GAMBARAN POLA MAKAN MAHASISWA PRODI KEDOKTERAN TAHUN PERTAMA DAN KO-ASSISTEN PROFESI DOKTER DI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MALAHAYATI

Festy Ladyani Mustofa, Eka Silvia, Yuni Vita Kawalis

Sari


Abstrak : Gambaran Pola Makan Mahasiswa Prodi Kedokteran Tahun Pertama Dan Ko-Assisten Profesi Dokter Di Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati Tahun. Mahasiswa adalah golongan kelompok usia yang relatif sangat bebas dalam memilih jenis makanan yang ingin dikonsumsi. Pada mahasiswa terutama tahun pertama, terdapat beberapa perubahan yang dapat berpengaruh terhadap konsumsi makanan. Pada mahasiswa juga terjadi perubahan gaya hidup, perilaku, tidak terkecuali pengalaman dalam menentukan makanan apa yang akan dikonsumsi atau kebiasaan makan. Mahasiswa sering mengonsumsi makanan yang tidak sehat, sering tidak teratur, sering jajan, dan sering tidak makan pagi maupun makan siang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pola makan pada mahasiswa tahun pertama dan mahasiswa ko-assisten Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati Kota Bandar Lampung. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskirptif kantitatif dengan desain cross sectional. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah mahasiswa tahun pertama dan mahasiswa ko-assisten Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati yang berjumlah 147 orang. Keterangan kelaikan etik 3938/EC/KEP-UNMAL//VIII/2023. Pada Penelitian ini didapatkan hasil Mahasiswa Prodi Kedokteran Tahun Pertama sebanyak 73 responden (49,6%) dan pada mahasiswa Koass 74 responden (50,4%). Dan pola makan yang paling banyak pada mahasiswa Prodi yaitu pola makan kurang  sebanyak 44 responden (60,3%) dan pada mahasiswa Koass Profesi pola makan cukup sebanyak 34 responden (45,9%). Tempat tinggal mahassiwa Prodi yang paling banyak tinggal sendiri yaitu 54 responden (74%) dan pada mahasiswa Koass profesi sebanyak 58 responden (78,4%). Pada IMT yang paling banyak normal pada mahasiswa Prodi sebanyak 48 responden (65,8%) sedangkan IMT terbanyak overweight pada mahasiswa Koass profesi sebanyak 32 responden (43,2 %). Gambaran pada mahasiswa prodi kedokteran tahun pertama dan ko asissten Profesi dokter di Fakultas Kedokteran Universitas malahayati tahun 2023 yaitu pola makan, tempat tinggal dan IMT.


Kata Kunci


Pola Makan, Mahasiswa, Kedokteran

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adriani, M., Bambang, W., 2012. Peranan Gizi Dalam Siklus Kehidupan. Kencana, Jakarta.

Bararah.2011. Buku Ajar Keperawatan Hipertensi. Jakarta : EGC.

Brown, J.E., Isaacs, J., Krinke, B., Lechtenberg, E., Murtaugh, M., 2013. Nutrition Through the Life Cycle. Cengage Learning.

Devi, Nirmala., 2012. Gizi Anak Sekolah. Kompas, Jakarta.

Harper, L.J., Brady, J.D., Judy, A.D., 1986. Pangan, Gizi Dan Pertanian. UI Pres, Jakarta.

Jago, R., Baranowski, T., Baranowski, J.C., Cullen, K.W., Thompson, D., 2007. Distance To Food Stores & Adolescent Male Fruit And

Vegetable Consumption: Mediation Effects. Int. J. Behav. Nutr. Phys. Act. 4, 35. doi:10.1186/1479-5868-4-35

Khomsan, A., 2004. Pangan Dan Gizi Untuk Kesehatan. PT Raja Grafindo, Jakarta.

Kusumajaya, N., Wiardani, N., Juniarsana, I., 2008. Persepsi Remaja Terhadap Body Image Kaitannya dengan Pola Konsumsi Makan. J. Skala Husada 5, 114–125.

Larson, N., Eisenberg, M.E., Berge, J.M., Arcan, C., Neumark-Sztainer, D., 2015. Ethnic/Racial Disparities In Adolescents’ Home Food Environments And Linkages To Dietary Intake And Weight Status. Eat. Behav. 0, 43–46.

Park, E.-S., Lee, J.-H., Kim, M.-H., 2015. Eating Habits And Food Preferences Of Elementary School Students In Urban And Suburban Areas Of Daejeon. Clin. Nutr. Res. 4, 190–200.

Sebayang, A.N., 2012. Gambaran Pola Konsumsi Makanan Mahasiswa Di Universitas Indonesia (Skripsi). Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia, Depok.

Suhardjo, 1989. Sosio Budaya Gizi. IPB PAU Pangan & Gizi, Bogor. Supariasa, I.D., 2001. Penilaian Status Gizi. EGC, Jakarta.

Surjadi, C., 2013. Globalisasi dan Pola Makan Mahasiswa-Studi Kasus di Jakarta. Kesehat. Masy. Dan Kedokt. Pencegah. FK UNIKA Atmajaya Jkt. 40.

Suryaputra, K., Siti, R.N., 2012. Perbedaan Pola Makan dan Aktivitas Fisik Antara Remaja Obesitas Dengan Non Obesitas. Makara Kesehat. 16, 45– 50.

Suswanti, I., 2013. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Pemilihan Makanan Cepat Saji Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Dan Ilmu Kesehatan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Tahun 2012 (Skripsi). Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Jakarta.

Zakiah, 2014. Hubungan Penerapan Pedoman Gizi Seimbang Dengan Status Gizi Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Tahun 2014 (Skripsi). Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.33024/jikk.v11i2.14259

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-nc4.footer##

Pendidikan Dokter Universitas Malahayati Lampung



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.