Gambaran Status Gizi Pada Anak Usia Sekolah Dasar Di Kecamatan Kuta Baro Kabupaten Aceh Besar

Ayunda Isfahani, Isfanda Isfanda, Yuni Rahmayanti

Sari


Status gizi merupakan keseimbangan antara asupan gizi yang diterima dengan yang dibutuhkan tubuh. Ketidakseimbangan ini dapat menyebabkan malnutrisi, baik dalam bentuk gizi kurang maupun gizi lebih, yang berpengaruh terhadap kesehatan anak usia sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi status gizi anak sekolah dasar di Kecamatan Kuta Baro, Provinsi Aceh. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pengambilan data melalui pengukuran antropometri. Sampel penelitian terdiri atas 164 siswa sekolah dasar. Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif untuk melihat distribusi status gizi responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 58,3% siswa memiliki status gizi baik, 33,5% mengalami gizi kurang, 6,1% mengalami gizi lebih, dan 3,1% tergolong obesitas. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa mayoritas siswa memiliki status gizi baik, namun masih terdapat proporsi yang mengalami gizi kurang dan gizi lebih. Diperlukan perhatian lebih lanjut terhadap status gizi anak sekolah guna mencegah dampak negatif terhadap pertumbuhan dan perkembangan mereka.


Kata Kunci


Antropometri; status gizi; siswa sekolah dasar

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Fernández-Lázaro D, Seco-Calvo J. Nutrition, Nutritional Status and Functionality. Nutrients. 2023;15(8):1-2. doi:10.3390/nu15081944.

World Health Organization (WHO). Nutrition. Accessed December 4, 2023. https://www.who.int/health-topics/nutrition.

Kementrialn Kesehaltaln Republik Indonesial. (2020). Peralturaln Menteri Kesehaltaln Republik Indonesial Nomor 2 Talhun 2020 Tentalng Stalndalr ALntropometri ALnalk.

Thurstans S, Sessions N, Dolan C, et al. The relationship between wasting and stunting in young children: A systematic review. Matern Child Nutr. 2022;18(1). doi:10.1111/mcn.13246.

Leviana, S., & Agustina, Y. (2024). Analisis Pola Makan dengan Status Gizi pada Siswa-Siswi Kelas V di SDN Jatiwaringin XII Kota Bekasi. MANUJU: Malahayati Nursing Journal, 6(4), 1635-1656. DOI: 10.33024/mnj.v6i4.10864.

Hamzah, H., Hasrul, H., & Hafid, A. (2020). Pengaruh Pola Makan Terhadap Status Gizi Anak Sekolah Dasar. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah, 5(2), 70-75.

Ferrie S. What is nutritional assessment? A quick guide for critical care clinicians. Australian Critical Care. 2020;33(3):295-299. doi:10.1016/j.aucc.2020.02.005.

NACS. Nutrition Assessment, Counseling, and Support (NACS): A

User’s Guide—Module 2: Nutrition Assessment and Classification, Version 2. Nutrition Assessment, Counseling, and Support (NACS). 2:1-12.

Hayatunnufus, Mulyatina, Desreza N. Hubungan Tingkat Status Gizi Anak Usia Sekolah dengan Prestasi Belajar Murid Sekolah Dasar Dham Ceukok Kecamatan Ingin Jaya Kabupaten Aceh Besar. Aceh Medika. 2021;9623(2):36-46.

Yang F, Yang Y, Zeng L, Chen Y, Zeng G. Nutrition Metabolism and Infections. Infectious Microbes and Diseases. 2021;3(3):134-141. doi:10.1097/IM9.0000000000000061.




DOI: https://doi.org/10.33024/jikk.v12i2.17146

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-nc4.footer##

Pendidikan Dokter Universitas Malahayati Lampung



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.