Perbandingan Kepuasan Pasien Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) Tentang Mutu Pelayanan Antar Kelas Di Rumah Sakit Ibu Dan Anak (RSIA) Sitti Khadijah 1 Muhammadiyah Cabang Makassar

Besse Sitti Hajar, Rezkiawati Anma, Zakiyah Ramdlani Hamzah3

Sari


Kepuasan pasien merupakan hal terpenting dalam penyelenggaraan pelayanan kesehatan.Tujuannya untuk melihat perbandingan kepuasan pasien JKN tentang mutu pelayanan antar kelas di RSIA Sitti Khadijah 1 Muhammadiyah Cab.Makassar. Metode yang digunakan penelitian kuantitatif dengan desain deskriptif. Respondennya adalah pasien di instalasi rawat inap RSIA Sitti Khadijah 1 Muhammadiyah Cab. Makassar. Teknik proportional stratified random sampling digunakan dalam pengambilan sampel dengan total 108 responden. Alat pengumpulan data adalah kuesioner kepusan pasien yang diadopsi dari kuesioner Sower,V DuffynThe dimensions of service quality for hospitals: development and use of the KQCAH scale tahun 2001. Penelitian dianalisis menggunakan analisis deskriptif dengan program Statistical Package for the Sosial Sciences (SPSS). Hasilnya menunjukkan bahwa dimensi Aprropriateness tingkat kepuasan pasien paling rendah di kelas 2 sebanyak 31 (86,1%). Dimensi countinue of Care tingkat kepuasan pasien paling rendah di kelas 3 sebanyak 33 (91,7%) responden. Dimensi Safety tingkat kepuasan pasien paling rendah di kelas 1 yaitu sebanyak 33 (91,7%) responden. Dimensi Timeless  tingkat kepuasan pasien paling rendah di kelas 3 sebanyak 35 (97,2%) responden dan dimensi availability, effectiveness,respect and caring tergolong puas sebanyak 36 (100,0%). Kesimpulannya kepuasan pasien tentang mutu pelayanan paling rendah pada dimensi Appropriateness di kelas 2 yaitu sebanyak 31 (86,1%) responden. 


Kata Kunci


Kepuasan Pasien; Mutu Pelayanan; Perbandingan antar kelas

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Permenkes, Pub. L. No. 28 (2014).

Pertiwi, A. (2017). Analisis Perbedaan Kualitas Pelayanan Pada Pasien Bpjs Dan Pasien Umum Terhadap Kepuasan Pasien Di Rawat Jalan Rsud Kota Surakarta. Jurnal Manajemen Dayasaing, 18(2), 113–121. Https://Doi.Org/10.23917/Dayasaing.V18i2.4508

Pohan. (2006). Jaminan Mutu Layanan Kesehatan: Dasar-Dasar Pengertian Dan Penerapan. Buku Kedokteran Egc.

Rengkuan, S. R., Kandou, G. D., Tilaar, C., & J V L Ratumbuysang Manado, R. S. (2015). Hubungan Antara Persepsi Pasien Umum Tentang Bauran Pemasaran Jasa Dengan Loyalitas Pasien Di Instalasi Rawat Jalan Rs Advent Manado.

Ryandini, T. P., & Hakim, L. (2019). Hubungan Mutu Pelayanan Keperawatan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Di Ruang Asoka Rsud Dr. R. Koesma Tuban. Arteri : Jurnal Ilmu Kesehatan, 1(1), 85–93. Https://Doi.Org/10.37148/Arteri.V1i1.7

Sesrianty, V., Machmud, R., & Yeni, F. (2019). Analisa Kepuasan Pasien Terhadap Mutu Pelayanan Keperawatan. Jurnal Kesehatan Perintis , 116–126.

Sower, V., Duffy, J., Kilbourne, W., & Koders, G. (1998). The Dimensions Of Service Quality For Hospitals:Development And Use Of The Kqcah Scale.

Sukino. (2022). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Perawatan Pada Masa Pendemi Covid-19 Di Instalasi Gawat Darurat Rumah Sakit Umum Daerah Dr.Moewardi.

Supandri, O., Ketaren, O., & Veronika, L. R. (2019). Perbedaan Kualitas Pelayanan Pada Pasien Bpjs Dan Pasien Umum Rawat Inap Di Rumah Sakit Muhammadiyah Medan Tahun 2019. Jurnal Ilmiah Simantek, 48–60.

Tan Sayori, F., Maidin, A., Sudirman, I., Manajemen Pelayanan Kesehatan, B., Kesehatan Masyarakat, F., Hasanuddin, U., Epidemiologi, B., Alamat Korespondensi, M., & Tan Sayori Fakultas Kesehatan Masyarakat, F. (2013). Mutu Pelayanan Rawat Inap Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Di Rsud Jayapura Propinsi Papua Tahun 2013.

Toruan, E. M. L. (2017). Pengaruh Mutu Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Di Rumah Sakit Pelabuhan Medan (Prima Husada Cipta). 6–38.

Yudha Utama, P., & Listyorini, S. (2013). Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Inap Rumah Sakit Islam Sultan Agung Semarang Dilihat Dari Dimensi Kualitas Pelayanan.




DOI: https://doi.org/10.33024/jikk.v11i12.18891

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-nc4.footer##

Pendidikan Dokter Universitas Malahayati Lampung



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.