PENGARUH TEKANAN OSMOTIK PH, DAN SUHU TERHADAP PERTUMBUHAN BAKTERI ESCHERICHIA COLI

Debi Arivo, Nurul Annissatussholeha

Sari


Latar belakang : Infeksi Saluran Kemih (ISK) merupakan keberadaan mikroorganisme dalam urin apabila jumlah bakteri signifikan pada mistream urine yaitu >105 CFU/mL. ISK banyak disebabkan oleh bakteri Escherichia coli sebesar 19% dan sangat penting untuk mengetahui pertumbuhan bakteri E. coli berdasarkan tekanan osmotik, pH, dan suhu pertumbuhan.

 

Tujuan : untuk mengetahui pertumbuhan optimal bakteri E. coli berdasarkan pengaruh tekanan osmotik, pH, dan suhu dalam pertumbuhannya. Jenis penelitian yang digunakan adalah Eksperimental Laboratorik dengan desain Rancangan Acak Lengkap (RAL). Sampel yang digunakan berupa bakteri E. coli.

 

Metode Penelitian : Untuk melihat pengaruh tekanan osmotik, bakteri E. coli ditumbuhkan pada media Nutrien Broth (NB) yang diberi variasi konsentrasi NaCl masing-masing sebesar 0%, 0.5%, 0.8%, dan 1.5%. Untuk uji pengaruh pH, bakteri E. coli masing-masing ditumbuhkan pada media NB pada pH sebesar 3, 5, 7, dan 9. Untuk melihat suhu pertumbuhan optimal, masing-masing bakteri E.coli ditumbuhkan pada media NB dan diinkubasi pada suhu 10 0C, 27 0C, 37 0C, dan 50 0C. Untuk mengukur tingkat pertumbuhanE. colipada masing-masing perlakuan, dilakukan dengan menghitung tingkat kekeruhan pada media pertumbuhan menggunakan spektrofotometer dengan λ640 nm.

 

Hasil penelitian : Terdapat perbedaan nilai tekanan osmotik, pH, dan suhu terhadap pertumbuhan bakteri E. coli berdasarkan nilai absorbansi pada pada masing-masing setiap perlakuan. Berdasarkan pengaruh tekanan osmotik,bakteri E. colimemiliki pertumbuhan optimal pada tekanan osmotik sebesar 0.5% dengan nilai absorbansi sebesar 0.486 nm. Pada perlakuan perbedaan pH, E. coli paling optimal ditumbuhkan pada pH 7 dengan nilai absorbansi sebesar 0.42 nm. Sedangkan pada perlakuan perbedaan suhu, pertumbuhan E. coli paling optimal ditumbuhkan pada suhu 37 0C dengan nilai absorbansi sebesar 0.227 nm.Nilai absorbansi mengindikasikan tingkat kekeruhan media terhadap pertumbuhan E. coli. Semakin tinggi nilai absorbansi berarti semakin keruh media pertumbuhan yang berarti semakin banyak pertumbuhan bakteri dalam media tersebut.


Kata Kunci


Escherichia coli, infeksi saluran kemih, tekananan osmotik, pH, temperatur, spektrofotometer.

Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33024/.v4i3.1311

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##



Pendidikan Dokter Universitas Malahayati Lampung



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.