PENGARUH STRES AKADEMIK TERHADAP PAPARAN PORNOGRAFI MELALUI GADGET PADA SISWA SMP

Setyo Bagoes Putro Jayakarta, Octa Reni Setiawati, Aswan Jhonet, Woro Pramesti

Sari


Abstrak: Pengaruh Stres Akademik Terhadap Paparan Pornografi Melalui Gadget Pada Siswa SMP. Dengan berkembangnya media digital membawa dampak positif maupun negaitf pada remaja. Salah satu dampak negative dari menelusuri suatu internet adalah Pornografi. Pornografi merupakan sesuatu hal yang berbau seksual serta dapat membangkitkan gairah seksual seseorang.untuk mengetahui apakah terdapat Pengaruh Stres Akademik terhadap Paparan Pornografi pada Siswa SMP.Jenis penelitian ini adalah deskriptif analitik pendekatan cross sectional, pengolahan metode sampel dengan cluster sampling pada siswa SMPN 2 Bandar Lampung. Pengambilan data menggunakan google form paparan pornografi & google form Stress Akademik. Analisis bivariat dengan uji Chi SquareSebanyak 209 responden dengan persentase 74.1% memiliki Stres Akademik yang Tinggi. Kemudian sebanyak 73 responden dengan persentase 25.9% memiliki Stres Akademik yang Rendah. Kemudian sebanyak 103 responden dengan persentase 36.5% memiliki perilaku pornografi yang Tinggi, lalu 130 responden dengan persentase 46.1% memiliki perilaku pornografi yang Sedang, dan 49 responden dengan persentase 17.4% memiliki perilaku pornografi yang Rendah. Hasil uji Chi Square didapatkan nilai signifikan 0,043<0,05.dapat disimpulkan bahwa adanya hubungan paparan pornografi dengan Stres Akademik pada siswa SMP


Kata Kunci


Pornografi, Stres Akademik, Neurotransmitter

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Barseli, M. (2017) ‘Konsep Stres Akademik Siswa’, Jurnal Konseling dan Pendidikan, 5(3), pp. 143–148. Available at: https://doi.org/10.29210/119800.

Dadin eka saputra (2017) ‘Kajian Yuridis Terhadap Tindak Pidana Pornografi Melalui Media Sosial’, Al’Adl, 9(2), pp. 1–23.

Hardani, S.Pd., M.S. (2022) Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif, Jurnal Multidisiplin Madani (MUDIMA).

Maisya, I.B. and Masitoh, S. (2020) ‘Derajat Keterpaparan Konten Pornografi Pada Siswa Smp Dan Sma Di Dki Jakarta Dan Banten Indonesia’, Jurnal Kesehatan Reproduksi, 10(2), pp. 117–126. Available at: https://doi.org/10.22435/kespro.v10i2.2463.

Maria, I. (2020) ‘The Effects of Using Gadgets during the Covid-19 Pandemic on Children’s Behaviour’, Aṭfāluna: Journal of Islamic Early Childhood Education, 3(2), pp. 74–81. Available at: https://doi.org/10.32505/atfaluna.v3i2.1966.

Notoadmodjo (2020) ‘Buku Metodologi Penelitian Kualitatif’,

Universitas Negeri Malang (UM Press), (January), p. 143.

Putri, I.H. (2020) ‘Akses Pornografi Melalui Internet Pada Remaja Awal ( 12-15 Tahun ) Di Smp Kecamatan Semarang Barat’, Jurnal

Kesehatan Masyarakat (e-journal), 8(4), pp. 552–556.

Psychologia, A. et al. (2022) ‘Stress Akademik Sebagai Mediator Hubungan Antara Regulasi Emosi dan Problematic Internet Use pada Siswa SMP’, 4, pp. 11–20.

Rahmawati, D.D. (2017) ‘Pengaruh Self-Efficacy Terhadap Stres Akademik Pada Siswa Kelas I Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (Rsbi) Di Smp Negeri 1 Medan’.

Yati, M. and Aini, K. (2018) ‘Studi Kasus: Dampak Tayangan Pornografi Terhadap Perubahan Psikososial Remaja’, Jurnal Ilmu dan Teknologi Kesehatan, 9(2), pp. 64–71. Available at: https://doi.org/10.33666/jitk.v9i2.189.




DOI: https://doi.org/10.33024/jikk.v11i2.13147

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-nc4.footer##

Pendidikan Dokter Universitas Malahayati Lampung



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.