Hubungan Usia, Jenis Kelamin Dan Efikasi Diri Terhadap Kesiapan Belajar Mandiri Pada Mahasiswa Angkatan 2023 Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati
Sari
Seiring meningkatnya suatu jenjang pendidikan pelajar maka cara belajar dan proses pembelajarannya harus menyesuaikan diri atas hal tersebut. Belajar mandiri, juga dikenal sebagai Self-Directed Learning (SDL), adalah kesiapan atau kesediaan seseorang untuk belajar sendiri. Ini mencakup aspek sikap yang mengambil inisiatif untuk belajar sendiri, maupun tanpa bantuan orang lain. Pengambilan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner dan uji statistic menggunakan uji Chi-square. Hasil uji statistik menunjukan tidak terdapat hubungan antara usia terhadap kesiapan belajar mandiri mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati Angkatan 2023 dengan nilai p = 0.928 atau > 0.05. Hasil uji statistik menunjukan terdapat hubungan antara jenis kelamin terhadap kesiapan belajar mandiri mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati Angkatan 2023 yang mendapatkan nilai p = 0.025 atau < 0.05. Hasil uji statistik menunjukan terdapat hubungan antara efikasi diri terhadap kesiapan belajar mandiri mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati Angkatan 2023 yang mendapatkan nilai p = 0.003 atau < 0.05.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Alejos, H. (2017) ‘Hubungan Motivasi Belajar Terhadap Self Directed Learning Readiness Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Lampung’, Universitas Nusantara PGRI Kediri, 01, pp. 1–48.
Ali Muhsin (2017) ‘Hubungan Tingkat Usia dengan Disiplin Belajar Mahasiswa Madrasah Diniyah Semester VIII di Universitas Pesantren Tinggi Darul Ulum’, Akademika, 11(1), pp. 11–20.
Astuti, I.Y. et al. (2018) ‘Perbedaan Motivasi Belajar Warga Belajar Perempuan dan Laki-Laki dalam Mengikuti Pendidikan Kesetaraan Paket C’, 2(1), pp. 57–71. Available at: www://doi.org/10.15294/pls.v2i1.23311.
Azisah, S. et al. (2016) ‘KONTEKSTUALISASI GENDER, ISLAM DAN BUDAYA KONTEKSTUALISASI’.
Bandura, A. (1997) Self Efficacy : The Exercise of Control. New York: Freeman and Company.
Budiman and Agus, R. (2013) Pengetahuan dan Sikap Dalam Penelitian Kesehatan., Salemba Medika.
Busro, M. (2018) ‘Teori-Teori Manajemen SDM’, Teori-teori Manajemen Sumber Daya Manusia, p. 319.
Demak, I.P.K. and Pasambo, T.A. (2016) ‘Hubungan self directed learning readiness dengan prestasi belajar mahasiswa tahun pertama program studi pendidikan dokter FKIK UNTAD’, Medika Tadulako, 3(2), pp. 31–39.
Djamaluddin, A. and Wardana (2019) Belajar Dan Pembelajaran, CV Kaaffah Learning Center.
Fathilla, F. (2018) ‘Hubungan Efikasi Diri terhadap Self Directed Learning Readiness Mahasiswa Tingkat Pertama Relationship of Self Efficacy on Self Directed Learning Readiness of First Grade Students’, J Agromedicine, 5(1), p. 20. Available at: www://juke.kedokteran.unila.ac.id/index.php/agro/article/view/1970/pdf.
Fisher, M., King, J. and Tague, G. (2001) ‘Development of a self-directed learning readiness scale for nursing education’, Nurse Education Today, 21(7), pp. 516–525. Available at: www://doi.org/10.1054/nedt.2001.0589.
Ghufron, M. N., & Risnawita, R.S. (2010) ‘Teori-teori Psikologis’, p. 202.
Herliani, Boleng, D.T. and Maasawet, E.T. (2021) Teori belajar dan pembelajaran.
Hutami, E.R. (2021) ‘Kendala Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Bagi Siswa Sd, Guru, Dan Orangtua’, Jurnal Ilmiah WUNY, 3(1), pp. 51–61. Available at: www://doi.org/10.21831/jwuny.v3i1.40706.
Kumaladewi, S. and Setyorini, D.S.E.. M.S.. A. (2022) ‘Pengaruh Motivasi Belajar, Efikasi Diri, Dan Lingkungan Belajar Terhadap Kemandirian Belajar Siswa’, Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia, 11(5), pp. 68–81.
Kurniawati, D. (2016) ‘Hubungan Antara Efikasi Diri Dengan Kemandirian Belajar Siswa Kelas V SD Negeri Se-Kecamatan Srandakan’, Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2, pp. 197–208.
Lutfianawati, D., Puji Lestari, S.M. and Istiana, S. (2019) ‘Hubungan Kesiapan Belajar Mandiri Dengan Tingkat Kecemasan Pada Mahasiswa Tahun Pertama Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati Tahun 2017’, Jurnal Ilmu Kedokteran Dan Kesehatan, 5(4), pp. 232–244. Available at: www://doi.org/10.33024/.v5i4.967.
Memperoleh Gelar Sarjana pada Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Oleh, U., Yuliawan Susanto NIM, T. and Politik Dan Kewarganegaraan, J. (2017) Pendidikan Karakter Mandiri Pada Peserta Didik Pendidikan Kader Desa Brilian Banyumas Skripsi.
Monkaresi, H., Abbasi, A. and Razyani, R. (2015) ‘Factors affecting the self-directed learning readiness’, European Onilne Journal of Natural and Social Science, 4(4), pp. 865–874.
Mufidah, E.F. et al. (2021) ‘Pengaruh Efikasi Diri Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Kesiapan Belajar Mandiri Mahasiswa’, Nusantara of Research : Jurnal Hasil-hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri, 8(2), pp. 120–129. Available at: www://doi.org/10.29407/nor.v8i2.16584.
Nadeak, B. (2014) ‘Paradigma pendidikan kedokteran’, Majalah ilmiah methoda, pp. 6–11.
Notoatmodjo, Soekidjo (2018) Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.
Notoatmodjo, S. (2018) Metodologi Penellitian Kesehatan, Journal of Chemical Information and Modeling. Jakarta: Rineka Cipta.
Nugroho, P.W. and Maulana, M.A. (2021) ‘Kemandirian Belajar dalam Pembelajaran Jarak Jauh’, Advice: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 3(1), p. 10. Available at: www://doi.org/10.32585/advice.v3i1.1429.
Nurrokhmanti, H., Claramita, M. and Utomo, P.S. (2016) ‘Among Students’ Internal Factors, Should Motivation be Used as One of Recruitmen for Admission of Medical Students in Indonesia’, Jurnal Pendidikan Kedokteran Indonesia: The Indonesian Journal of Medical Education, 5(2), pp. 59–66. Available at: www://doi.org/10.22146/jpki.25316.
Nyambe, H., Harsono and Retno Rahayu, G. (2016) ‘Faktor-faktor yang Mempengaruhi Self Directed Learning Readiness pada Mahasiswa Tahun Pertama, Kedua dan ketiga di Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin dalam PBL’, 5(2), pp. 67–77.
Örs, M. (2018) ‘The self-directed learning readiness level of the undergraduate students of midwife and nurse in terms of sustainability in nursing and midwifery education’, Sustainability (Switzerland), 10(10), pp. 1–14. Available at: www://doi.org/10.3390/su10103574.
Pradana, A.R.A., Novitasari, A. and Arfiyanti, M.P. (2022) ‘Self Directed Learning Readiness (SDLR) for Students of The Faculty of Medicine, University of Muhammadiyah Semarang’, Jurnal Ilmu Kedokteran dan Kesehatan, 9(4).
Pratiwi, I.W. and Hayati, H. (2021) ‘Efikasi Diri dan Pengaruhnya terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa’, SOSIOHUMANIORA: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora, 7(1), pp. 15–23. Available at: www://doi.org/10.30738/sosio.v7i1.8813.
Putri Harahap, R.R. and Isnayanti, D. (2021) ‘Hubungan Kesiapan Belajar Mandiri terhadap Nilai Blok Pertama pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Tahun Ajaran 2018/2019’, Anatomica Medical Journal | Amj, 4(1), p. 53. Available at: www://doi.org/10.30596/amj.v4i1.4764.
Sugianto, I.M. and Lisiswanti, R. (2016) ‘Tingkat Self Directed Learning Readiness (SDLR) pada Mahasiswa Kedokteran’, Jurnal Majority, 5(5), pp. 27–31.
Sugiyono (2021) Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. 2nd edn. Edited by Sutopo. Bandung: Alfabeta.
Supriyati, Puji Lestari, S.M. and Wulandari, E. (2019) ‘EFIKASI DIRI DAN SELF DIRECTED LEARNING READINESS PADA’, 1(2), pp. 8–17.
Surbakti, E.S.B., Oktaria, D. and Rodiani (2019) ‘Hubungan motivasi belajar terhadap self directed learning readiness mahasiswa fakultas kedokteran universitas lampung’, Jurnal Agromedicine, 6(1), pp. 139–144.
Tampubolon, B. (2020) ‘Motivasi Belajar Dan Tingkat Belajar Mandiri Dalam Kaitannya Dengan Prestasi Belajar Mahasiswa’, Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia), 5(2), p. 34. Available at: www://doi.org/10.26737/jpipsi.v5i2.1920.
Trisdiono, H. (2013) ‘Belajar Mandiri : Konsep Dan Penerapannya’, Kemendikbud [Preprint].
Vitamaya Oishi, I.R. (2020) ‘Perguruan Tinggi Bertaraf’, Jurnal IKRA-ITH Humaniora, 4(1), p. 112.
DOI: https://doi.org/10.33024/jikk.v11i10.15074
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-nc4.footer##
Pendidikan Dokter Universitas Malahayati Lampung

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.