Hubungan Gaya Belajar dengan Kelulusan Ujian Blok pada mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Abulyatama

Ade Kiki Riezky, Rauza Akmalia

Sari


Setiap orang memiliki gaya belajar yang berbeda-beda. Proses belajar akan lebih efektif dan efisien ketika mahasiswa mampu memahami gaya belajarnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis gaya belajar mahasiswa dann mengetahui hubungan antara gaya belajar mahasiswa dengan tingkat kelulusan ujian blok. Penelitian ini pendekatan cross sectional. Penelitian dilakukan pada bulan januari 2016. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan dokter Fakultas Kedokteran Universitas Abulyatama. Sampel diambil menggunakan teknik random sampling.Sampel penelitian berjumlah 200 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner VARK dan data hasil ujian blok. Analisa data dalam penelitian ini menggunakan analisa chi kuadrat. Hasil penelitian memperlihatkan mahasiswa pendidikan dokter Fakultas Kedokteran Universitas Abulyatama mempunyai gaya belajar audio 68 mahasiswa, gaya belajar visual 64 mahasiswa, gaya belajar kinestetik 61 mahasiswa, dan gaya belajar membaca 7 mahasiswa. Hasil chi-square test didapat nilai α 0,870 (α < 0,05). Kesimpulan penelitian yaitu tidak ada hubungan antara gaya belajar dengan tingkat kelulusan ujian blok.

Kata Kunci


gaya belajar; mahasiswa tahap akademik; performa mahasiswa

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Almiqbal H.Turky. 2015. Relationship Between The Learning Style Preferences of Medical Students and Academic Achievement, Jurnal Saudi Med, Volume 36, Nomor 3.

Bukit Sriwati, Istarani. 2015 Kecerdasan & Gaya Belajar, Larispa Indonesia: Medan.

Ghaffari Reza, et al. 2013. The Analysis of Learning Style and Their Relationship to Academic Achievement in Medical Students of Basic Sciences Program, Jurnal Res Dev Med Educ, Volume 2, Nomor 2.

Hardiansyah. 2014. Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Fakultas Kedokteran. Universitas Diponegoro : Semarang.

John A Dent, Ronald M Hardent, dan Hunt. 2013. A Practical Guide for Medical Teacher. Elsevier: China.

Liansyah Menawati Tita. 2015. Problem Based Learning Sebagai Metode Perkuliahan Kedokteran Yang Efektif, Jurnal Pedagogik, Volume 8, Nomor 1.

Lisiswanti Rika. 2014. The Relationship Learning Style and Student’s Achievement of Lampung University Faculty of Medicine, Jurnal Juke, Volume 4, Nomor 7.

Nurhidayah Endah Rika. 2010. Learning Styles Characteritic and Learning Outcomes of Nursing Faculty Students of University of Sumatera Utara, Universitas Sumatera Utara: Medan.

Sari Pradita Nuniek. 2014. Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.

Zubair Amin , Khoo Hoon Eng. 2012. Basic in Medical Education. World scientific publishing; Singapore.




DOI: https://doi.org/10.33024/jikk.v6i2.2218

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-nc4.footer##

Pendidikan Dokter Universitas Malahayati Lampung



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.