Eksplorasi Persepsi Dan Faktor Yang Mempengaruhi Efikasi Diri Pada Mahasiswa Tingkat Awal Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati
Sari
Mahasiswa kedokteran tingkat awal menghadapi tuntutan akademik yang kompleks dan lingkungan belajar yang intensif. Efikasi diri memiliki peran penting dalam membantu mahasiswa kedokteran tahun pertama beradaptasi dengan tuntutan akademik. Mahasiswa dengan efikasi diri yang tinggi cenderung lebih mampu memanfaatkan kemampuan mereka secara efektif serta menunjukkan ketahanan yang lebih baik dalam menghadapi tekanan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi persepsi mahasiswa tingkat awal terhadap efikasi diri serta mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhinya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain fenomenologi. Pengumpulan data dilakukan melalui dua sesi Focus Group Discussion (FGD) yang melibatkan 11 mahasiswa kedokteran tingkat awal yang dipilih melalui purposive dan maximum variation sampling. Analisis data menggunakan thematic analysis. Mahasiswa memahami efikasi diri sebagai keyakinan terhadap kemampuan diri dalam menyelesaikan tugas, menghadapi tekanan akademik, dan mencapai tujuan pendidikan. Empat sumber efikasi diri menurut Bandura teridentifikasi, yaitu mastery experience, vicarious experience, verbal persuasion, serta kondisi emosional dan fisiologis. Selain itu, ditemukan dua faktor tambahan, yaitu regulasi diri dan lingkungan akademik, yang turut mempengaruhi terbentuknya efikasi diri mahasiswa. Efikasi diri berperan penting dalam proses adaptasi mahasiswa kedokteran. Dukungan akademik, penguatan regulasi diri, serta pembentukan lingkungan belajar yang kondusif menjadi faktor penting dalam meningkatkan efikasi diri mahasiswa tingkat awal.
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Albert Bandura (1997) ‘Albert Bandura Self-Efficacy: The Exercise of Control’, W.H Freeman and Company New York, pp. 1–602.
Bani, M. and Fatwa, T. (2019) ‘Faktor-faktor yang mempengaruhiefikasi diri akademik’, Prosiding Seminar Nasional Magister Psikologi Universitas Ahmad Dahlan, 8(8), pp. 341–347.
Christy, B.Y. and Suprayogi, M.N. (2022) ‘Peer Social Support and Academic Self-Efficacy Among Freshmen Students’, Proceedings of the 3rd Tarumanagara International Conference on the Applications of Social Sciences and Humanities (TICASH 2021), 655(Ticash 2021), pp. 1698–1702. Available at: https://doi.org/10.2991/assehr.k.220404.275.
Demon, O.P., Damayanti, M.R. and Suindrayasa, I.M. (2025) ‘Hubungan Academic Self-Efficacy Dengan Academic Burnout Pada Mahasiswa Keperawatan Universitas Udayana’, Community of Publishing in Nursing (COPING), 13, pp. 300–306.
Fernandes, F., Ananda, Y. and Rahmili, F.T. (2023) ‘Efikasi Diri dan Stres Akademik pada Mahasiswa Tahun Awal di Fakultas Keperawatan Universitas Andalas’, Jik Jurnal Ilmu Kesehatan, 7(2), p. 226. Available at: https://doi.org/10.33757/jik.v7i2.603.
Hanif, M. (2019) ‘Jurnal Pendidikan | Jurnal Pendidikan’, Jurnal Pendidikan IPS, 4(2), pp. 53–60. Available at: http://jurnal.ut.ac.id/index.php/jp/search/authors/view?givenName=Mery Noviyanti &familyName=&affiliation=Universitas Terbuka&country=ID&authorName=Mery Noviyanti.
Luthfiyah, B. et al. (2023) ‘Hubungan resiliensi dengan tingkat efikasi diri pada mahasiswa’, Jurnal Ilmu Kedokteran dan Kesehatan, 10(7), pp. 2294–2305.
Ozsaker, E. et al. (2025) ‘The relationship between the academic self-efficacy and perceived stressors among nursing students in clinical settings: a cross-sectional study’, BMC Nursing, 24(1). Available at: https://doi.org/10.1186/s12912-025-02836-0.
Panadero, E., Jonsson, A. and Botella, J. (2017) ‘Effects of self-assessment on self-regulated learning and self-efficacy: Four meta-analyses’, Educational Research Review, 22(November), pp. 74–98. Available at: https://doi.org/10.1016/j.edurev.2017.08.004.
Papilaya, J.O. and Huliselan, N. (2016) ‘Identifikasi Gaya Belajar Mahasiswa’, Jurnal Psikologi Undip, 15(1), p. 56. Available at: https://doi.org/10.14710/jpu.15.1.56-63.
Putri Megawati, S. (2017) ‘Pengaruh Pelatihan Motivasi Berprestasi terhadap Peningkatan Efikasi Diri Pada Mahasiswa Kedokteran di Universitas “Z”’, Jurnal Intervensi Psikologi (JIP), 9(1), pp. 128–140. Available at: https://doi.org/10.20885/intervensipsikologi.vol9.iss1.art9.
Rafnadila, P., Aiyub, A. and Halifah, E. (2022) ‘Hubungan self efficacy terhadap kecemasan dan kemampuan beradaptasi mahasiswa tahun pertama’, Jurnal Ilmiah Mahasiswa Fakultas Keperawatan, 5(4), pp. 58–65.
Rayhana, R. et al. (2023) ‘Pengembangan Instrumen “Self Efficacy” Mahasiswa Kedokteran Tingkat Akhir (Semester Vii) Di Jakarta’, Jurnal Ilmiah Mandala Education, 9(1), pp. 290–295. Available at: https://doi.org/10.58258/jime.v9i1.4519.
Sasmita, I.A.G.H.D. and Rustika, I.M. (2015) ‘Peran Efikasi Diri dan Dukungan Sosial Teman Sebaya Terhadap Penyesuaian Diri Mahasiswa Tahun Pertama Program Studi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Udayana’, Jurnal Psikologi Udayana, 2(2), pp. 280–289. Available at: https://doi.org/10.24843/jpu.2015.v02.i02.p16.
Sriwiyanti, S. et al. (2022) ‘Social Support, Self-Efficacy, and Student’S Mental Health in Online Learning During Pandemic’, al-Balagh : Jurnal Dakwah dan Komunikasi, 7(1), pp. 1–30. Available at: https://doi.org/10.22515/albalagh.v7i1.4914.
Susanto, G., Armyanti, I. and Arundina Triharja Tejoyuwono, A. (2024) ‘Relationship Between Self-Efficacy and Academic Resilience in First Grades Medical Students At Faculty of Medicine Universitas Tanjungpura’, Jurnal Pendidikan Kedokteran Indonesia: The Indonesian Journal of Medical Education, 13(3), p. 213. Available at: https://doi.org/10.22146/jpki.91895.
Wulandari, D.A. and Widjaja, Y. (2022) ‘Gambaran Self-Efficacy Mahasiswa Fakultas Kedokteran Tahap Akademik pada Metode Pembelajaran Jarak Jauh’, Syntax Literate ; Jurnal Ilmiah Indonesia, 7(2), p. 2634. Available at: https://doi.org/10.36418/syntax-literate.v7i1.5897.
DOI: https://doi.org/10.33024/jikk.v12i11.20550
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-nc4.footer##
Pendidikan Dokter Universitas Malahayati Lampung

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
_JIKK_2024-2.pdf_.png)

1.png)
.png)
.png)
.png)
.jpg)



