Hubungan Regulasi Diri Dan Dukungan Orang Tua Terhadap Kesiapan Belajar Mandiri Pada Mahasiswa Angkatan 2023 Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati

M. Panca Bio Utama, Marissa Anggraini, Anggunan Anggunan, Achmad Farich

Sari


Salah satu metode pembelajaran yang penting dari strategi student centered adalah Self-Direct Learning (SDL) atau yang dikenal sebagai belajar mandiri, dimana regulasi diri dan dukungan orang tua merupakan faktor yang memiliki peran terhadap kesiapan belajar mandiri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan regulasi diri dan dukungan orang tua terhadap kesiapan belajar mandiri pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati Angkatan 2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan design penelitian cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah 175 mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati Angkatan 2023. Sampel yang digunakan sebanyak 130 mahasiswa yang sudah dipilih melalui metode total sampling. Pengambilan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner dan uji statistic menggunakan uji Chi-square. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan antara regulasi diri dan dukungan orang tua terhadap kesiapan belajar mandiri pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati Angkatan 2023.


Kata Kunci


Regulasi Diri; Dukungan Orang Tua; Kesiapan Belajar Mandiri

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arwina, A., Fadilah, R., & Murad, A. (2022). Hubungan Regulasi Diri dan Stres Akademik dengan Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Medan Area. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 4(4), 1981–1991. https://doi.org/10.34007/jehss.v4i4.988

Asna, A. (2020). Hubungan Regulasi Diri Dan Dukungan Orang Tua Dengan Prokrastinasi Mahasiswa Fakultas Dakwah Dan Komunikasi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Mahmudi, M. H., & Suroso, S. (2014). Efikasi Diri, Dukungan Sosial dan Penyesuaian Diri Dalam Belajar. Persona:Jurnal Psikologi Indonesia, 3(02), 183–194. https://doi .org/10.30996/persona.v3i02.382

Nasution, I. D., Akbar, S., & Khoiriah, J. (2019). Perbandingan Self Directed Learning Antara Mahasiswa Program Pendidikan Dokter Dengan Mahasiswa Program Profesi Dokter Self Directed Learning Comparasion Between Academic Phase Programe And Pendahuluan Kurikulum Berbasis Kompetensi ( KBK ) diyakini lebih. 8(2), 18–25.

Nugraha, R., & Suyadi. (2019). Regulasi Diri Dalam Pembelajaran. In Jurnal Tarbiyah al-awlad(pp.121–135).

Nurrokhmanti, H., Claramita, M., & Utomo, P. S. (2016). Among Students’ Internal Factors, Should Motivation be Used as One of Recruitmen for Admission of Medical Students in Indonesia? Jurnal Pendidikan Kedokteran Indonesia: The Indonesian Journal of Medical Education, 5(2), 59. https://doi.org/10.22146/jpki.25316

Ramli, N., Muljono, P., & Afendi, F. M. (2018). External Factors, Internal Factors and Self-Directed Learning Readiness. Journal of Education and E-Learning Research, 5(1), 37–42. https://doi.org/10.20448/journal.509.2018.51.37.42

Sartika F. (2018). Peran Regulasi Diri Terhadap Kesiapan Belajar Mandiri Pada Siswa SMAN Sumatera Selatan.

Surbakti, E. (2019). Hubungan Motivasi Belajar Terhadap Self Directed Learning Readiness Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. Jurnal Agromedicine, 6(1), 39–44. http://digilib.unila.ac.id/25272/3/3. Skripsi Tanpa Bab Pembahasan.pdf

Suryanti, D. E. (2021). Pengaruh Academic Self–Efficacy, Self Regulation dan Dukungan Orang Tua terhadap Self Directed Learning Readiness pada siswa selama belajar daring dimasa. http://digilib.uinsby.ac.id/49312/

Tarmidi. (2010). Korelasi Antara Dukungan Sosial Orang Tua dan Self ‐ Directed Learning pada Siswa SMA. 37(2), 216–223.

Widodo, A., Nursaptini, N., Novitasari, S., Sutisna, D., & Umar, U. (2020). From face-to-face learning to web base learning: How are student readiness? Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 10(2), 149. https://doi.org/10.25273 /pe.v10i2.6801

Wulandari, D., Cahyono, E., Kusumawardani, S. S., Arifin, S., Hertono, G. F., Wiyanto, Ishaq, Syam, N. M., WY, H. J., Putra, P. H., Rahmawati, A., Fajri, F., Pangaribowo, A., Zuliansyah, A., Julyan, B. S., & Yulianto, Y. (2023). Panduan Implementasi Pembelajaran Berpusat pada Mahasiswa. 1–52.




DOI: https://doi.org/10.33024/jikk.v11i7.15058

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-nc4.footer##

Pendidikan Dokter Universitas Malahayati Lampung



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.