Hubungan Regulasi Emosi Dan Tipe Kepribadian Terhadap Tingkat Stres Pada Mahasiswa Program Studi Kedokteran Universitas Tanjungpura

Dwi Nisa Anindi, Mistika Zakiah, Syarifah N.Y.R.S.A

Sari


Stres adalah cara dari tubuh kita menilai apakah ada sesuatu yang berbahaya, ataupun mengancam diri. Mahasiswa kedokteran yang mengalami stres memungkinkan dirinya sulit membangun interaksi positif terhadap pasiennya. Hal itu dapat memicu ketidakpuasan pasien dalam pelayanan kesehatan khususnya terhadap praktik klinis. Elemen yang berperan dalam memunculkan adalanya stres salah satu faktornya adalah tipe kepribadian. Ekstrovert dan Introvert adalah dua tipe kepribadian yang dinilai dari interaksi diri terhadap lingkungan. Penelitian ini menantikan hasil yang bertujuan untuk mengetahui adakah hubungan dari regulasi emosi dan tipe kepribadian terhadap tingkat stres pada mahasiswa Program Studi Kedokteran Universitas Tanjungpura periode 2021. Penelitian kuantitatif dipilih pada penelitian ini dengan studo analitik cross-sectional yang pengambilan datanya menggunakan metode simple random sampling. Delapan puluh mahasiswa periode 2021 yang aktif dalam perkuliahan menjadi sampel dalam penelitian ini. Berdasarkan analisis statistik hubungan regulasi emosi terhadap stress di nilai signifikan dengan nilai (p) yang didapatkan adalah 0,027 dan hubungan dari tipe kepribadian terhadap tingkat stres dengan (p) sebesar 0,017 di nilai signifikan. Terdapat hubungan antara regulasi emosi dan tipe kepribadian terhadap ringan dan berat tingkat stres pada mahasiswa Program Studi Kedokteran Universitas Tanjungpura periode 2021.


Kata Kunci


Regulasi Emosi; Tipe Kepribadian; Tingkat Stres

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Almusharraf, A., & Almusharraf, N. (2021). Socio-interactive practices and personality within an EFL online learning environments. Education and Information Technologies, 26(4), 3947-3966.

Arumsari, C., & Yulianto, E. (2022). Pentingnya Mental Tangguh Di Masa Transisi Pandemic Covid-19. Jurnal Prakarsa Paedagogia, 5(1).

Bella, M. M., & Ratna, L. W. (2018). Perilaku malas belajar mahasiswa di lingkungan kampus Universitas Trunojoyo Madura. Competence: Journal of Management Studies, 2, 12.

Cohen, S., Kamarck, T., & Mermelstein, R. (1983). A global measure of perceived stress. Journal of Health and Social Behavior, 24(4), 385–396. https://doi.org/10.2307/2136404

Eysenck, H. J., & Eysenck, S. B. G. (1975). Manual of the Eysenck Personality Questionnaire. London: Hodder & Stoughton.

Fetri, Svetri Linasari (2016). Hubungan Tipe Kepribadian dengan Tingkat Stres pada Mahasiswa Baru Fakultas Kedokteran Universitas Andalas tahun 2016. Padang: Universitas Andalas.

Fidhiani, T. (2020). Hubungan tingkat stres akademik terhadap kejadian sleep paralysis pada mahasiswa kedokteran tingkat I Fakultas Kedokteran Universitas Tanjungpura [Skripsi, Universitas Tanjungpura].

Ghoni, A., & Bodroastuti, T. (2012). Pengaruh faktor budaya, sosial, pribadi dan psikologi terhadap perilaku konsumen (studi pada pembelian rumah di perumahan griya utama Banjardowo Semarang). Jurnal Kajian Akuntansi dan Bisnis, 1(1).

Gross, J. J., & John, O. P. (2003). Individual differences in two emotion regulation processes: Implications for affect, relationships, and well-being. Journal of Personality and Social Psychology, 85(2), 348–362. https://doi.org/10.1037/0022-3514.85.2.348

Gunawan, A., & Bintari, D. R. (2021). Psychological Well-Being, Stress, and Emotion Regulation in First Year College Student during COVID-19. JPPP-Jurnal Penelitian dan Pengukuran Psikologi, 10(1), 51-64.

Gusmaniarti, G., & Suweleh, W. (2019). Analisis perilaku home service orangtua terhadap perkembangan kemandirian dan tanggung jawab anak. Analisis Perilaku Home Service Orangtua Terhadap Perkembangan Kemandirian Dan Tanggung Jawab Anak, 2(1), 27-37.

Hafifah, N., Widiani, E., & Rahayu, W. (2017). Perbedaan Stres Akademik Pada Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan Berdasarkan Jenis Kelamin Di Fakultas Kesehatan Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang. Nursing News: Jurnal Ilmiah Keperawatan, 2(3).

Ilyas Raif Muyassar (2021). Hubungan Tipe Kepribadian dengan Stres Kerja Perawat Dalam Masa Pandemi Covid-19 di Rumah Sakit Daerah Kalisat. Jember: Universitas Muhamadiyah Jember.

Janah, M. R. (2015). Regulasi Emosi dalam Menyelesaikan Permasalahan pada Remaja.Talenta Psikologi, 4(1), 6- 15.

Kohli, S., & Malhotra, S. (2008). Interplay of type a behaviour and emotional immaturity as psychological risk factors of coronary heart disease. Indian Academy of Clinical Medicine, 9(3), 179-83.

Larasati, N. I. A., & Desiningrum, D. R. (2018). Hubungan antara kelekatan aman dengan ibu dan regulasi emosi siswa kelas X SMA Negeri 3 Salatiga. Jurnal Empati, 6(3), 127-133.

Legiran, L. (2015). Plagiarism_Legiran_Faktor Risiko Stres dan Perbedaannya pada Mahasiswa Berbagai Angkatan di Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Palembang.

Makal, A. I., Amisi, M. D., & Sanggelorang, Y. (2022). Gambaran Stres dan Citra Tubuh pada Penduduk Usia 18-30 Tahun pada Masa Pandemi Covid 19. Indonesian Journal of Public Health and Community Medicine, 2(3), 058-065.

Maulina, B., & Sari, D. R. (2018). Derajat stres mahasiswa baru Fakultas Kedokteran ditinjau dari tingkat penyesuaian diri terhadap tuntutan akademik. J. Psikol. Pendidik. dan Konseling J. Kaji. Psikol. Pendidik. dan Bimbing. Konseling, 4(1).

Nasrani, L., & Purnawati, S. (2015). Perbedaan tingkat stres antara laki-laki dan perempuan pada peserta yoga di kota Denpasar. E-Jurnal Medika Udayana, 4(12), 1-7.

Pamungkas, A. (2020). Tipe Kepribadian Ektrovert-Introvert dan Kecemasan Mahasiswa pada masa Pandemi Covid-19. Syams: Jurnal Kajian Keislaman, 1(2), 36-42.

Putri, R. (2015). Regulasi emosi pada mahasiswa Fakultas Psikologi Universitas Padjajaran yang bermain angklung. Jurnal Psikologi, 3(2), 18-27.

Rahmawati, A., & Suharso, S. (2015). Faktor determinan konsep diri siswa kelas VIII di SMP negeri se-kota semarang. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 4(1).

Rahmayani, R. D., Liza, R. G., & Syah, N. A. (2019). Gambaran tingkat stres berdasarkan stressor pada mahasiswa kedokteran tahun pertama Program Studi Profesi Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Andalas Angkatan 2017. Jurnal Kesehatan Andalas, 8(1), 103-111.

Rahmi, A. (2017). Penerapan model konseling islam dalam membantu kesadaran beragama pada remaja menjadi pribadi berakhlakul karimah. Jurnal Al-Taujih: Bingkai Bimbingan dan Konseling Islami, 3(2), 29-38.

Rubiani, A., & Sembiring, S. M. (2018). Perbedaan regulasi emosi pada remaja ditinjau dari faktor usia di sekolah yayasan pendidikan islam swasta Amir Hamzah Medan. Jurnal Diversita, 4(2), 99-108.

Safitra, R. P. (2021). Differences Between Introvert and Extrovert Personality On Depression Level In Students Of Medical Education Programs Faculty Of Medicine 2017 Tanjungpura University. Jurnal Nasional Ilmu Kesehatan, 4(1).

Sani, M., Mahfouz, M. S., Bani, I., Alsomily, A. H., Alagi, D., & Alsomily, N. Y., et al. (2012). Prevalence of stress among medical students in Jizan University, Kingdom of Saudi Arabia. Gulf Medical Journal, 1(1), 19-25.

Sohail, N. (2013). Stress and academic performance among medical students. Journal of College Physicians and Surgeons Pakistan, 23(1), 67-71.

Tarigan, J. H., Syauqie, M., & Utama, B. I. (2021). Hubungan miopia dengan skor IQ (Intelligence Quotient) pada siswa SMP Negeri 1 Kota Padang. Jurnal Ilmu Kesehatan Indonesia, 2(1), 138-142.

Tiara Fidhiani (2020). Hubungan Tingkat Stres Akademik Terhadap Kejadian Sleep Paralysis Pada Mahasiswa Kedokteran Tingkat I Fakultas Kedokteran Universitas Tanjungpura. Pontianak: Unversitas Tanjungpura.

Yolanda, W. G., & Wismanto, Y. B. (2017). Perbedaan regulasi emosi dan jenis kelamin pada Mahasiswa yang bersuku Batak dan Jawa. PSIKODIMENSIA, 16(1), 72-80.

Zahratul, N. (2015). Hubungan Regulasi Emosi dengan Stres Pada Mahasiswa Tingkat Akhir Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala Banda Aceh [Skripsi, Universitas Syiah Kuala].




DOI: https://doi.org/10.33024/jikk.v12i3.17841

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-nc4.footer##

Pendidikan Dokter Universitas Malahayati Lampung



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.