PREVALENSI KELENGKAPAN PENULISAN DESKRIPSI LUKA PADA KORBAN HIDUP KASUS TRAUMA MEKANIK BERDASARKAN DATA REKAM MEDIK MENURUT KEILMUAN FORENSIK DI INSTALANSI FORENSIK RSUD Dr. H. ABDUL MOELOEK PROVINSI LAMPUNG TAHUN 2016

Jims Ferdinan Possible, Dwi Robbiardy Eksa, Yandi Pirnata

Sari


Latar belakang : Trauma mekanik dapat terjadi pada peristiwa apapun seperti kecelakaan¸ penganiayaan, bunuh diri, pembunuhan dan lain lain. Dalam menceritakan tentang trauma mekanik yang terjadi di tubuh manusia harus menyebutkan karakteristik trauma tersebut dengan gambaran atau deskripsi luka pada data rekam medik, hal tersebut sesuai menurut keilmuan forensik yang sering di butuhkan dalam proses peradilan.

Tujuan Penelitian : Untuk melihat prevalensi kelengkapan penulisan deskripsi luka pada korban hidup kasus trauma mekanik dalam data rekam medik sesuai kaidah tata cara penulisan deskripsi luka menurut keilmuan forensik.

Metode penelitian : Desain penelitian deskriftif retrospektif dengan desain penelitian cross sectional, teknik pengambilan sampel secara purposive sampling. Didapatkan lembar rekam medik yang memenuhi kriteria inklusi sebanyak 327 pasien.

Hasil penelitian Karakteristik deskripsi luka berdasarkan kelengkapan penulisan deskripsi luka sebanyak 100 (30.6 %) lembar rekam medis pasien ditulis lengkap, berdasarkan kelengkapan penulisan jenis luka sebanyak 287 (87.8 %) lembar rekam medis pasien ditulis deskripsi jenis luka dengan lengkap, berdasarkan kelengkapan penulisan lokasi luka sebanyak 327 (100 %) lembar rekam medis pasien ditulis lokasi lukanya dengan lengkap, berdasarkan kelengkapan penulisan bentuk luka sebanyak 155 (47.4 %) lembar rekam medis pasien ditulis bentuk perlukaannya, berdasarkan kelengkapan penulisan ukuran luka sebanyak 323 (98.8 %) lembar rekam medis pasien ditulis ukuran luka dengan lengkap, berdasarkan kelengkapan penulisan jumlah luka sebanyak 231 (70.6) lembar rekam medis pasien ditulis jumlah lukanya dengan lengkap.

Kesimpulan : Distribusi frekuensi deskripsi luka berdasarkan kelengkapan penulisannya yang paling banyak ditulis oleh tenaga kesehatan yang terkait yaitu lokasi luka sebanyak 327 (100%) dari 327 lembar rekam medis pasien sedangkan yang sering tidak ditulis oleh tenaga kesehatan yang terkait yaitu pada penulisan bentuk luka sebanyak 155 (47,4%) dari 327 lembar rekam medis pasien.


Kata Kunci


Deskripsi luka, trauma mekanik, rekam medik, ilmu forensik.

Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33024/.v4i3.1313

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##



Pendidikan Dokter Universitas Malahayati Lampung



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.