ANALISA KUALITATIF KELENGKAPAN PENGISIAN REKAM MEDIS DI RUMAH SAKIT DR. A. DADI TJOKRODIPO BANDAR LAMPUNG TAHUN 2018

Ika Artini, Upik Pebriyani, Lia Hardiana Putri

Sari


Latar Belakang : Rekam medis merupakan salah satu bagian penting dalam membantu pelaksanaan pemberian pelayanan kepada pasien di Rumah Sakit. Hal ini berkaitan dengan isi rekam medis yang mencerminkan segala informasi menyangkut pasien sebagai dasar dalam menentukan tindakan lebih lanjut dalam upaya pelayanan maupun tindakan medis lain.

Tujuan Penelitian : Tujuan penelitian ini untuk menganalisa kelengkapan pengisian rekam medis di rumah sakit Dr. A. Dadi Tjokrodipo Bandar Lampung

Metode Penelitian : Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan analitik sampel dan informan penelitian ini adalah Direktur rumah sakit, Kepala bagian dan staf di bagian unit Rekam Medis Rumah Sakit Dr. A. Dadi Tjokrodipo Bandar Lampung. Analisis data menggunakan analisis kualitatif dengan tahapan orientasi, eksplorasi, observasi dan alternatif pemecahan masalah.

Hasil Penelitian : Hasil penelitian secara umum menunjukkan dokumen rekam medis periode bulan Januari 2018, diperoleh dokumen rekam medis IGD, rawat inap dan rawat jalan. Rekam medis IGD diperoleh 138 rekam medis terdiri dari rekam medis lengkap sebanyak 25 (18%) dan rekam medis tidak lengkap sebanyak 113 (82%). Rekam medis rawat jalan diperoleh 185 rekam medis terdiri dari rekam medis lengkap sebanyak 15 (8%) dan rekam medis tidak lengkap sebanyak 170 (92%). Rekam medis rawat inap diperoleh sebanyak 224 rekam medis terdiri dari rekam medis lengkap sebanyak 16 (7%) dan rekam medis tidak lengkap sebanyak 208 (93%). Ketidaklengkapan pengisisan rekam medis disebabkan karena masih kurangnya SDM, pelatihan dan sarana prasarana dalam mendukung kerja petugas pengelolaan rekam medis di RSUD Dr. A. Dadi Ttjokrodipo Bandar Lampung.

Kesimpulan : Saran dalam penelitian ini adalah pengelolaan rekam medis harus di atur sesuai dengan semestinya, sehingga akan menghasilkan suatu hasil dimana rekam medis tersebut dapat digunakan sebagai informasi yang bermutu.

 


Kata Kunci


Analisa, Kelengkapan, Rekam Medik,

Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33024/.v4i4.1328

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##



Pendidikan Dokter Universitas Malahayati Lampung



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.