Gambaran Pembelajaran Daring Clinical Skill Lab Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Abulyatama

Yulia Anggreini, Rizkidawati Rizkidawati, Syarifah Nora Andriaty

Sari


Clinical Skill Lab (CSL) adalah metode pembelajaran yang berfokus untuk mempersiapkan mahasiswa kedokteran dalam memiliki keterampilan dari segi komunikasi, pemeriksaan fisik, serta tindakan medik. Saat pandemi Covid-19, pembelajaran CSL dilakukan secara daring yang merupakan metode pembelajaran menggunakan teknologi digital. Pada metode belajar secara daring terdapat beberapa hal yang menjadi penghambat efektivitas pembelajaran seperti minimnya ketersediaan alat dan bahan, materi yang disajikan dalam bentuk video kurang dapat dipahami oleh mahasiswa, serta kurang kondusifnya lingkungan belajar. Tujuan umum dari penelitian ini ialah untuk mengetahui gambaran dari hasil pembelajaran CSL secara daring pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Abulyatama. Jenis penelitian ini menggunakan jenis kuantitatif dengan pendekatan analisis deskriptif dan menggunakan teknik selective sampling untuk pengambilan sampel, total seluruh sampel sebanyak 63 responden dari mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Abulyatama angkatan 2020 yang pernah mengikuti pembelajaran CSL secara daring.  Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa gambaran dari proses pembelajaran daring Clinical Skill Lab didominasi dengan kategori baik sebanyak 55 responden (87.3%) yang berarti mahasiswa sudah hampir mampu beradaptasi dengan metode pembelajaran daring.


Kata Kunci


Pembelajaran daring; Clinical Skill Lab; Fakultas Kedokteran

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ayu, I., Wida, G., Ganesha, I. G. H., Mayura, I. P. B., Studi, P., Kedokteran, S., Kedokteran, F., Udayana, U., Pendidikan, D., Kedokteran, F., & Udayana, U. (2023). Persepsi Mahasiswa Pendidikan Dokter Universitas Udayana terhadap Perkuliahan Luring dan Daring dalam Pembelajaran Basic Science. 12(12), 133–138.

Baticulon, R. E., Sy, J. J., Alberto, N. R. I., Baron, M. B. C., Mabulay, R. E. C., Rizada, L. G. T., Tiu, C. J. S., Clarion, C. A., & Reyes, J. C. B. (2021). Barriers to Online Learning in the Time of COVID-19: A National Survey of Medical Students in the Philippines. Medical Science Educator, 31(2), 615–626. https://doi.org/10.1007/s40670-021-01231-z

Chaerunnisa, L. Y. (2020). Analisis Proses Pembelajaran Dalam Jaringan ( Daring ) Masa Pandemi Covid-19 Pada Guru Mi Miftahul Akhlaqiyah Bringin Semarang.

Eka Puspita Galuh, E. al. (2023). Perbandingan Nilai Indeks Prestasi Terhadap Studi Pembelajaran Daring dan Luring di Semester Awal Sebelum Sampai Pertengahan Pandemi Covid-19 Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Wijaya Kusuma Surabaya Angkatan 2019 Galuh. 1(1), 37–42.

Enrico, R. M. A. (2023). Evaluasi Pembelajaran Clinical Skills Lab Secara dalam Jaringan (Daring) Selama Masa Pandemi Covid-19 Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. Journal of Engineering Research.

Gunanti, N. P. T. A. (2021). Gambaran persepsi mahasiswa prodi sarjana keperawatan itekes bali dalam menghadapi pembelajaran daring di masa pandemi covid-19.

Jefri, M., Anggraini, D., & Zulyati Oktora, M. (2022). Validitas dan Reliabilitas Kuesioner Penilaian Pembelajaran Skills Lab Secara Daring pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Baiturrahmah Padang. Scientific Journal, 1(1), 36–45.

https://doi.org/10.56260/sciena.v1i1.16

Khairani, adistia N. (2018). Persepsi Mahasiswa Tentang Constructive Feedback yang Diberikan oleh Instruktur saat Skills Lab Prostodonsia.

Koesmawan, A. (2022). Perbandingan Proses Pembelajaran Skill Lab Secara Daring dengan Pengulangan Pembelajaran Skill Lab Luring pada Saat PTMT. 12.

Kurniati, R. A., & Setyowibowo, F. (2023). Pembelajaran Daring dan Manajemen Waktu terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa pada Masa Pandemi Covid-19. 11(1), 1–9.

Lestari, A. (2021). Strategi Mahasiswa dalam Meningkatkan Minat Belajar Self Efficacy, Self Regulated pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. 21(3), 239–254.

Pangondian, R. A., Santosa, P. I., & Nugroho, E. (2019). Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Kesuksesan Pembelajaran Daring. 56–60.

Pasaribu, P. Y. (2022). Gambaran Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Skill Lab Daring di Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Jambi Pada Masa Pandemi Covid-19. In הארץ (Issue 8.5.2017). Universitas Jambi.

Pashler, H., McDaniel, M., Rohrer, D., Bjork, R. (2021). Learning Style: Concepts and Evidence.

Patmawati, et. al. (2022). Analisis Pembelajaran Daring Masa

Pandemi COVID-19 Pada Program Studi Pendidikan Dokter. Jurnal

Kedokteran Dan Kesehatan, 18, No. 2, 185–195.

Putri, T. E. (2022). Persepsi Mahasiswa Terhadap Pembelajaran Keterampilan Klinis Secara Daring pada Era Pandemi Covid-19 di Program Studi Pendidikan Dokter Universitas Lampung: Sebuah Studi Kualitatif.

Safril, I., Gamya Tri Utami, & Yesi Hasneli. (2023). Gambaran Persepsi Mahasiswa terhadap Pembelajaran Skill Lab Secara Daring di Fakultas Keperawatan. Indonesian Journal of Nursing Research (IJNR), 6(1), 27–31. https://doi.org/10.35473/ijnr.v6i1.1702

Sakinah, sekar P. (2021). Analisis Pengaruh Penerapan Metode Video Ajar Terhadap Efektivitas Belajar Mahasiswa Blok Clinical Skill Laboratory Tahun Ajaran 2019/2020 Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Makassar.

Sari, Morita, D. (2023). Capaian pembelajaran skill lab daring pada mahasiswa program pendidikan sarjana kedokteran gigi Indonesia pada masa pandemi COVID-19. Padjadjaran Journal of Dental Researchers and Students, 7(3), 291–299.

https://doi.org/10.24198/pjdrs.v7i3.49975

Schuck, D.H., Dibenedetto, M. . (2020). Motivation and Social Cognitive Theory. Contemporary Educational Psychology.




DOI: https://doi.org/10.33024/jikk.v12i3.17258

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-nc4.footer##

Pendidikan Dokter Universitas Malahayati Lampung



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.