EVALUASI PROGRAM UPAYA PENINGKATAN SKRINING HIV DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS X TAHUN 2023

Elitha M Utari, Neno Fitriyani Habie, Zulhafis Mandala, Aswan Jhonet

Sari


HIV AIDS merupakan penyakit yang menyerang imunitas tubuh dan terus menerus meningkat. Skrining HIV diperlukan untuk mencari kasus baru HIV. Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode evaluasi program yang dilakukan di Puskesmas X di Kota Bandar Lampung. Penelitian menggunakan data primer dan sekunder dari indikator dan sasaran P2PM program skrining HIV Januari- Mei 2023. Permasalahan yang ditemukan dari program Skrining HIV/AIDS di UPT Puskesmas X Bulan Januari – Mei 2023 ditentukan melalui metode USG (Urgency, Seriousness, Growth), dimana banyak sekali akar penyebab masalah sehingga ditentukan alternatif penyelesaian masalahnya yaitu membuat program baru bernama “TEPI KOLAM” yang merupakan singkatan dari “Tes HIV ponci dengan KOLAborasi LSM” yaitu program yang dilakukan dengan cara mengumpulkan jejaring dengan penjangkau di satu tempat dengan melakukan penyuluhan mengenai manfaat tes HIV bersamaan dengan layanan tes HIV dan memberikan reward bagi ponci yang ingin dites HIV dengan keinginan sendiri.


Kata Kunci


HIV; Skrining; Evaluasi; Program

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Dinas Kesehatan Provinsi Lampung (2023). Profil Dinas Kesehatan Provinsi Lampung Tahun 2023. Bandar Lampung : Dinas Kesehatan Provinsi Lampung.

Kementerian Kesehatan RI (2017). Program Pengendalian HIV AIDS dan PIMS Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama. Jakarta: Kemenkes RI.

Kementerian Kesehatan RI (2020). Infodatin: HIV 2020. Jakarta: Pusdatin.

Kementerian Kesehatan RI (2022). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2022 Tentang Penanggulangan Human Immunodeficiency Virus, Acquired Immuno- Deficiency Syndrome, Dan Infeksi Menular Seksual. Jakarta : Kementerian Kesehatan RI.

Kementerian Kesehatan RI (2023). Sistem Informasi HIV AIDS (SIHA). [internet]. Kementerian Kesehatan RI; 2023. Tersedia dari https://siha.kemkes.go.id/login_index.php.

Manalu, R (2018). Faktor – faktor yang Mempengaruhi Kejadian Infeksi HIV pada Usia Produktif di Komite AIDS HKBP Kabupaten Toba Samosir 2017. Medan: Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sumatera Utara.

UNAIDS (2023). Global AIDS Update 2023. Geneva: Joint United Nations.

Wardani, DWSR, Suwandi, JF, Lestari, I (2021). Perilaku Seks sebagai Faktor Risiko HIV-AIDS : Studi pada Wanita Pekerja Seks di Kota Bandar Lampung. Bandar Lampung : Fakultas Kedokteran Universitas Lampung.




DOI: https://doi.org/10.33024/jikk.v11i6.15677

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-nc4.footer##

Pendidikan Dokter Universitas Malahayati Lampung



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.