HUBUNGAN BEBAN KERJA DAN MOTIVASI DENGAN KINERJA PERAWAT DI RUANG RAWAT INAP RSU SARI MUTIARA LUBUK PAKAM

Adventy Riang Bevy Gulo, Eva Kartika Hasibuan, Masri Saragih

Sari


Kinerja yang baik dapat dilihat dari partisipasi perawat dalam memberikan asuhan keperawatan yang berkualitas kepada pasien dimana asuhan keperawatan terdiri dari pengkajian, diagnosa, perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi tindakan keperawatan yang diberikan kepada pasien. Untuk mengetahui hubungan beban kerja dan motivasi dengan kinerja perawat di ruang rawat inap RSU Sari Mutiara Lubuk Pakam. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional. Populasi adalah seluruh perawat di ruang rawat inap RSU Sari Mutiara Lubuk Pakam sebanyak 89 orang dan sampel merupakan total populasi sebanyak 89 responden. Untuk memperoleh data yang dibutuhkan menggunakan instrumen penelitian dalam bentuk kuesioner dan dianalisa menggunakan uji korelasi Chi Square. Hasil penelitian diperoleh beban kerja dengan mayoritas beban yang ringan sebanyak 52,8%, motivasi dengan mayoritas motivasi yang sedang sebanyak 50,6%, dan kinerja perawat dengan mayoritas kinerja yang sedang sebanyak 78,7%. Hasil statistik menunjukkan bahwa ada hubungan beban kerja dengan kinerja perawat di RSU Sari Mutiara Lubuk Pakam dengan nilai signifikasi (p value =0,000) dan ada hubungan motivasi dengan kinerja perawat di RSU Sari Mutiara Lubuk Pakam (p value = 0,000). Dari hasil penelitian disimpulkan ada hubungan beban kerja dengan kinerja perawat dan ada hubungan motivasi dengan kinerja perawat dan diharapkan kepada pihak manajemen rumah sakit agar melakukan evaluasi kinerja untuk mengetahui sejauh mana kinerja perawat dalam memberikan pelayanan kesehatan sedangkan bagi perawat agar memiliki kinerja yang tinggi, maka perawat dapat melakukan pengembangan diri melalui penambahan literasi atau pengetahuan yang berkaitan dengan tugas dan tanggung jawab sebagai perawat dan juga mampu mengatasi jika terjadinya beban kerja yang berlebihan.


Kata Kunci


Beban Kerja; Motivasi; Kinerja; Perawat

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Al-Homayan, A. M., Shamsudin, F. M., Subramaniam, C & Rabiul, I. 2013. Relationship among Job Demand-Resources, Job Stress, Organizational Support and Nurses’ Job Performance. Australian Journal of Basic and Applied Sciences, 7(9), 294-308.

Ardana, Komang. 2009. Perilaku Keorganisasian. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Brahmasari, I. A dan Agus Suprayetno. 2008. Pengaruh Motivasi Kerja, Kepemimpinan dan Budaya Organisasi Terhadap Kepuasan Kerja Karyawan Serta Dampaknya Pada Kinerja Perusahaan (Studi Kasus Pada PT. Pei Hai International Wiratama Indonesia). Jurnal Manajemen Dan Kewirausahaan,10 (1996), pp. 124-135.

Desima. 2015. Tingkat stres kerja perawat dengan perilakucaring perawat. Jurnal Keperawatan, 4 (1), 43–55.

Dimayanti, Silvania; Asrinawaty, Ahmad Zacky Anwary. 2020. Hubungan Motivasi Kerja Dan Beban Kerja Dengan Kinerja Perawat Di Ruang Rawat Inap dr. H. Moch Ansari Saleh Banjarmasin.

Fahmi, Irham. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Alfabeta.

Fajriani, Suci; Muhammad Alwy Arifin & Suci Rahmadani. 2022. Hubungan Motivasi dan Beban Kerja dengan Kinerja Perawat di Instalasi Rawat Inap RSUD Kota Makassar. INSOLOGI: Jurnal Sains dan Teknologi, Vol. 1 No. 4.

Hezberg. 2008. Kepemimpinan Yang Memotivasi. Terjemahan Rahman. Bandung: CV Makmur Jaya.

Hasibuan, Malayu S.P. 2017. Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.

Hery. 2019. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Hasmalawati, Nur. 2017. Pengaruh Kualitas Kehidupan Kerja dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Mediapsi, Vol. 3 No. 2.

Hikmawati dkk. 2020. Beban Kerja Berhubungan dengan Stres Kerja Perawat. Jurnal Ilmiah Kesehatan Jiwa Vol 2 No 3: Desember 2020.

Ilyas. 2004. Perencanaan SDM Rumah Sakit, Teori, Metode dan Formula. Jawa Barat: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Indonesia.

Irawati, R., & Carollina, D. A. 2017. Analisis Pengaruh Beban Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Operator Pada PT. Giken Precision Indonesia. Inovbiz: Jurnal Inovasi Bisnis, 5(1), 51.

Kusuma, A. A. 2013. Pengaruh Motivasi Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Hotel Muria Semarang. Semarang: Skripsi, Universitas Negeri Fakultas Ekonomi.

Kusumawati, Diana & Frandinata, Deny. 2015. Hubungan Beban Kerja Dengan Kinerja Perawat Di Ruang IGD RSUD Blambangan Banyuwangi. Jurnal Ilmiah Kesehatan RUSTIDA, Vol. 2 No. 1.

Kemenkes RI. 2014. Permenkes RI No. 56 Tahun 2014 Tentang Klasifikasi dan Perizinan Rumah Sakit. Jakarta.

Kewuan, Nikolaus. N. 2013. Manajemen Kinerja Perawat. Jakarta: EGC.

Lestari, Iva Puji. 2022. Pengaruh Beban Kerja Terhadap Burnout Syndrome Perawat Isolasi Covid-19 di Ruang Muzdalifah Rumah Sakit Umum ‘Aisyiyah Ponorogo: Skripsi Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

Luthans, Fred. 2006. Perilaku Organisasi. Yogyakarta: Andi.

Linda, M. R., Megawati, & Japriska, Y. 2014. Analisis Pengaruh Beban Kerja, Lingkungan Kerja, Dan Motivasi Terhadap Kinerja Pegawai Badan Kepegawaian Daerah Kabupaten Pesisir Selatan Dengan Menggunakan Partial Least Square (Pls). Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 3(1), 74–88.

Muttaqillah, A. Rahman Lubis, M. Shabri Abd. Majid. 2015. Pengaruh Stres Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Perawat Serta Implikasinya Pada Kinerja Badan Layanan Umum Daerah Rumah Sakit Jiwa (BLUD RSJ) Aceh. Jurnal Manajemen Pascasarjana Unsyiah, 4 pp. 144-153.

Mangkunegara, A.A Anwar Prabu. 2017. Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia. Bandung: Refika Aditama.

Manuaba 2000. Hubungan Beban Kerja Dan Kapasitas Kerja. Jakarta: Rineka Cipta.

Moekijat. 2010. Manajemen Kepegawaian Dan Hubungan Dalam Perusahaan. Bandung: Alumni.

Nursalam. 2016. Konsep dan Penerapan Metodologi Penulisan Ilmu Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

_______ .2014. Manajemen Keperawatan. Aplikasi Dalam Praktik Keperawatan Profesional. Jakarta: Salemba Medika.

Sedarmayanti. 2014. Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Jakarta: Mandar Maju.

Suriana. 2014. Analisis Kinerja Perawat (Studi Ruang Rawat Inap Di Rumah Sakit Umum Daerah Tanjung Uban Provinsi Kepulauan Riau). Artikel Penulisan. Program Ilmu Administrasi Negara Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Maritim Raja Ali Haji.

Sutrisno, Edy. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Suarli dan Bachtiar. 2010. Manajemen Keperawatan Dengan Pendekatan Praktis. Jakarta: Erlangga.

Sitohang. 2012. Pengaruh Beban Kerja Terhadap Kinerja Perawat Dalam Pelayanan Kegawatdaruratan Di Rumah Sakit Dr. Djasamen Saragih Pematangsiantar. Medan: Tesis, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sumatra Utara.

Sholachudin, Ilham Magfur & Sari, Diah Jerita Eka. 2018. Hubungan Antara Beban Kerja Dengan Kinerja Perawat Di Ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUD R.A Basoeni Mojokerto, Journal Infokes Stikes Insan Unggul Surabaya, Vol. 10, No. 1 Juni 2018.

Shobur, AR. 2017. Hubungan Beban Kerja Perawat Dengan Penerapan Pendokumentasian di Ruang Inap RSUD Wates 2017. Yogyakarta: Skripsi: STIKES Jendral Achmad Yani Yogyakarta.

Suryandika, Maulana. 2016. Hubungan Motivasi Kerja dengan Kinerja Perawat di Instalasi Rawat Inap Rumah Sakit Omni Alam Sutera. Jakarta: Skripsi Universitas Esa Unggul.

Soleman, Aminah. 2011. Analisis Beban Kerja Ditinjau Dari Faktor Usia Dengan Pendekatan Recommended Weight Limit. Jurnal ARIKA. Vol. 05, No. 2.

Tanjung dan Arep. 2003. Manajemen Motivasi. Jakarta: Gramedia Widya Sarana.

Tarwaka, Bakri, Solichul HA., dan Sudiajeng, Llilik. 2004. Ergonomi Untuk Keselamatan, Kesehatan dan Produktivitas. Surakarta: UNIBA PRESS.

Wahyudi, Bambang. 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Sulita.

Widiyanto, Wijayanti RA. 2020. Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Bed Occupancy Rate (BOR) Di Rumah Sakit Mitra Medika Kabupaten Bondowoso. J-REMI: Jurnal Rekam Medik Dan Informasi Kesehatan; 1(4): 529–3.




DOI: https://doi.org/10.33024/jikk.v11i4.15094

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-nc4.footer##

Pendidikan Dokter Universitas Malahayati Lampung



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.