729

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-nc4.footer##

Pendidikan Dokter Universitas Malahayati Lampung



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.