Hubungan Antara Burnout Akademik Dengan Tingkat Kecemasan Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Semarang Angkatan 2020

Tri Hanida Nisrina Putri, Suprihhartini Suprihhartini, Afiana Rohmani

Sari


Mahasiswa kedokteran yang terpapar stressor psikososial dengan waktu berkepanjangan dan terus menerus dapat mengakibatkan burnout. Burnout yang tinggi berhubungan langsung dengan tingginya tingkat gejala kecemasan. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti hubungan burnout akademik dengan tingkat kecemasan pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Semarang angkatan 2020. Jumlah sampel sebanyak 65 responden dievaluasi burnout akademik dan tingkat kecemasan. Penelitian ini menggunakan metode observasional analitik dengan pendekatan cross sectional. Instrumen untuk menilai burnout akademik menggunakan kuesioner Maslach Burnout Inventory-Student Survey (MBI-SS) sedangkan tingkat kecemasan menggunakan kuesioner Zung Self Rating Anxiety Scale (ZSAS). Responden yang memenuhi kriteria inklusi dianalisis dengan korelasi Rank Spearman. Penelitian ini memperoleh burnout akademik ringan berjumlah 23 responden (35,4%), burnout akademik sedang 42 responden (64,6%), dan tidak ada yang mengalami burnout akademik berat. Sedangkan cemas ringan berjumlah 2 responden (3,1%), cemas sedang 45 responden (69,2%), dan cemas berat 18 responden (22,7%). Untuk uji korelasi rank spearman didapatkan nilai p value adalah 0,002 (p<0,05) dan koefisien korelasi sebesar 0,375 yang berarti terdapat hubungan antara burnout akademik dengan tingkat kecemasan pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Semarang angkatan 2020.siswa Kedokteran.


Kata Kunci


Burnout Akademik; Kecemasan; Mahasiswa Kedokteran

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Akbar, R. R., Afifa, N., & Az Zahrah, N. (2024). Burnout Phenomenon In Medical Students. Nusantara Hasana Journal, 4(3), 9–18.

American Psychiatric Association. (2022). Diagnostic And Statisticalmanual Ofmental Disorders Fifth Editiontext Revisiondsm-5-Trtm (5 ed.). American Psychiatric Association;

Arlinkasari, F., & Akmal, S. Z. (2017). Hubungan antara School Engagement, Academic Self-Efficacy dan Academic Burnout pada Mahasiswa. Jurnal Psikologi, 6(2), 36–42.

Ding, Y., Qu, J., Yu, X., & Wang, S. (2014). The mediating effects of burnout on the relationship between anxiety symptoms and occupational stress among community healthcare workers in China: A cross-sectional study. PLoS ONE, 9(9).

https://doi.org/10.1371/journal.pone.0107130

Firdaus, A., Yuliyanasari, N., Djalilah, G. G., & Utama, M. R. (2021). Potensi Kejadian Burnout pada Mahasiswa Kedokteran di Masa Pandemi Covid-19. Hang Tuah Medical Journal, 18(2), 114–135. https://doi.org/10.30649/htmj.v18i2.464

Gomez, S. L., Sison, C. J., Gavino, C. M., & Tus, J. (2022). Academic Burnout and Its Relationship on the Anxiety of the Senior High School Students Amidst the Online Learning Modality. Psych Educ, 2–10. https://doi.org/10.5281/zenodo.6534581

Kajjimu, J., Kaggwa, M. M., & Bongomin, F. (2021). Burnout and associated factors among medical students in a public university in Uganda: A cross-sectional study. Advances in Medical Education and Practice, 12, 63–75. https://doi.org/10.2147/AMEP.S287928

Khammissa, R. A. G., Nemutandani, S., Feller, G., Lemmer, J., & Feller, L. (2022). Burnout phenomenon: neurophysiological factors, clinical features, and aspects of management. Dalam Journal of International Medical Research (Vol. 50, Nomor 9). SAGE Publications Ltd. https://doi.org/10.1177/03000605221106428

Koutsimani, P., Montgomery, A., & Georganta, K. (2019). The relationship between burnout, depression, and anxiety: A systematic review and meta-analysis. Frontiers in Psychology, 10(284). https://doi.org/10.3389/fpsyg.2019.00284

Kumar, Y. S., Pentapati, K. C., Methayil, A. C., & Darsh, A. (2018). Burnout syndrome and associated factors among dental students. Indian Journal of Public Health Research and Development, 9(8), 63–67. https://doi.org/10.5958/0976-5506.2018.00697.6

Lias, G. A., Nejad, S. M., Sami, N., Khakpour, S., & Yekta, B. G. (2021). The prevalence of educational burnout, depression, anxiety, and stress among medical students of the Islamic Azad University in Tehran, Iran. BMC Medical Education, 21(1).

https://doi.org/10.1186/s12909-021-02874-7

Lolan, Y., Liab, C., & Trisno, I. (2021). Hubungan Antara Tingkat Stres Dengan Kondisi Kelelahan Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Nusa Cendana Kupang. Dalam Cendana Medical Journal (Vol. 21, Nomor 1).

Madinah, N. N., Suprihhartini, & Fuad, W. (2023). Hubungan Kecemasan Dengan Kelelahan Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Semarang Angkatan 2019. Jurnal Ilmu Kesehatan Dan Kedokteran, 10(2), 1510–1516.

Matthew, C. K., & Widjaja, Y. (2022). Hubungan Antara Burnout dengan Academic Procrastination pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara Tahap Akademik. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(6), 7431–7440.

Muthiah, R. Z., Saputri, V. D., Fatimatuzzahro, C., Utami, A. Z., Rejeki, D. S. S., & Wijayanti, S. P. M. (2024). Literature Review: Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Tingkat Kecemasan Pada Mahasiswa Kedokteran. Jurnal Medika Hutama (JMH), 5(4), 4006–4015.

http://jurnalmedikahutama.com

Priscilla, E., Simatupang, C., & Widjaja, Y. (2021). Hubungan persepsi mahasiswa tentang lingkungan pembelajaran dengan kejadian burnout di Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara tahap akademik. Tarumanagara Medical Journal, 3(2), 291–303.

Ravichandran, K., Dewi, D. A. S., & Aryabiantara, I. W. (2020). The characteristic of anxiety disorder among medical students of Universitas Udayana, Bali, Indonesia in the 2019 period. Intisari Sains

Medis, 11(3), 1264–1270. https://doi.org/10.15562/ism.v11i3.692

Santi, K. (2020). Pengaruh Big Five Personality Dengan Kejadian Burnout Pada Mahasiswa Pendidikan Kedokteran. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kedokteran Indonesia (JIMKI), 8(1), 64–70. https://doi.org/DOI: 10.53366/jimki.v8i1.39

Setyowati, A., Chung, M. H., & Yusuf, A. (2019). Development of self-report assessment tool for anxiety among adolescents: Indonesian version of the zung self-rating anxiety scale. Journal of Public Health in Africa, 10(S1). https://doi.org/10.4081/jphia.2019.1172

Vidhukumar, K., & Hamza, M. (2019). Prevalence and correlates of burnout among undergraduate medical students-A cross-sectional survey. Indian Journal of Psychological Medicine, 42(2), 122–127. https://doi.org/10.4103/IJPSYM.IJPSYM_192_19

Zhang, H., Ye, Z. H., Tang, L., Zou, P., Du, C., Shao, J., Wang, X., Chen, D., Qiao, G., & Mu, S. Y. (2020). Anxiety symptoms and burnout among Chinese medical staff of intensive care unit: The moderating effect of social support. BMC Psychiatry, 20(197), 2–7. https://doi.org/10.1186/s12888-020-02603-2




DOI: https://doi.org/10.33024/jikk.v12i10.20101

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-nc4.footer##

Pendidikan Dokter Universitas Malahayati Lampung



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.