Hubungan Motivasi Terhadap Kesiapan Belajar Mandiri Pada Mahasiswa Angkatan 2023 Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati

Indy Mulyani, Marisa Anggraini, Nopi Sani, Elitha M Utari

Sari


Hakikat belajar yang sesungguhnya adalah belajar secara mandiri, yang berarti memberi kebebasan untuk mencari, menemukan, dan memecahkan masalah sehingga dapat menambah pengetahuan, pengalaman, dan mengubah sikap ataupun perilaku. Tujuanya untuk mengetahui hubungan antara motivasi dan kesiapan belajar mandiri pada mahasiswa Angkatan 2023 fakultas kedokteran universitas malahayati. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Penelitian dilakukan pada bulan Januari 2024. Populasi dalam penelitian ini adalah 175 mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati angkatan 2023. Sampel yang digunakan sebanyak 130 mahasiswa yang sudah dipilih melalui metode total sampling. Pengambilan data dilakukan dengan penyebaran kuesioner MSLQ da SDLRS, dan analisis data menggunakan uji Chi-square. Hasil menunjukkan motivasi yang paling banyak dimiliki oleh responden yaitu motivasi tinggi (91,5%) dan tingkat kesiapan belajar mandiri tinggi (80,0%), dan hasil uji statistic menunjukkan bahwa nilai p = 0,027 atau < 0,05. Kesimpulan terdapat hubungan antara motivasi terhadap kesiapan belajar mandiri pada mahasiswa angkatan 2023 Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati. 


Kata Kunci


Kesiapan Belajar Mandiri; Mahasiswa Fakultas Kedokteran; Motivas

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Afifah, Mutiara Nor. 2021. “Hubungan Motivasi Belajar Dan Strategi Belajar Dengan Hasil Ujian Akhir Blok (UAB) Pada Mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.” Skripsi.

Alejos, Henry. 2017. “Hubungan Motivasi Belajar Terhadap Self Directed Learning Readiness Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Lampung.” Universitas Nusantara PGRI Kediri 01: 1–48. http://www.albayan.ae.

Carmen, María, and González Torres. 2018. “Self-Regulated Learning : Current and Future Directions” 2 (1): 1–34.

Lisiswanti, Rika, Rossi Sanusi, and Titi Savitri Prihatiningsih. 2015. “Hubungan Motivasi Dan Hasil Belajar Mahasiswa Kedokteran.” Jurnal Pendidikan Kedokteran Indonesia: The Indonesian Journal of Medical Education 4 (1): 1. https://doi.org/10.22146/jpki.25259.

Lutfianawati, Dewi, Sri Maria Puji Lestari, and Septa Istiana. 2018. “Hubungan Kesiapan Belajar Mandiri Dengan Tingkat Kecemasan Pada Mahasiswa Tahun Pertama Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati Tahun 2017.” Jurnal Ilmu Kedokteran Dan Kesehatan 5 (4): 232–44. https://doi.org/10.33024/.v5i4.967.

Mageau, Geneviève A., and Robert J. Vallerand. 2003. “The Coach-Athlete Relationship: A Motivational Model.” Journal of Sports Sciences 21 (11): 883–904.

Monkaresi, Hadiseh, Asadollah Abbasi, and Reshvan Razyani. 2015. “Factors Affecting the Self-Directed Learning Readiness.” European Onilne Journal of Natural and Social Science 4 (4): 865–74.

Novianti, Angelica, and Yoanita Widjaja. 2022. “Eksplorasi Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Motivasi Belajar Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara Tahap Akademik.” Tarumanagara Medical Journal 4 (1): 30–40. https://doi.org/10.24912/tmj.v4i2.17849.

Novitasari, Andra, and Nabil Hajar. 2023. “Faktor – Faktor Yang Berhubungan Dengan Hasil Belajar Pada Mahasiswa Kedokteran Tahun Pertama Di Fakultas Kedokteran Universitas Muhamadiyah SEMARANG” 10 (6): 2219–26.

Pertiwi. 2019. “Efektivitas Konseling Realitas Format Klasikal Untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa.” Duke Law Journal 2 (1).

Putri Harahap, Rima Rahmi, and Desi Isnayanti. 2021. “Hubungan Kesiapan Belajar Mandiri Terhadap Nilai Blok Pertama Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Tahun Ajaran 2018/2019.” Anatomica Medical Journal | Amj 4 (1): 53. https://doi.org/10.30596/amj.v4i1.4764.

Putri, Shavreni Oktadi, and Herlina Hanum Harahap. 2019. “Gambaran Minat Membaca Pada Mahasiswa.” Prosiding Seminar Nasional, 1547–52.

Putri, Yuwandita Tamara, and Dwita Oktaria. 2017. “Motivated Strategies for Learning Questionnaire : Instrumen Objektif Penilaian Motivasi Belajar.” Medula 7 (5): 113–17.

Riswanto, Ari, and Sri Aryani. 2017. “Learning Motivation and Student Achievement : Description Analysis and Relationships Both.” COUNS-EDU: The International Journal of Counseling and Education 2 (1): 42. https://doi.org/10.23916/002017026010.

Sadiqin, A F, S M P Lestari, et,. al 2016. “Hubungan Motivasi Belajar Dengan Tingkat Self Directed Learning Readiness (Sdlr) Pada Mahasiswa Pendidikan Sarjana Kedokteran Angkatan 2013 Di Universitas Malahayati.” Jurnal Ilmu Kedokteran http://www.ejurnalmalahayati.ac.id/index.php/kesehatan/article/viewFile/725/667.

Sakdiah, Khairani, and Cita Ayni Putri Silalahi. 2017. “Pengaruh Persepsi Mahasiswa Dalam Kesulitan Belajar Akuntansi Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa.” Owner 1 (1): 57–61.

Sugianto, Indira Malahayati, and Rika Lisiswanti. 2016. “Tingkat Self Directed Learning Readiness (SDLR) Pada Mahasiswa Kedokteran.” Jurnal Majority 5 (5): 27–31. http://juke.kedokteran.unila.ac.id/index.php/majority/article/view/919.

Tjakradidjaja, Francisca A, Yayi S Prabandari, Titi S Prihatiningsih, and Harsono Harsono. 2017. “Case Study: Exploration of Medical Student Self- Directed Learning (SDL) Process” 10 (ICHLaS): 98–102. https://doi.org/10.2991/ichlas-17.2017.27.

Vitamaya Oishi, Ivonne Ruth. 2020. “Pentingnya Belajar Mandiri Bagi Peserta Didik Di Perguruan Tinggi.” Jurnal IKRA-ITH Humaniora 4 (1): 112.




DOI: https://doi.org/10.33024/jikk.v11i10.15077

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-nc4.footer##

Pendidikan Dokter Universitas Malahayati Lampung



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.