Gambaran Kualitas Tidur Pada Mahasiswa Pendidikan Profesi Dokter Di Rumah Sakit Pertamina Bintang Amin

Adlian Fathur Rahman, Fitriyani Fitriyani, Zulhafis Mandala, Wirawan Anggorotomo

Sari


Kualitas tidur yang baik sangat penting bagi mahasiswa kedokteran karena berdampak langsung pada kinerja akademik dan kognitif mereka. Namun, gangguan tidur banyak terjadi pada mahasiswa kedokteran karena tuntutan akademik yang tinggi, tugas klinis, gaya hidup, dan pekerjaan yang menantang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kualitas tidur pada mahasiswa pendidikan profesi dokter di salah satu rumah sakit di Bandar Lampung tahun 2023. Penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross-sectional ini dilakukan pada tahun 2024 pada mahasiswa pendidikan profesi dokter di salah satu rumah sakit di Bandar Lampung. Populasi berjumlah 220 orang dan sampel yang diperoleh sebanyak 69 melalui rumus Slovin. Pengumpulan data menggunakan kuesioner standar Pittsburgh Sleep Quality Index (PSQI). Mayoritas mahasiswa (62,3%) memiliki kualitas tidur yang buruk, sedangkan 37,7% memiliki kualitas tidur yang baik. Dari tujuh komponen, sebagian besar responden melaporkan kualitas tidur subyektif cukup baik (33,3%), latensi tidur 16-30 menit (49,3%), durasi tidur 5-6 jam (40,6%), efisiensi tidur >85% (87%), gangguan tidur 1 kali seminggu (63,8%), tidak pernah mengonsumsi obat tidur (81,2%), dan disfungsi siang hari 1 kali seminggu. Prevalensi kualitas tidur buruk yang tinggi diamati pada mahasiswa pendidikan profesi dokter, menekankan perlunya intervensi untuk meningkatkan kualitas tidur dan kesejahteraan mereka secara keseluruhan.


Kata Kunci


Kualitas Tidur; Mahasiswa Kedokteran; PSQI; Tujuh Komponen

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Apriliah, R., Nurmadilla, N., Pratiwi. LB, R., Mokhtar, S., & Arifin, A. F. (2022). Gambaran Pola Tidur Mahasiswa Angkatan 2018. Indonesian Journal of Health, 2(03), 155–161. https://doi.org/10.33368/inajoh.v2i03.74

Apriliani, K. M., & Soetjipto, D. (2020). Sleep Disorders in Late-Life Depression. Jurnal Psikiatri Surabaya, 9(1), 1. https://doi.org/10.20473/jps.v9i1.16026

Bianca, N., Ketut Budiarsa, I. G. N., & Purwa Samatra, D. P. G. (2021). Gambaran Kualitas Tidur Mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Udayana Pada Tahap Preklinik Dan Klinik. E-Jurnal Medika Udayana, 10(12), 1. https://doi.org/10.24843/mu.2021.v10.i12.p01

Budyawati, N. P. L. W., Utami, D. K. I., & Widyadharma, I. P. E. (2019). Proposi dan Karakteristik Kualitas Tidur Buruk pada Guru-Guru Sekolah Menengah Atas Negeri di Denpasar. E-Jurnal Medika, 8(3), 1–7. https://ocs.unud.ac.id/index.php/eum/article/view/49852

Fenny, F., & Supriatmo, S. (2016). Hubungan Kualitas dan Kuantitas Tidur dengan Prestasi Belajar pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran. Jurnal Pendidikan Kedokteran Indonesia: The Indonesian Journal of Medical Education, 5(3), 140. https://doi.org/10.22146/jpki.25373

Gunanthi, N. M. W. M., & Diniari, N. K. S. (2016). Prevalensi Dan Gambaran Gangguan Tidur Berdasarkan Karakteristik Mahasiswa Semester I Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Udayana Tahun 2015. E-Jurnal Medika Udayana, 5(4), 1–9. kemdikbud.go.id

Islam, A. F., & Mulamukti, A. (2021). Stress Akademik Dan Kualitas Tidur Terhadap Kesejahteraan Subjektif Mahasiswa Di Masa Pandemi Covid-19. Ilmiah Penelitian Psikologi, 7(2), 32–42.

Kamagi, R. H., & Sahar, J. (2021). Terapi Musik pada Gangguan Tidur Insomnia. Journal of Telenursing (JOTING), 3(2), 797–809. https://doi.org/10.31539/joting.v3i2.3002

Kumara, I. N. A., Aryani, L. N. A., & Diniari, N. K. S. (2019). Proporsi gangguan tidur pada mahasiswa program studi pendidikan dokter semester satu dan semester tujuh Fakultas Kedokteran Universitas Udayana, Bali, Indonesia. Intisari Sains Medis, 10(2), 235–239. https://doi.org/10.15562/ism.v10i2.391

Levenson, J. C., Kay, D. B., & Buysse, D. J. (2015). The pathophysiology of insomnia. Chest, 147(4), 1179–1192. https://doi.org/10.1378/chest.14-1617

Marco, Erica, Angeline, V., Victoria, V., & Marpaung, W. (2022). Kesejahteraan Psikologis Ditinjau dari Dukungan Sosial pada Mahasiswa Koas di Tengah Kondisi Pandemi. Jurnal Penelitian Pendidikan, Psikologi Dan Kesehatan, 3(3), 238–247. https://doi.org/https://doi.org/10.51849/j-p3k.v3i3.190 Rekomendasi

Martfandika, D. A. (2018). Kualitas tidur mahasiswa keperawatan dalam menyusun skripsi di universitas ‘aisyiyah yogyakarta. Naskah Publikasi, 10. http://digilib.unisayogya.ac.id/4335/1/NASKAH PUBLIKASI PDF.pdf

Nilifda, H., Nadjmir, N., & Hardisman, H. (2016). Hubungan Kualitas Tidur dengan Prestasi Akademik Mahasiswa Program Studi Pendidikan Dokter Angkatan 2010 FK Universitas Andalas. Jurnal Kesehatan Andalas, 5(1), 243–249. https://doi.org/10.25077/jka.v5i1.477

Nurzakiah. (2013). Apa Itu Insomnia. E-Jurnal Medika Udayana, 2(12), 2061.

Perlis, M. L., & Gehrman, P. (2013). Types of Insomnia. In Encyclopedia of Sleep. Elsevier Inc. https://doi.org/10.1016/B978-0-12-378610-4.00175-3

Rahayu, A. E. 2020. (2022). Hubungan Tingkat Kecemasan Dengan Kualitas Tidur Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Uin Syarif Hidayatullah Jakarta Angkatan 2018 Yang Menyusun Skripsi Di Masa Pandemi Covid-19.

Risdiana, N., & Rozy, M. F. (2019). Hubungan antara Gangguan Pola Tidur dengan Keseimbangan Sistem Saraf Otonom pada Usia Dewasa Muda. Mutiara Medika: Jurnal Kedokteran Dan Kesehatan, 19(1), 1–6. https://doi.org/10.18196/mm.190120

Rohmah, W. K., & Yunita, D. P. S. (2020). Determinan kualitas tidur pada santri di pondok pesantren. Higeia Journal of Public Health Research and Development, 4(3), 649–659.

Sadock, B., & Sadock, V. (2010). Buku Ajar Psikiatri Klinis. NASPA Journal, 42(4), 1.

Shafira Fitri, N., Afrainin Syah, N., & Asterina. (2020). Hubungan antara Kualitas Tidur dengan Daya Konsentrasi Belajar pada Mahasiswa Kepaniteraan Klinik. Jurnal Ilmu Kesehatan Indonesia, 1(2), 167–172. http://jikesi.fk.unand.ac.id

Sonda, I., Wariki, W., & Kuhan, F. (2021). Gangguan Kualitas Tidur Dan Indeks Prestasi Siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Manado Di Masa Pandemi COVID-19. J Kedokteran Tropik, 9, No. 2, 334–340.




DOI: https://doi.org/10.33024/jikk.v11i6.15329

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-nc4.footer##

Pendidikan Dokter Universitas Malahayati Lampung



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.