Hubungan Tindakan Bullying Dan Self-Esteem Dengan Kepercayaan Diri Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati Angkatan 2022

Dessy Sri Lestari, Marisa Anggraini, Nopi Sani, Elitha Martharina Utari

Sari


Percaya diri yaitu tingkat keyakinan seseorang terhadap kemampuan mereka dan tingkat kemampuan mereka untuk berhasil. Kepercayaaan diri dipengaruhi beberapa faktor yaitu, seperti motivasi dan keinginan yang tinggi. Faktor-faktor yang mempengaruhi kepercayaan diri ini salah satunya bullying dan self-esteem. Tujuan umum penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan tindakan bullying dan self-esteem dengan kepercayaan diri pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian cross sectional dengan teknik pengambilan sample total sampling. Berdasarkan hasil penelitian dengan sample sebanyak 153 responden didapatkan distribusi frekuensi tindakan bullying pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati Angkatan 2022 tidak mengalami bully sebanyak 80 mahasiswa (52,3%), sedangkan yang mengalami bully 73 mahasiswa (47,7%). Distribusi frekuensi self-esteem pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati Angkatan 2022 dengan kategori self-esteem rendah 25 mahasiswa dengan persentasi (16,3%), dan self-esteem tinggi sebanyak 128 mahasiswa (83,7%). Ada hubungan bullying dan self-esteem dengan kepercayaan diri pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati Angkatan 2022 dengan nilai OR (CI) 5.05 (1.36-18.69) dan self-esteem nilai OR (CI)5.83 (1.89-18.04).


Kata Kunci


Bullying; Self-esteem; Kepercayaan diri

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Al Husna, H. (2022). Hubungan Antara Self-Esteem dan Self-Confidence Remaja di Kecamatan Lima Kaum. Jurnal Consulenza : Jurnal Bimbingan Konseling Dan Psikologi, 5(1), 12–22.

Gustin febriana. (2016). Hubungan antara harga diri dengan kepercayaan diri mahasiswa fakultas psikologi universitas muhammadiyah surakarta.

Kamaruddin, I., Tabroni, I., & Azizah, M. (2022). Konsep Pengembangan Self-Esteem Pada Anak Untuk Membangun Kepercayaan Diri Sejak Dini. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(3), 496.

Kemenkes RI. (2023). Pencegahan dan Penanganan Perundungan terhadap Peserta Didik pada Rumah Sakit Pendidikan di Lingkungan Kementrian Kesehatan. Kemenkes RI, 9.

Lochbaum, M., Sherburn, M., Sisneros, C., Cooper, S., Lane, A. M., & Terry, P. C. (2022). Revisiting the Self-Confidence and Sport Performance Relationship: A Systematic Review with Meta-Analysis. International Journal of Environmental Research and Public Health, 19(11).

Marheni, K. I. (2022). Kepercayaan Diri Mahasiswa/i Angkatan 2020 Program Studi Bimbingan dan Konseling di Universitas Sanata Dharma. Solution : Jurnal of Counseling and Personal Development, 4(1), 58–66.

Moh Anang Zulqurnain, & Mohammad Thoha. (2022). Analisis Kepercayaan Diri Pada Korban Bullying. Edu Consilium : Jurnal Bimbingan Dan Konseling Pendidikan Islam, 3(2), 69–82.

Nickerson, m. w. a. b. (2023b). Identifying and Addressing Bullying.

Nomor, V., Syahputra, A. I., Fitriana, S., & Dian, M. A. P. (2024). JUBIKOPS : Jurnal Bimbingan Konseling dan Psikologi Hubungan kepercayaan diri dengan perilaku bullying siswa. 4(September), 152–159.

Obeid, S., Haddad, C., Zakhour, M., Fares, K., Akel, M., Salameh, P., & Hallit, S. (2019). Correlates of self-esteem among the Lebanese population: A cross-sectional study. Psychiatria Danubina, 31(4), 429–439.

Pangestu, j. p. (2022). Hubungan bullying dengan kepercayaan diri pada siswa kecamatan wungu kabupaten madiun. 33(1), 1–12.

Permana, A. A., Rahman, F. S., & Ermasaroh, N. (2021). Hubungan Tindakan Bullying dengan Tingkat Kepercayaan Diri Seseorang. Journal of Practice Learning and Educational Development, 1(1), 6–10.

Priyani, H. F. D. (2023). Hubungan Self Confidence dan Self Esteem terhadap Hasil Belajar Mahasiswa pada Praktikum Kimia Organik 1. Repository.Uinjkt.Ac.Id.

Putri, D. A., Fitria, I. T., Wardani, M. S., Ikbal, M., & Wisma, N. (2024). Trend Penelitian Perilaku Bullying di Indonesia. Cognitive: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(2), 18–30.

Putri, N., & Oktapiya Hadinata, E. (2022). Hubungan antara harga diri dengan kepercayaan diri pada remaja putri pengguna skincare. Psikologi Islam UIN Raden Fatah Palembang, 000, 6.

Rozaliyani, A., Wasisto, B., Santosa, F., Sjamsuhidajat, R., Setiabudy, R., Prawiroharjo, P., Baharudin, M., & Sulaiman, A. (2019). Bullying (Perundungan) di Lingkungan Pendidikan Kedokteran. Jurnal Etika Kedokteran Indonesia, 3(2), 56.

Salsabila, D. F., Saffanah Qalbi, A. F., Aziz, A. M., Etniko, A., & Tahir Rauf, K. N. (2022). Perbedaan Self-Esteem antara Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri dengan Perguruan Tinggi Swasta. Journal of Psychology Students, 1(1), 45–56.

Saragih, B. P., & Soetikno, N. (2023). Self-Esteem Korban Bullying : Studi Literatur. Jurnal Muara Medika Dan Psikologi Klinis, 3(1), 79–90.

Sarwono, A. E., & Handayani, A. (2021). Metode Kuantitatif. In Metode Kuantitatif (Issue 1940310019).

Xiahong, H. (2022). Relationship between Self-Esteem, Interpersonal Trust, and Social Anxiety of College Students.




DOI: https://doi.org/10.33024/jikk.v12i6.20291

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-nc4.footer##

Pendidikan Dokter Universitas Malahayati Lampung



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.