HUBUNGAN ADIKSI GAME ONLINE DAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI KEDOKTERAN UNIVERSITAS MULAWARMAN
Sari
Hasil belajar adalah keterampilan yang dimiliki seseorang setelah mengalami pengalaman belajar. Dalam proses pencapaiannya, hasil belajar dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal. Game online merupakan faktor eksternal yang diduga berhubungan dengan hasil belajar. Game online tidak hanya memberikan hiburan tetapi juga memberikan tantangan menarik sehingga seseorang dapat memainkan game online untuk mencapai kepuasan yang diinginkan. Hal ini menjadikan pemain tidak hanya menjadi penikmat game online, tetapi juga menjadi adiksi game online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara adiksi game online dan prestasi belajar mahasiswa Program Studi Kedokteran Universitas Mulawarman. Desain penelitian adalah cross sectional. Data yang digunakan dalam penelitian ini berasal dari pengisian kuisioner dan prestasi belajar dilihat dari IP Semester Genap 2022/2023. Pengambilan responen dalam penelitian ini menggunakan metode total sampling. Jumlah responden dalam penelitian ini terdiri dari 291 mahasiswa. Hasil uji analisis hubungan antara adiksi game online dan prestasi belajar didapatkan nilai p-value sebesar p = 0,449. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah tidak terdapat hubungan antara adiksi game online dan prestasi belajar mahasiswa Program Studi Kedokteran Universitas Mulawarman.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Abduh, M., Alawiyah, T., Apriansyah, G., Sirodj, R. A., & Afgani, M. W. (2022). Survey Design: Cross Sectional dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(01), 31–39. https://doi.org/10.47709/jpsk.v3i01.1955
Anggaraeni, Lina Dewi. WIhardja, Hany. (2020). Online Game Addiction and Learning Achievement of Senior High School Students in Jakarta. Journal Vol 7 No 2.
Brand, J. E., Todhunter, S., & Jervis, J. (2017). Digital Australia 2018 (DA18). http://www.igea.net/wp- content/uploads/2017/07/Digital- Australia-2018-DA18-Final-1.pdf
Damaiyanti, Mukhripah. Fitriani, Dwi Rahmah. (2017). The Relation of Educational Level, Academic Achievement and Depression Among Public School Adolescent. Jurnal Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Vol 1 No 3.
Faridah, Yuliva, & Oknalia, V. (2020). Kecanduan Game Online Dengan Prestasi Belajar. Jurrnal Ilmu Kesehatan, 4(2). https://doi.org/10.33757/jik.v4i2.302.g135
Harahap, S. H., & Ramadan, Z. H. (2021). Dampak Game Online Free Fire Terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1304–1311. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.895
Jap, T., Tiatri, S., Jaya, E. S., & Suteja, M. S. (2013). The development of Indonesian online game addiction questionnaire. PLOS ONE, 8(4), 4–8. doi: 10.1371/ journal.pone.0061098
Kardefelt-Winther, D. (2017). Concep tualizing internet use disorders: Addiction or coping process Psychiatry and Clinical Neurosciences, 71(7), 459–466.
King, D. L., & Delfabbro, P. H. (2018). Internet gaming disorder: Theory, assess- ment, treatment and prevention. New York: Academic Press.
Mufid, A., Oktaria, D. Arif Yudho Prabowo, Oktafany (2020). Hubungan Kecanduan Game Online dengan Manajemen Waktu pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. Jurnal Kedokteran. Vol 9 No 2.
Novrialdy, E. (2019). Kecanduan Game Online pada Remaja: Dampak dan Pencegahannya. Buletin Psikologi, 27(2), 148.
Pratama, R. A., Widianti, E., & Hendrawati. (2019). Gambaran Tingkat Kecanduan Game Online Pada Mahasiswa Fakultas Keperawatan Universitas Pajajaran PSDKU Garut. Jurnal Asuhan Keperawatan. 6(3), 1–19.
Surbakti, K. (2017). Pengaruh Game Online Terhadap Remaja. Jurnal Curere |, 01(01).
DOI: https://doi.org/10.33024/jikk.v11i5.14872
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-nc4.footer##
Pendidikan Dokter Universitas Malahayati Lampung
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.