Korelasi Burnout dengan Motivasi Belajar Mahasiswa Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Mulawarman

Andi Aulya Rizky, Rahmat Bakhtiar, Hutomo Judhi Christianto Wibowo

Sari


Proses pendidikan program studi kedokteran ditempuh, melalui dua tahapan, yaitu tahap program sarjana dan tahap program profesi dokter dengan beban studi yang cukup besar. Mahasiswa kedokteran sering mengalami kelelahan akibat beban dan tekanan tersebut. Perasaan kelelahan, yang dikenal sebagai emotional exhaustion, sinisme, yang dikenal sebagai depersonalisasi, dan penurunan prestasi akademik adalah semua gejala penurunan semangat akan menghadapi kesulitan dalam mempertahankan pengetahuan dan keterampilan informasi, yang akan mengurangi keinginan mereka untuk belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui korelasi burnout dengan motivasi belajar pada mahasiswa program studi kedokteran universitas mulawarman. Penelitian ini merupakan jenis penelitian yang bersifat analitik dengan menggunakan rancangan penelitian cross sectional yang akan dilaksanakan di fakultas kedokteran universitas mulawarman. Sumber data utama penelitian ini berasal dari kuisioner Maslach Burnout Inventory-Student Survey (MBI-SS). untuk mengetahui burnout dan untuk menentukan motivasi belajar, menggunakan kuisioner Motivated Strategies for Learning Questionnaire (MSLQ). Sebanyak 160 mahasiswa berpartisipasi menjadi responden penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat burnout yang paling banyak dialami pada setiap dimensi adalah tingkat tinggi yaitu emotional exhaustion (48,1%), depersonalization (41,9%), dan personal accomplishment (38,1%). Sedangkan hasil penelitian motivasi belajar didapatkan mahasiswa mengalami motivasi belajar rendah (49,9%), sedang (34,4%), tinggi (16,3%). Nilai kemaknaan, atau p-value, untuk setiap dimensi adalah 0,000 dalam uji spearman. Mahasiswa Program Studi Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Mulawarman menunjukkan korelasi kuat antara ketiga dimensi burnout dan motivasi mereka untuk belajar. 


Kata Kunci


burnout; mahasiswa kedokteran; motivasi belajar

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abduh, M., Alawiyah, T., Apriansyah, G., Sirodj, R. A., & Afgani, M. W. (2022). Survey Design: Cross Sectional dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 3(01), 31–39.

Almojali, Almalki, S., Alothman, A., Masuadi, E., & Alaqeel, M. (2017). The prevalence and association of stress with sleep quality among medical students. J Epidemiol Glob Health. ;7(3):169–74.

Barbosa, M. L., Ferreira, B. L. R., Vargas, T. N., da Silva, G. M. N., Nardi, A. E., Machado, S., & Caixeta, L. (2018). Burnout prevalence and associated factors among Brazilian medical students. Clinical practice and epidemiology in mental health: CP & EMH, 14, 188.

Castillo, L. G., Navarro, R. L., Walker, J. E. O., Schwartz, S. J., Zamboanga, B. L., Whitbourne, S. K., & Caraway, S. J. (2015). Gender matters: The influence of acculturation and acculturative stress on Latino college student depressive symptomatology. Journal of Latina/o psycology, 3(1), 40.

Christiana, E. (2020). Burnout Akademik Selama Pandemi Covid 19. Prosiding Seminar Bimbingan Dan Konseling.

Chunming, W. M., Harrison, R., MacIntyre, R., Travaglia, J., & Balasooriya, C. (2017). Burnout in medical school. BMC Medical Education, 17(1).

Firdaus, A. (2021). Potensi Kejadian Burnout pada Mahasiswa Kedokteran di Masa Pandemi Covid-19. Hang Tuah Medical Journal, 18(2), 114.

Frajerman, A., Morvan, Y., Krebs, M. O., Gorwood, P., & Chaumette, B. (2019).Burnout in medical students before residency: A systematic review and meta-analysis. European Psychiatry, 55, 36–42.

Goff, A.M (2011). Stressor, academic performance and learned resourcefullness in baccalaureate nursing students. International Journal of Nursing Education Scholarship, 8,923 ± 1548.

Hidayati, S., & Amalia, R. (2022). Burnout Mahasiswa Keperawatan Dalam Mengikuti Program Profesi Ners Di Masa Pandemi COVID-19 The Overview Of Nursing Student Burnout In Taking The Nurse Profession Program In The Covid- 19 Pandemic. V(4), 9–15.

Khodijah, N. (2014). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Kilic, R., Nasello, J. A., Melchior, V., & Triffaux, J. M. (2021). Academic burnout among medical students: respective importance of risk and protective factors. Public Health, 198, 187-195.

Lee, S. J., Choi, Y. J., & Chae, H. (2017). The effects of personality traits on academic burnout in Korean medical students. Integrative Medicine Research, 6(2), 207–213.

Lisiswanti, R., Sanusi, R. & Prihatiningsih, T.S., (2015). Hubungan motivasi danhasil belajar mahasiswa kedokteran. Jurnal Pendidikan Kedoktean Indonesia. 4(1): 1-6.

Magribi, A.S., Jumaini., Agrina. (2022). Gambaran Academic Burnout Pada Mahasiswa Keperawatan. JOM FKp, 9(2).

Matthew, C. (2022). Hubungan Antara Burnout dengan Academic Procrastination pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara Tahap Akademik. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 7431–7440.

Meilantifa. Pengaruh Kelelahan Emosional Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika. Inovasi. 2018;20(1):26- 30.

Mulyadi, H. A., Nathaniel, K. E., & Wira, Y. (2022). Hubungan Burnout Akademik Dan Self- Directed Learning Readiness Dengan Motivasi Pada Mahasiswa Kedokteran Umum Universitas Jenderal Soedirman. Medical and Health Journal, 1(2),15.

Putri, B. V. F. M., Amalia, E., & Sari, D. P. (2021). Hubungan Antara Burnout Dan Kualitas Tidur Dengan Prestasi Akademik Mahasiswa Kedokteran Universitas Mataram. Prosiding SAINTEK LPPM Universitas Mataram, 3.

Santi, K. (2020). Pengaruh Big Five Personality Dengan Kejadian Burnout Pada Mahasiswa Pendidikan Kedokteran. JIMKI : Jurnal Ilmiah Mahasiswa

Schaufeli, W. B., Salanova, M., González-Romá, V., & Bakker, A. B. (2002). The measurement of engagement and burnout: A two sample confirmatory factor analytic approach. Journal of Happiness Studies: An Interdisciplinary Forum on Subjective Well-Being, 3(1), 71-92.

Stern, T. A., Fricchione, G. L., Cassem, N. H., Jellinek, M., & Rosenbaum, J. F. (2010). Massachusetts General Hospital Handbook of General Hospital Psychiatry. Philadelphia : Saunders Elsevier.

Tajeri Moghadam, M., Abbasi, E., & Khoshnodifar, Z. (2020). Students’ academic burnout in Iranian agricultural higher education system: the mediating role of achievement motivation. Heliyon, 6(9), e04960.

Vania R.A., Rika V. Z., Rusdi R. (2022). Peranan Academic Self Efficacy Terhadap Academic Burnout Pada Peserta Didik SMA Dalam Peralihan Pembelajaran Daring Ke Pembelajaran Luring. Jurnal Edycation and Development, 4(3).

Wakhyudin, H., & Putri, A. D. S. (2020). Analisis Kecemasan Mahasiswa Dalam Menyelesaikan Skripsi. WASIS : Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(1), 14–18.

Xian-ming, M., Rong-shan, S., Yun-chuan, S., & Cui-Ying. (2013). The relation of learning motivation, self-efficacy and learning burnout among freshmen. Journal of Heilongjiang College of Education, (9), 126–128.

Zaregar, M., Ebrahimipour, H., Shaabani, Y., & Hooshmand, E. (2017). The relationship between motivation and academic burnout among students of health school, mashhad University Of Medical Sciences. Development Strategies In Medical Education, 4(1), 40–50.

Zulkarnain. (2021). Hubungan motivasi belajar, regulasi diri, dukungan sosial dengan academic burnout siswa pada masa pandemi covid- 19. Fakultas Psikologi. Surakarta.




DOI: https://doi.org/10.33024/jikk.v11i10.15479

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-nc4.footer##

Pendidikan Dokter Universitas Malahayati Lampung



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.