Hubungan Mekanisme Koping Dengan Stres Akademik Pada Mahasiswa Program Studi Profesi Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati Tahap Transisi

Angga Saputra, Sri Maria Puji Lestari, Deviani Utami, Vira Sandayanti

Sari


Mekanisme koping adalah usaha-usaha yang dilakukan individu untuk mengatasi masalah psikologis. Ketika individu menghadapi suatu masalah, maka mekanisme koping yang digunakan yaitu berfokus pada masalah, berfokus pada kognitif, dan mekanisme koping yang berfokus pada emosi. Stres akademik adalah respon individu atas tekanan yang dipersepsikan secara subyektif terhadap kondisi akademik. Persepsi ini akan menimbulkan respon fisik atau perilaku dan respon emosi yang bersifat negatif akibat tuntutan sekolah atau akademik. Mengetahui hubungan mekanisme koping dengan stress akademik pada mahasiswa program studi Profesi dokter fakultas kedokteran universitas malahayati tahap transisi. Jenis penelitian kuantitatif dengan metode analitik dengan desain cross sectional. Pengambilan data menggunakan teknik total sampling. Pengumpulan data menggunakan data kuesioner Brief cope dan Perceived academic stres scale (PASS). Dari hasil 142 responden didapatkan sebagian besar memiliki mekanisme Problem Focused Coping dengan tingkat tinggi yaitu 116 responden (81,7%) mekanisme Emotion Focused Coping dengan tingkat tinggi sebesar 123 responden (86,6%) sedangkan mekanisme Less Useful Coping dengan tingkat rendah yaitu 79 responden (55,6%). Sebagian besar responden memiliki stres akademik dengan tingkat tinggi yang berjumlah 108 responden (76,1%). Hasil analisis uji bivariat mekanisme koping dengan stres akademik didapatkan  p-value <0,05) yaitu p<0,001; 0,001; dan 0,016. Dan tingkat korelasi dengan nilai r = (0,332), (0,264), dan (0,202). Terdapat hubungan mekanisme koping dengan stres akademik pada mahasiswa program studi profesi dokter Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati tahap transisi.


Kata Kunci


Mahasiswa Kedokteran; Mekanisme Koping; Stres Akademik

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ambarwati, P. D., Pinilih, S. S., & Astuti, R. T. (2019). Gambaran Tingkat Stres Mahasiswa. Jurnal Keperawatan Jiwa, 5(1), 40.

Aryawan, P. K. D., & Diniari, N. K. S. (2020). Gambaran stresor dan koping stres dalam proses penyelesaian skripsi pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Udayana tahun 2016. Jurnal Medika Udayana, 9(9), 87–92.

Avianti, D., Setiawati, O. R., Lutfianawati, D., & Putri, A. M. (2021). Hubungan Efikasi Diri Dengan Stres Akademik Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati: The Relation Of Self-Efficacy With Academic Stress In Medical Student Of Malahayati University. PSYCHE: Jurnal Psikologi, 3(1), 83–93. https://doi.org/10.36269/psyche.v3i1.283

B, H., & Hamzah, R. (2020). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Tingkat Stres Akademik Pada Mahasiswa Stikes Graha Medika. Indonesian Journal for Health Sciences, 4(2), 59. https://doi.org/10.24269/ijhs.v4i2.2641

Barseli, M., Ifdil, I., & Nikmarijal, N. (2017). Konsep Stres Akademik Siswa. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 5(3), 143–148. https://doi.org/10.29210/119800

Bawuna, N. H., Rottie, J., & Onibala, F. (2017). Hubungan Antara Tingkat Stres Dengan Perilaku Merokok Pada Mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Sam Ratulangi. Journal Keperawatan (e-Kp, 5(2), 1–8. https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/jkp/article/view/16844/16376

Carver, C.S. and Connor-Smith, J. (2010) ‘Personality and Coping’, Annual Review of Psychology, 61(1), pp. 679–704. Available at: https://doi.org/10.1146/annurev.psych.093008.100352.

https://doi.org/10.26714/jkj.5.1.2017.40-47

Cummings, E. M., & Kouros, C. D. (2008). Stress and Coping. Encyclopedia of Infant and Early Childhood Development, 1–3(3), 267–281. https://doi.org/10.1016/B978-012370877-9.00156-0

Cohen, T. Kamarck, R. M. (1983). Perceived Stress Scale. journal of health and social behavior, 7–8. Saputra, I. M. R. A., & Suarya, L. M. K. S. (2019). Peran stres akademik dan hardiness terhadap kecenderungan gangguan psikofisiologis pada mahasiswa kedokteran tahun pertama. Jurnal Psikologi Udayana, 6(01), 31.https://doi.org/10.24843/jpu.2019.v06.i01.p04

Dwi, kusyati eka. (2018). Title. New England Journal of Medicine, 372(2), 2499– 2508.http://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/7556065%0Ahttp://www.pubme dcentral.nih.gov/articlerender.fcgi?artid=PMC394507%0Ahttp://dx.doi.org/1 0.1016/j.humpath.2017.05.005%0Ahttps://doi.org/10.1007/s00401-018- 1825-z%0Ahttp://www.ncbi.nlm.nih.gov/pubmed/27157931

Faisal, A. (2019). Pengaruh strategi coping , social support dan faktor demografis terhadap psychological well-being mahasiswa perantau universitas islam negeri syarif hidayatullah jakarta. Uinjkt, 1–90.

Habeeb, K. A. (2010). Prevalence of stressors among female medical students, Taibah University. Journal of Taibah University Medical Sciences, 5(2),110– 119. https://doi.org/10.1016/s1658-3612(10)70140-2

Hastanto SP.(2017).Analisis Data Pada Bidang Kesehatan. Vol. 53, Occupational Medicine. depok: Rajawali Pers:130 p.

Jannah, F.-. (2022). Hubungan Kepribadian Hardiness Dengan Stres Akademik Pada Mahasiswa Kedokteran Universitas Malahayati Selama Pandemi Covid 19. Empati-Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 9(2), 194–205. https://doi.org/10.26877/empati.v9i2.11584

Julika, S., & Setiyawati, D. (2019). Hubungan antara Kecerdasan Emosional, Stres Akademik, dan Kesejahteraan Subjektif pada Mahasiswa. Gadjah Mada Journal of Psychology (GamaJoP), 5(1), 50. https://doi.org/10.22146/gamajop.47966

Karina A.R.G. (2019). Hubungan Optimisme Dengan Mekanisme Koping Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Di Stikes Muhammadiyah Kudus Dalam Menghadapi Skripsi. Jurnal Ilmu Keperawatan Dan Kebidanan, 9(1), 97. Https://Doi.Org/10.26751/Jikk.V 9i1.409.

Kariv, D., & Heiman, T. (2005). Task-oriented versus emotion-oriented coping strategies: The case of college students. College Students Journal, 39(1), 72–89. https://www.researchgate.net/publication/287831370

Maryam, S. (2015). Self Efficacy Anak Didik Pemasyarakatan Di Lapas Anak Klas Iia Blitar, 45–48. Skripsi Publikasi

Mei Yunalia, E., Jayani, I., Perdana Sulistyoning Suharto, I., Susilowati Program Studi Keperawatan, S., Ilmu Kesehatan, F., Kadiri, U.,

Selomangleng No, J., & Timur, J. (2021). Kecerdasan Emosional dan Mekanisme Koping Berhubungan dengan Tingkat Stres Akademik Mahasiswa. Jurnal Keperawatan Jiwa, 9(4), 869–878. https://jurnal.unimus.ac.id/index.php/JKJ/article/view/8559

MUSRADINUR. (2016). Stres Dan Cara Mengatasinya Dalam Perspektif Psikologi. JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling, 2(2), 183. https://doi.org/10.22373/je.v2i2.815

Notoadmodjo. (2018). Metodologi penelitian kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta

Perwitasari, D. T., Nurbeti, N., & Armyanti, I. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkatan Stres Pada Tenaga Kesehatan Di RS Universitas Tanjungpura Pontianak Tahun 2015. Jurnal Cerebellum, 2(3), 553–561.

https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jfk/article/view/20020.

Rachmah, E., & Rahmawati, T. 2019. Hubungan Pengetahuan Stress Dengan Mekanisme Koping Remaja. Dinamika Kesehatan Jurnal Kebidanan Dan Keperawatan, 10(2), 595–608. https://doi.org/10.33859/dksm.v10i2.517

Griece Islamiyah. (2018). Exploring the experiences of adult learners in a transition program. Journal of Adult and Continuing Education , 24 (2), 141-164.

Sinaga, F. P. 2019. Hubungan Strategi Koping dengan Tingkat Stres pada Siswi di Asrama Santa Theresia Medan Tahun 2019. Program Studi Ners Stikes Santa Elisabeth, 1–101.

Rahmayani, R. D., Liza, R. G., & Syah, N. A. (2019). Gambaran Tingkat Stres Berdasarkan Stressor pada Mahasiswa Kedokteran Tahun Pertama Program Studi Profesi Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Andalas Angkatan 2017. Jurnal Kesehatan Andalas, 8(1), 103. https://doi.org/10.25077/jka.v8.i1.p103-111.2019

Sari Lombu, I. P., & Setiawan, S. (2018). Hubungan Tingkat Stres Dengan Strategi Koping Mahasiswa Reguler Profesi Ners Di Fakultas Keperawatan Universitas Sumatera Utara. Talenta Conference Series: Tropical Medicine (TM), 1(1), 36–40. https://doi.org/10.32734/tm.v1i1.55

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta




DOI: https://doi.org/10.33024/jikk.v11i10.15889

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-nc4.footer##

Pendidikan Dokter Universitas Malahayati Lampung



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.