Hubungan Kualitas Kuliah Online Dengan Intensitas Belajar Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Malahayati Bandar Lampung Angkatan 2020
Sari
Pandemi Covid-19 memaksa perguruan tinggi untuk beralih ke sistem pembelajaran online. Pembelajaran online memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan dibandingkan dengan pembelajaran tatap muka. Intensitas belajar dapat tergantung pada berbagai faktor seperti Kualitas pembelajaran online. Mengetahui hubungan kualitas kuliah online dengan intensitas belajar pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Malahayati Bandar Lampung angkatan 2020. Jenis penelitian yang digunakan adalah analitik kuantitatif dengan rancangan cross sectional. Berdasarkan kriteria inklusi dan eksklusi didapatkan sampel sebanyak 91 responden. Analisis data menggunakan uji statistik uji chi-square. Diketahui bahwa dari 91 responden sebagian besar berjenis kelamin perempuan sebanyak 63 responden (69.2%) sedangkan usia bahwa dari 91 responden sebagian besar berusia 23 tahun sebanyak 60 responden (65.9%). Dan sebagian mahasiswa menilai kualitas kuliah online yang baik sebanyak 65 responden (71.4%). Memiliki intensitas belajar yang baik sebanyak 72 responden (79.1%). Ada hubungan yang signifikan antara kualitas kuliah online dengan intensitas belajar pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Malahayati Bandar Lampung angkatan 2020 dengan (p-value= 0.000).
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Adi, N. N. S., Oka, D. N., & Wati, N. M. S. (2021). Dampak Positif dan Negatif Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 5(1)
Al-Emran, M., & Al-Ghamdi, A. (2020). The effect of online learning on academic performance of university students. Computers & Education, 151, 103819.
Belia Betari, Argitya Righo, dan Triyana Hapsari. (2021). Dampak pembelajaran online pada mahasiswa di masa pandemi COVID-19: Sebuah literatur review. Jurnal UNTAN, 5(3), 7188-7191.
Darmawan, D. (2016). Pengembangan E- Learning: Teori dan Desain (Cetakan ke). Bandung: Remaja Rosdakarya.
Dewi, E. U. (2020). Pengaruh Kecemasan Saat Pembelajaran Daring Masa Pandemi Covid-19 Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Stikes William Surabaya. Jurnal Keperawatan, 9(1), 18-23
Goldschmidt, K., & Msn, P. D. (2020). The COVID-19 pandemic : Technology use to support the wellbeing of children. Journal of Pediatric Nursing, xxxx, 3–5. https://doi.org/10.1016/j.pedn.2020.04.013
Guner, H. R., Hasanoğlu, İ., & Aktaş, F. (2020). COVID-19: Prevention and control measures in community. Turkish Journal of medical sciences, 50(9), 571-577.
Fitria, P. A., & Saputra, D. Y. (2020). Dampak Pembelajaran Daring Terhadap Kesehatan Mental Mahasiswa Semester Awal. Jurnal Riset Kesehatan Nasional, 4(2), 60-66
Herliandry, L. D., Nurhasanah, N., Suban, M. E., & Kuswanto, H. (2020). Pembelajaran pada masa pandemi covid-19. JTP-Jurnal Teknologi Pendidikan, 22(1), 65-70.
Irawati, D. Y., & Jonatan, J. (2020). Evaluasi Kualitas Pembelajaran Online Selama Pandemi Covid-19: Studi Kasus di Fakultas Teknik, Universitas Katolik Darma Cendika. Jurnal Rekayasa Sistem Industri, 9(2), 135-144
Notoadmodjo. (2018). Metodologi penelitian kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta
Nurhasanah, N., & Sulistyowati, L. (2020). Hubungan Antara Pembelajaran Daring Dengan Intensitas Belajar Mahasiswa Kedokteran. Jurnal Pendidikan Kedokteran Indonesia, 8(3), 220-227.
Rosali, E. S. (2020). Aktifitas Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid -19 Di. Geography Science Education Journal (GEOSEE), 1(1), 21–30.
https://www.researchgate.net/publication/340917125_Kendala_Pelaksanaan_Pembela jaran_Jarak_Jauh_PJJ_dalam_Masa_Pandemi/stats
Rondonuwu, V. W., Mewo, Y. M., & Wungow, H. I. (2021). Pendidikan Kedokteran di Masa Pandemi COVID-19 Dampak Pembelajaran Daring Bagi Mahasiswa Fakultas Kedokteran Angkatan 2017 Unsrat. JURNAL BIOMEDIK: JBM, 13(1), 67-75.
Sung, Y. T., & Hwang, G. J. (2022). The effects of online learning on student motivation and learning outcomes. Journal of Educational Psychology, 114(4), 576-600.
DOI: https://doi.org/10.33024/jikk.v12i1.16258
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-nc4.footer##
Pendidikan Dokter Universitas Malahayati Lampung

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.