Persepsi Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Semarang Terhadap Interprofessional Education

Muhammad Hafis Sulistio, Mega Pandu Arfiyanti, Devita Diatri

Sari


Interprofessional Education (IPE) adalah salah satu upaya untuk merealisasikan kolaborasi yang efektif antar profesi. Studi pendahuluan pada mahasiswa FK Unimus angkatan 2020 terdapat jawaban yang mempunyai sifat merasa lebih tinggi dari profesi lain, hal tersebut menunjukkan profesionalisme yang kurang baik sebagai tenaga kesehatan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui persepsi mahasiswa FK Unimus angkatan 2021 terhadap IPE. Penelitian deksriptif dengan pendekatan Cross Sectional. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa angkatan 2021 FK Unimus pada bulan Juni - Desember tahun 2024 yang memenuhi kriteria inklusi dan ekslusi. Sampel dipilih dengan teknik total sampling dengan jumlah 135 sampel. Persepsi terhadap IPE diambil dengan instrumen kuesioner IEPS. Hasil menunjukkan persepsi mahasiswa FK Unimus terhadap IPE subskala Kompetensi dan Otonomi persepsi yang baik (97,03%), subskala Kebutuhan Untuk Bekerja Sama persepsi yang baik (91,85%), subskala Bekerja Sama yang Sesungguhnya persepsi yang baik (98,51%), dan Subskala Pemahaman terhadap Profesi Lain persepsi yang sedang (56,29%). Kesimpulannya adalah persepsi mahasiswa FK Unimus terhadap IPE Berdasarkan Keseluruhan Item IEPS modifikasi mempunyai persepsi yang baik (96,29%).


Kata Kunci


Persepsi; Interprofessional Education; Mahasiswa; Interprofessional Education Perception Scale

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ateah, C.A., Snow, W., Wener, P., MacDonald, L., Metge, C., Davis, P., Fricke, M., Ludwig, S., Anderson, J., 2011. Stereotyping as a barrier to collaboration: Does interprofessional education make a difference? Nurse Educ. Today 31, 208–213.

Carter, B.L., Bergus, G.R., Dawson, J.D., Farris, K.B., Doucette, W.R., Chrischilles, E.A., Hartz, A.J., 2008. A cluster randomized trial to evaluate physician/pharmacist collaboration to improve blood pressure control. J. Clin. Hypertens. 10, 260–271.

Fattah, H., 2017. Studi Implementasi Interprofesional Education (IPE) di Universitas Gadjah Mada (UGM). Fak. Kedokt. dan Ilmu Kesehat. Univ. Islam Negeri Alauddin Makassar 1–73.

Ford J, G.C., 2021. Interprofessional Education Handbook CAIPE [Internet]. 4th ed. Centre for the Advancement of Interprofessional Education . England;

Gilbert, J.H.V., Yan, J., Hoffman, S.J., 2010. A WHO report: Framework for action on interprofessional education and collaborative practice. J. Allied Health 39, 196–197.

Hakim, A.K., Putri, S.N.M., 2022. Pengaruh Komunikasi Internal dan Kerjasama Tim terhadap Kualitas Kerja Karyawan RSI Mabarrot MWC NU Bungah Gresik. J. Islam. Manag. 2, 12–24.

Hardin, 2019. Faktor-faktor yang berhubungan dengan Praktik Kolaborasi Perawat-Dokter di RSUD Sawerigading Palopo dan RSUD Andi Djemma Masamba. J. Fenom. Kesehat. 02, 155–164.

Irawati, A., Herawati, F., Wiyono, H., Yulia, R., 2022. Optimalisasi Clinical Pathway “Penggunaan Antibiotik” dalam Praktik Kolaborasi Interprofesional Manajemen Perawatan Pasien Bedah Ortopedi di

Surabaya. MPI (Media Pharm. Indones. 4, 75–83.

Kroboth, P., Crismon, L.M., Daniels, C., Hogue, M., Reed, L., Johnson, L., Robinson, D., Scott, S., Smith, M., Maine, L.L., 2007. Getting to Solutions in Interprofessional Education: Report of the 2006–2007 Professional Affairs Committee. Am. J. Pharm. Educ. 71, S19.

Lee, Y.H., Ahn, D., Moon, J., Han, K., 2014. Perception of interprofessional conflicts and interprofessional education by doctors and nurses. Korean J. Med. Educ. 26, 257–264.

Luecht, R.M., Madsen, M.K., Taugher, M.P., & Petterson, B.., 1990. Assessing Professional Perceptions: Design and Validation of an Interdisciplinary Education Perceptions Scale. Journal of Allied health, Spring, 181-191. 2003–2005.

McFadyen, A.K., Maclaren, W.M., Webster, V.S., 2007. The Interdisciplinary Education Perception Scale (IEPS): An alternative remodelled sub-scale structure and its reliability. J. Interprof. Care 21, 433–443.

Morison, S., Boohan, M., Moutray, M., Jenkins, J., 2004. Developing pre-qualification inter-professional education for nursing and medical students: Sampling student attitudes to guide development. Nurse Educ. Pract. 4, 20–29.

Putri, D., Masrul, M., Maputra, Y., 2020. Pengaruh Penerapan Praktik Interprofessional Education Terhadap Tingkat Kepuasan Ibu Yang Mengikuti Kelas Ibu Hamil Di Puskesmas Kota Bukittinggi. J. Kesehat. Andalas 8, 71–80.

R., P., 2016. Persepsi Dosen tentang Interprofesional Education (IPE) di Universitas Muhammadiyah Surakarta. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Saraswati, P.A.S., Nugraha, M.H.S., 2020. Tampilan Persepsi Komunikasi dan Akomodasi pada Mahasiswa yang Melaksanakan Interprofessional Education di Universitas Udayana.pdf. Persepsi Komun. Dan Akomodasi Pada Mhs. Yang Melaksanakan Interprofessional Educ. Di Univ. Udayana 1, 47–54.

Sedyowinarso, M., Fauziah, F., Aryakhiyati, N., Munira, L., Sulistyowati, E., 2011. Persepsi dan Kesiapan Mahasiswa dan Dosen Pendidik terhadap Model Pembelajaran Interprofessional Education (IPE). Heal. Prof. Educ. Qual. Proj. Direktorat Pendidik. Tinggi Kementeri. Pendidik. Nas. RI. 82.

Setiawan, C.H., Suhadi, R., Hendra, P., Fenty, F., Virginia, D.M., Wikanendra, G.B., 2020. Effects of Interprofessional Collaboration Program in Community on the Perception of Pharmacy and Medical Students. J. Pharm. Sci. Community 17, 112–119.

Ulung Devica, 2014. Persepsi Mahasiswa Fakultas Kedokteran Dan Ilmu Kesehatan Uin Syarif Hidayatullah Jakarta Terhadap Interprofessional Education. Jurnak Fak. Kedokt.

Yusuf, S., 2015. Pengembangan Model Interprofessional Education di FIK UIN Alauddin Makassar. Fak. Ilmu Kesehat. UIN Alauddin Makasar 1, 21–35.




DOI: https://doi.org/10.33024/jikk.v12i5.19177

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-nc4.footer##

Pendidikan Dokter Universitas Malahayati Lampung



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.