LITERATURE REVIEW: SKRINING DAN TATALAKSANA HIPOTIROID KONGENITAL

Izza Ahmad Muharis, Eva Triani

Sari


Abstrak : Skrining dan Tatalaksana Hipotiroid Kongenital. Hipotiroid kongenital (HK) merupakan kelainan pada bayi sejak lahir yang disebabkan oleh kurangnya sekresi hormon tiroid oleh kelenjar tiroid dan penurunan kerja hormon tiroid pada tingkat sel. Berdasarkan angka kejadian Hipotiroid Kongenital secara global hasil skrining neonatal adalah 1:2000 sampai 1:3000, sedangkan pada era pra-skrining angka kejadiannya adalah 1:6700 kelahiran hidup. Hipotiroid kongenital adalah salah satu penyebab retardasi mental pada anak yang dapat dicegah jika diketahui dan diterapi sejak dini. Berdasarkan data registry Hipotiroid Kongenital Unit Koordinasi Kerja Endokrinologi Anak Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) yang bersumber dari beberapa rumah sakit tertentu di Indonesia, sebagian besar penderita Hipotiroid Kongenital mengalami keterlambatan diagnosis sehingga mengalami gangguan pertumbuhan dan perkembangan motorik serta gangguan intelektual. Skrining Hipotiroid Kongenital diharapkan dapat menjamin penderita mendapatkan pengobatan yang optimal (ditambahkan poin tahapan skrining, dan juga tatalaksana). 


Kata Kunci


Hipotiroid Kongenital, Skrining Hipotiroid Kongenital, Diagnosis, Terapi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Anggraini, A. et al. (2019). Evaluasi Pelaksanaan Program Skrining Hipotiroid Kongenital Oleh Puskesmas Karangrejo Kota Metro, Lampung. Available at: http://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jkm.

Anggraini, C., Sarwo, Y.B. and Sulistyanto, H. (2018) ‘Peran Puskesmas Dalam Pelaksanaan Skrinning Hipotiroid Kongenital Untuk Menjamin Kesehatan Anak Di Puskesmas Kabupaten Oku Timur’, SOEPRA Jurnal Hukum Kesehatan, 4(1), pp. 2548–818. Available at: http://journal.unika.ac.id/index.php/shk.

Anggraini, R. et al. (2017) Ketepatan Waktu Pelayanan Skrining Hipotiroidism Kongenital di Yogyakarta.

Gultom, L.C. and The, V.V. (2022) Hipotiroid Kongenital dan Hypertrophic Pyloric Stenosis: Pemantauan Selama 3 Bulan.

Handayani, M.S. and Achadi, A. (2022) ‘Resiliensi dan Strategi Koping pada Tenaga Kesehatan Menghadapi Pandemi COVID-19 :

Literature Review’, MPPKI, 5(10), pp. 1182–1191. Available at: https://doi.org/10.31934/mppki.v2i3.

Hiola, F.A.A., Hilamuhu, F. and Katili, D.N.O. (2022) ‘Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Cakupan Pelaksanaan Skrining

Hipotiroid Kongenital di RSU Prof. Dr. H. Aloe Saboe Kota Gorontalo’, MPPKI, 5(4). Available at: https://doi.org/10.31934/mppki.v2i3.

Kurniawan, L.B. (2020) Congenital Hypothyroidism: Incidence, Etiology and Laboratory Screening. Available at: www.indonesianjournalofclinicalpathology.org.

Radhia, M.Z., Asmawati, D. and Rahmawati, I. (2023) ‘Pengaruh Pendidikan Kesehatan terhadap Pengetahuan dan Sikap Ibu Hamil tentang Skrining Hipotiroid Bayi Baru Lahir di Wilayah Kerja Puskesmas Kawal’, Journal on Education, 6(10), pp. 3432–3438.

Salim, R.B. et al. (2023) ‘Perbandingan Hipotiroid Kongenital Dengan Eutiroid Terhadap Kelainan Ginjal Dan Traktus Urinarius Pada Anak’, HIJP : HEALTH INFORMATION JURNAL PENELITIAN, 15. Available at: https://myjurnal.poltekkes-kdi.ac.id/index.php/hijp.

Wirawan, A. et al. (2013) ‘Tumbuh Kembang Anak Hipotiroid Kongenital yang Diterapi dini dengan Levo-tiroksin dan Dosis Awal Tinggi’, Sari Pediatri, 15(2).

Yati, N.P., Utaris, A. and Tridjaja, B. (2017) Diagnosis dan Tata Laksana Hipotiroid Kongenital.




DOI: https://doi.org/10.33024/jikk.v11i1.13000

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-nc4.footer##

Pendidikan Dokter Universitas Malahayati Lampung



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.