HUBUNGAN SELF-REGULATED LEARNING DENGAN KECEMASAN PADA MAHASISWA KEPANITERAAN KLINIK FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS PATTIMURA

Laura BS Huwae, Rachmawati Agustin, Alessandra F Saija, Johan B Bension

Sari


Abstrak: Hubungan Self-Regulated Learning dengan Kecemasan pada Mahasiswa Kepaniteraan Klinik Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura. Kecemasan akademis adalah perasaan tegang dan ketakutan pada sesuatu yang akan terjadi, perasaan tersebut dapat mengganggu dalam pelaksanaan tugas dan aktivitas yang beragam dalam situasi akademis. Oleh sebab itu, dibutuhkan penerapan self-regulated learning yang dapat membantu mengurangi kecemasan dan dapat digunakan sebagai indikator pencapaian prestasi akademik mahasiswa dimana self-regulated learning berperan sebagai upaya strategi belajar mandiri terkait pengolahan pikiran, perasaan dan tindakan yang berpengarh pada pencapaian tujuan akademik. Mahasiswa diharapkan mempersiapkan strategi pengaturan diri dalam belajar, sehingga memperoleh hasil berupa nilai yang maksimal. Pada penelitian ini, permasalahan merujuk pada kecemasan yang dikarenakan adanya kendala dalam penerapan self-regulated learning. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis mengenai hubungan self-regulated learning terhadap kecemasan pada mahasiswa kepaniteraan klinik Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura Ambon. Penelitian ini dilakukan dengan metode pendekatan deskriptif dan menggunakan desain cross sectional. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan mahasiswa dengan self-regulated Learning tinggi sejumlah 59% responden dan mahasiswa yang tidak mengalami cemas sejumlah 82,1% responden dengan nilai p 0,959 (p > 0,05) yang dapat diinterpretasikan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara self-regulated learning dengan kecemasan mahasiswa kepaniteraan klinik Fakultas Kedokteran Universitas Pattimura.


Kata Kunci


kecemasan, mahasiswa kepaniteraan klinik, self-regulated learning

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anugrahsari S. Pembelajaran jarak jauh pada Kepaniteraan Klinis Program Studi Profesi Dokter di Rumah Sakit Pendidikan. JAMBI Med J “Jurnal Kedokt dan Kesehatan.” 2021;9(1):220–9.

Hamonangan RH, Widyarto S. Pengaruh Self Regulated Learning dan Self Control terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia. J Dimens Pendidik dan Pembelajaran [Internet]. 019;7(1):5–10. Available from: http://journal.umpo.ac.id/index.php/dimensi/index

Harso A, Merdja J. Motivasi belajar dan prestasi belajar fisika ditinjau dari jenis kelamin. Sci Phys Educ J. 2019;3(1):11–20.

Hunta W. Analisis fakrot pengaruh self-regulated learning terkait motivasi akademik dan kecemasan sebelum ujian terhadap prestasi akademik mahasiswa. Fakultas Kedokteran Universitas Islam Malang.

Malang. 2020[diakses 2022 Desember 17]. Available from: http://riset.unisma.ac.id/index.php/jki/article/view/8868

Kapitan, I. K., Kareri, D. G. R. and Amat, A. L. S. Hubungan Motivasi Belajar Dengan Prestasi Akademik Mahasiswa Fakultas Kedokteran Di Nusa Tenggara Timur. Cendana Medical Journal (CMJ). 2021;9(1), pp. 64–71. doi:10.35508/cmj.v9i1.4937.

Kusumawardhani, Husin Albahri, Adikusumo Arman. Buku Ajar Psikiatri. 3rd ed. Elvira Sylvia, Hadisukanto Gitayanti, editors. Jakarta: Badan Penerbit Fakultas Kedokteran Indonesia; 2018. 259–260 p.

Monica AA, Supriyadi. Efikasi diri dan strategi koping pada penyesuaian diri dokter muda. Vol. 9. No. 2. Jurnal Studia Insania. Denpasar. 2021 diakses 2022 Maret 21]. Available from: http://jurnal.uin-antasari.ac.id/index.php/insania/article/view/3839

Mustofa, F. L. et al. Perbedaan Tingkat Kecemasan Dalam Menghadapi Ujian Cbt Dan Osce Nasional Pada Mahasiswa Kedokteran Universitas Malahayati Bandar Lampung. Jurnal Ilmu Kedokteran dan Kesehatan. 2023;10(3), pp. 1581–1589. doi: 10.33024/jikk.v10i3.8800.

Ningrum N, Toenlioe A, Abidin Z. Analisis pemanfaatan Search Engine dalam meningkatkan Self-Regulated Learning Mahasiswa Teknologi Pendidikan. J Kaji Teknol Pendidik. 2019;2(2):149–57.

Puspita SAL, Rustika IM. Peran Self-Regulated Learning dan konsep diri terhadap prestasi akademik mahasiswa remaja akhir Fakultas Kedokteran Universitas Udayana yang pernah menjadi finalis Bali

Pageant. J Psikol Udayana. 2018;5(1):2–4.

Puspitasari A. Self regulated learning ditinjau dari goal orientation (studi komparasi pada siswa SMA Negeri 1 Mertoyudan Kabupaten Magelang) [Internet]. Universitas Negeri Semarang; 2013. Available from: https://lib.unnes.ac.id/18332/

Sanitiara, Nazriati E, Firdaus. Hubungan kecemasan akademis dengan regulasi diri dalam belajar pada mahasiswa tahun pertama fakultas kedokteran universitas riau tahun 2013-2014. Vol. 1. No. 2. JOM FK:

Riau. 2014 [diakses 2022 Maret 21]. Available from: https://jom.unri.ac.id/index.php/JOMFDOK/article/view/2973

Saputra WNE, Alhadi S, Supriyanto A, Wiretna CD, Baqiyatussolihat B. Perbedaan Self-regulated Learning Siswa Sekolah Menengah Kejuruan berdasarkan jenis kelamin. J Kaji Bimbing dan Konseling. 2018;3(3):131–8.

Simaremare EY, Sandayanti V, Silvia E. Hubungan manajemen waktu dengan regulasi diri dalam belajar pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati. J Ilm Bimbing dan Konseling. 2020;3(2):136–45.




DOI: https://doi.org/10.33024/jikk.v11i1.12781

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-nc4.footer##

Pendidikan Dokter Universitas Malahayati Lampung



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.