Hubungan Penggunaan Gadget Dengan Perkembangan Emosional Pada Anak Usia Sekolah Di SDN 01 Sambiroto Kota Semarang
Sari
Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi di zaman modern berkembang dengan pesat, dan industri gadget adalah salah satu contohnya. Banyak kebiasaan gaya hidup yang berubah akibat penggunaan gadget, terutama pada anak muda, yang mungkin mengembangkan kecanduan atau ketergantungan pada gadget tanpa menyadarinya. Emosi seperti gelisah, tidak bahagia, kecewa, marah, dan cemas akan muncul saat mereka tidak menggunakan gawai mereka. Penelitian ini bertujuan untuk memastikan bagaimana siswa usia sekolah di SDN 01 Sambiroto, Kota Semarang, mengaitkan penggunaan gadget dengan perkembangan emosi mereka. Penelitian ini menggunakan pendekatan cross-sectional dan bersifat kuantitatif. Anak-anak kelas 4-6 di SDN 01 Sambiroto, Kota Semarang menjadi partisipan penelitian, dan purposive sampling digunakan untuk memilih 74 responden. Kuesioner digunakan untuk mengumpulkan data. Kuesioner yang digunakan yakni Kuesioner penggunaan gadget dan Kuesioner Strength and Difficulties Questionnaire (SDQ). Analisis hubungan menggunakan uji rank spearman. Mayoritas frekuensi penggunaan gadget yang buruk sejumlah 56 responden (75,7%) dan mayoritas memiliki tingkat kekuatan dan kesulitan abnormal sejumlah 72 responden (97,3%). Pada analisis uji rank spearman menunjukkan terdapat hubungan penggunaan gadget dengan perkembangan emosional (p=0,000) dan (r=0,747). Menunjukkan Hubungan penggunaan gadget dengan kekuatan dan kesulitan anak memperlihatkan koefisien korelasi senilai 0.000. Ini menandakan adanya arah hubungan yang positif dan kuat kedua variabel tersebut.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Agustin R, Saidah Q, et all. (2019). The Relationship Between The Use of Gadget and Emotional Development of Preschool Children. The Malaysian Journal of Nursing; 11(2): 97-102.
Amelia AH, Barat J. (2022). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Emosional Anak Usia 5-6 Tahun (Studi Kasus di SPS Taam Annuur Kota Tasikmalaya). Jurnal Kewarganegaraan; 6(2).
Asiah SN, Pranoto BA, Sunarsih D, Triputra DR. (2022) Faktor
Kecanduan Gadget Terhadap Perilaku Sosial Peserta Didik Kelas V. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan [Internet].;8(17):465–74.
Astarani K, Taviyanda D, Tabita A, et all. (2023). Edukasi Pengaruh Gadget Terhadap Perkembangan Emosional Anak Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pengabdian Masyarakat; 3(1):116-126.
Elsi R, Marlin S, Ravika R. (2022). Dampak Penggunaan Gadget Dengan Perkembangan Emosional Pada Anak Usia Prasekolah. Sehat Rakyat: Jurnal Kesehatan Masyarakat. 29;1(4):448–54.
Farizal E. (2018). Hubungan Pengetahuan Orang Tua Tentang Penggunaan Gadget Pada Anak Usia 2-5 Tahun Terhadap Dampak Penggunaan Gadget di Wilayah Kerja Puskesmas Berseri Pangkalan Kerinci Kabupaten Pelalawan Tahun 2018. 7(12). Jurnal Menara Ilmu; 12(12):140-147.
Hidayat A. (2023). Pengaruh Gadget Terhadap Perkembangan Emosional Anak Usia Dini di Desa Ujunggurap Kecamatan Padangsidimpuan Batunadua. Jurnal Al-Irsyad: Jurnal Bimbingan Konseling Islam; 4(2):317-334
Irma SS. (2022). Dampak Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Dini. Studi Kasus Pada Anak Usia Dini Desa Siolip. Jurnal Pendidikan Islam. Vol.2, Nomor 1.
Khomsah, B. (2023) Pengaruh penggunaan gadget terhadap perkembangan emosional dan akhlak siswa MI Ma’arif NU Kedungrandu Kabupaten Banyumas. Skripsi. Universitas Islam Negeri Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto.
Latifatus S, Deka S, Erik AI. (2021). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perilaku Sosial Anak di Desa Jekulo Kudus. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4); 2132-2140
Maola P, Lestari T. (2021). Pengaruh Gadget Terhadap Perkembangan Sosial Anak Sekolah Dasar. Journal of education 3(15)
Mursidah, U., Sari, Y.P., Bachri, Y., 2024. Hubungan Durasi Penggunaan Gadget terhadap Emosional Anak Usia Sekolah di TK Harapan Bundo. Jurnal Keperawatan Suaka Insan (JKSI); 9, 179–187.
Maola P, Lestari T. (2021) Pengaruh Gadget Terhadap Perkembangan Sosial Anak Sekolah Dasar. Journal of education; 3(15)
Masganti S. (2012). Perkembangan Peserta Didik. Penerbit: Perdana Publishing.
Nabila SIIA, Arum M, Endang S. (2024) Faktor yang Mempengaruhi Sosial-Emosional Anak Usia Dini: Literature Review. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI). 1;7(4):768–77.
Puput OD, Yunida TN, Suryani RL. (2021). Durasi Penggunaan Gadget Terhadap Personal Sosial Pada Anak Usia Prasekolah: Literatur Review [Internet]. Borneo Nursing Journal (BNJ). Vol 4.
Prayito S, Rusdianah E, Yuliana F. (2024). Hubungan Penggunaan Gadget Dengan Perkembangan Sosial-Emosional Pada Anak Usia Prasekolah (4-6 TAHUN). Jurnal Penelitian Perawat Profesional; 6(5):2229-2238.
Rahmadyanti R, Jamilah J. (2023) Hubungan Penggunaan Gadget Dengan Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia Prasekolah di Desa Cikulur Tahun 2022. Health Information : Jurnal Penelitian; 15(2):1-12.
Setyaningsih, E., Setyowatie D. (2023). Sosialisasi Dampak Positif dan Negatif Penggunaan Gadget Serta Media Sosial di Kalangan Anak-Anak dan Remaja. IJCOSIN: Indonesian Journal of Community Service and Innovation; 3(1):64-71.
Zuhra H, Husnaini N, Khaerani Saputri Imran. (2022). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Sosial Emosional Anak Usia 2-3 Tahun di Dusun Oi Saja Kabupaten Bima Nusa Tenggara Barat. Kiddo: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini; 3(2): 1-15
DOI: https://doi.org/10.33024/jikk.v12i7.19280
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-nc4.footer##
Pendidikan Dokter Universitas Malahayati Lampung

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.