Analisis Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan di Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUD Siti Fatimah Palembang
Sari
Kepuasan pasien adalah indikator utama dari standar suatu fasilitas kesehatan dan merupakan suatu ukuran mutu pelayanan kepuasan pelanggan yang rendah akan berdampak terhadap jumlah kunjungan yzzang akan mempengaruhi provitabilitas fasilitas kesehatan tersebut, sedangkan sikap karyawan terhadap pelanggan juga akan berdampak terhadap kepuasan pelanggan dimana kebutuhan pelanggan dari waktu ke waktu akan meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis hubungan kepuasan pasien terhadap pelayanan di Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSUD Siti Fatimah Palembang. Desain penelitian ini menggunakan cross sectional, dimana populasi dalam penelitian ini sebanyak 997 responden, dengan sampel 91 responden yang berkunjung. Metode pengambilan sampel dalam penelitian secara accidental sampling. Pengumpulan dan pengambilan data dengan menggunakan kuesioner. Hasil analisis uji statistik dengan mengunakan uji statistik Chi-Square dan Regresi Logistic. Hasilnya menunjukkan ada hubungan bermakna (p value < 0,05) untuk variabel bukti wujud (p value 0,000), kehandalan (p value 0,000), daya tanggap (p value 0,000), jaminan (p value 0,000), empati (p value 0,000), sarana prasarana (p value 0,000), dan kenyamanan (p value 0,000). Dari hasil uji statistic multivariat diperoleh faktor dominan terhadap kepuasan pasien terhadap pelayanan adalah empati (p= 0,000; OR= 17,015). Terdapat pengaruh yang signifikan antara empati terhadap kepuasan pasien di rumah sakit, semakin baik empati yang diberikan maka kepuasan pasien akan semakin tinggi. Diharapkan bagi rumah sakit untuk memperhatikan keluhan pasien agar dapat memberikan pelayanan medis yang baik dan meningkatkan kepuasan pasien.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Alvarez-García, J. 2019. Quality in customer service and its relationship with satisfaction: An innovation and competitiveness tool in sport and health centers. International Journal of Environmental Research and Public Health, 16(20). https://doi.org/10.3390/ijerph1620394.
Azhar, Khairullah. 2024. Analisis Pengaruh Tangible, Reliability, Responsiveness, Assurance dan Empathy terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Rumah Sakit Umum Daerah Pambalah Batung Kabupaten Hulu Sungai Utara.
Amruddin, Dkk. (2020). Metodologi Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif. Bandung: Cv. Media Sains Indonesia.
Budianto, A. 2023. Hubungan antara Mutu Pelayanan IGD dengan Kepuasan Keluarga Pasien di Ruang IGD RS Mitra Siaga Tegal Tahun 2023.
Depkes. RI. 2004. Keputusan Menteri Kesehatan RI Nomor 1204/MENKES/SK/X/2004 tentang Persyaratan Kesehatan Lingkungan Rumah Sakit. Jakarta : Depkes RI.
Esthi, Franata dkk. 2017. Faktor-faktor Mutu Pelayanan Kebidanan yang Mempengaruhi Tingkat Kepuasan Pasien di Poli Kebidanan RSUD Wonosari Gunungkidul.
Hardani, Dkk. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogjakarta: Cv. Pustaka Ilmu Group Yogyakarta.
Hardiansyah. 2018. Kualitas Pelayanan Publik Konsep, Dimensi, Indikator, dan Implementasinya. Yogyakarta: Gava Media.
Hayati, S, dkk. 2024. Analisis Pengaruh Mutu Pelayanan Kesehatan terhadap Kepuasan Pasien di Ruang Rawat Inap Renggali UPTD RSUD Datu Beru Takengon.
Kemenkes RI. (2004). KMK No. 1204/Menkes/SK/X/2004 tentang Persyaratan Kesehatan Lingkungan RS.
Kemenkes RI. 2022. Indikator Nasional Mutu Pelayanan Kesehatan Tempat Praktik mandiri Dokter Dan Dokter Gigi, Klinik, Pusat Kesehatan masyarakat, Rumah Sakit, Laboratorium Kesehatan, dan Unit Transfusi Darah (Issues 1–94).
Kusumawati, E, dkk. 2018. Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kesehatan: Studi Deskriptif pada Klinik UIN Sunan Ampel. Journal of Health Science and Prevention, 2(1), 22–26.
Maulana, M.A.R. 2021. Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Di IGD Rumah Sakit. Tesis. Surabaya: STIKES Yayasan RS Dr. Soetomo Surabaya.
Notoatmodjo, S. 2018. Metodologi Penelitian Kesehatan (III). Rineka Cipta.
Nurlina, D. 2018. Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Kepuasan Pasien Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Tni Ad Tk Iv 02.07.04 Bandar Lampung Tahun 2017. Tesis. Medan: IKES Helvetia.
Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PermenPAN&RB) RI No. 14 Tahun 2017 Tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik.
Permenkes No. 47 Tahun 2018.Tentang Pelayanan Kegawatdaruratan. Diakses dari https://yankes.kemkes.go.id/unduhan/fileunduhan_1661490033_323814.pdf, tanggal 23 Januari 2024.
Permenkes No. 4 Tahun 2019. Tentang Standar Teknis Mutu Pelayanan Dasar pada Standar Pelayanan Minimal Bidang Kesehatan. Diakses dari https://yankes.kemkes.go.id/unduhan/fileunduhan_1658478053_187189.pdf , tanggal 23 Januari 2024.
Permenkes No. 3 Tahun 2020. Tentang Klasifikasi dan Perizinan Rumah Sakit. Diakses dari http://hukor.kemkes.go.id/uploads/produk_hukum/PMK_No__3_Th_2020_ttg_Klasifikasi_dan_Perizinan_Rumah_Sakit.pdf, tanggal 23 Januari 2024.
Permenkes No. 30 Tahun 2022. Tentang Mutu Pelayanan Kesehatan. Diakses dari https://peraturan.bpk.go.id/Details/245550/permenkes-no-30-tahun-2022.
Permenkes No. 47 Tahun 2018.Tentang Pelayanan Kegawatdaruratan. Diakses dari https://yankes.kemkes.go.id/unduhan/fileunduhan_1661490033_323814.pdf, tanggal 23 Januari 2024.
Putri, A.W. 2015. Analisis Pengaruh Suhu Udara dan Kelembaban Ruangan dengan Air Conditioning Terhadap Respon Subyektif dan Kenyamanan Termal pada Perempuan. Universitas Gajah Mada.
Ratri, E., N & Hartutik, S. 2016. Faktor Kepuasan Pasien Tentang Mutu Pelayanan Perawatan Pada Pasien Bedah Di RSUD Dr. Moewardi Surakarta. Stikes Aisyiysh Surakarta. Jurnal Gaster 14, 1. RSUD Siti Fatimah Provinsi Sumatera Selatan. 2024. Diakses dari http://rsud.sumselprov.go.id/, tanggal 23 Januari 2024.
Satwiko, Prasasto. 2009. Fisika Bangunan. Edisi 1 ANDI. Yogyakarta. H. 5.
Satwiko, Prasasto. 2009. Fisika Bangunan. Edisi 1 ANDI. Yogyakarta. H. 5.
Syahza, A. 2021. Metodologi Penelitian Penerbit Ur Press Pekanbaru 2021 Edisi Revisi Tahun 2021. Pekan Baru: Ur Press Pekanbaru.
Suciati, G, dkk. 2022. Analisis Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Di Rumah Sakit Umum Daerah Dr. H. Mohamad Rabain Kabupaten Muara Enim Tahun 2022.
Wahyuningsih, S, dkk. 2021. Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Rocket Chicken Kota Bima.
Wulandari, Z dan Sundari. 2024. Hubungan Waktu Tanggap Kegawatdaruratan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Di Instalasi Gawat Darurat Rsud Kabupaten Bekasi.
Yuniarti, S. 2023. Analisis Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan di Unit Rawat Jalan Poliklinik Orthopedi dan Traumatologi di RSUD dr. H. Mohammad Rabain Kabupaten Muara Enim Tahun 2023.
Utari, E, dkk. 2015. Hubungan antara Kenyamanan dengan Kepuasan Pasien BPJS dan Kompetensi Tenaga Medis dengan Kepuasan Pasien BPJS Ruang Rawat Penyakit Dalam Rumah Sakit dr. Abdul Moeloek
DOI: https://doi.org/10.33024/jikk.v11i12.16319
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-nc4.footer##
Pendidikan Dokter Universitas Malahayati Lampung

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.