HUBUNGAN TINGKAT STRES DENGAN MUNCULNYA PERILAKU BULLYING PADA SISWA SMA AL-AZHAR 3 BANDAR LAMPUNG TAHUN 2019

Tyani Khoerunnisa Sutrisno, Hetti Rusmini, Supriyati Supriyati, Nina Herlina

Sari


Perilaku bullying di sekolah saat ini menjadi marak terjadi di berbagai negara termasuk di Indonesia. Secara umum, penyebab utama perilaku tersebut, yakni: tuntutan orangtua terkait nilai akademik siswa di sekolah, hubungan siswa dengan teman-temannya, gaya pengasuhan  yang keliru, dan masalah malnutrisi. Pelaku bullying ini memiliki dampak terhadap korban, meningkatkan gejala-gejala emosional, pelaku awalnya merasa tidak bahagia, tertekan dan sangat sedih, depresi yang semakin sering dirasakan oleh pelaku bullying maka semakin tinggi tingkat depresinya, rendahnya harga diri, meningkatkan stres. Selain itu, pengalaman pelaku bullying di sekolah juga memiliki dampak terhadap performansi siswa di sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Hubungan Tingkat Stres dengan Munculnya Perilaku Bullying pada Siswa SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung Tahun 2019. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian observasional dengan metode kuantitatif dan desain penelitian pendekatan cross sectional. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 176 dari 243 orang siswa kelas XI di SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung. Dari 176 responden yang diteliti, didapat kategori usia yang terbanyak adalah responden yang berusia 16 tahun, yaitu sebanyak 127 responden (72,2%), sementara itu untuk karakteristik responden berdasarkan jenis kelamin, lebih banyak siswa berjenis kelamin perempuan, yaitu berjumlah 97 responden (55,1%). Jika dilihat dari distribusi frekuensi tingkat bullying siswa, yang berada pada kategori tingkat bullying rendah yaitu, sebanyak 118 responden (67,1%), selanjutnya untuk distribusi frekuensi tingkat stres siswa, didapatkan hasil sebanyak 127 responden (72,2%) yang berada pada kondisi tingkat stres yang sangat berat. Tidak terdapat Hubungan antara Tingkat Stres dengan Munculnya Perilaku Bullying pada Siswa SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung Tahun 2019 dengan nilai p-value 0,521 (p-value > 0,05).

Kata Kunci


Bullying; Tingkat Stres

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Hawari, D. (2011). Manajemen Stres, Cemas dan Depresi. Jakarta: Balai Penerbit FKUI

Kapoor, W.N., Smith, M.A., & Miller, N.L. (1994). Upright tilt testing in evaluating syncope: a comprehensive literature review. The American journal of medicine, 97(1), 78-88. Diperoleh melalui https://www.sciencedirect.com/science/article/abs/pii/0002934394900515

Leasa, M., & Batlolona, J.R. (2017). Full Day School dalam Pembentukan Karakter Siswa SMKN 13 Kota Malang. Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 6(1): 73-82. Diperoleh melalui https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JISH/articleview/9903/6370

Meggitt, C. (2013). Memahami Perkembangan Anak. Jakarta: PT Indeks

Nurhidayah, S., Pramintari, R.D., & Verawati, N. (2015). Konsep Diri dan Kemandirian dengan Kecemasan pada Siswa Kelas X dan XI. SOUL: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi, 8(1), 36-48. Diperoleh melalui http://jurnal.unismabekasi.ac.id/index.php/soul/article/view/471

Sari, A.K.P., & Wati, D.P. (2019). Penerapan Multimedia TAVAGIS Berbasis Prezi dalam Pembelajaran Kurikulum 2013 bagi Guru Sekolah Dasar di Kabupaten Kuningan. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(3), 369-380. Diperoleh melalui http://ppm.ejournal.id/index.php/pengabdian/article/view/185/122

Saripah, I., (2010). Model Konseling Kognitif Perilaku untuk Menanggulangi Bullying Siswa (Studi Pengembangan Model Konseling Pada Siswa Sekolah Dasar di Beberapa Kabupaten dan Kota di Jawa Barat Tahun Ajaran 2008/2009). Proceedings of The 4th International Conference on Teacher Education; Join Conference UPI & UPSI Bandung, Indonesia, 8-10 November 2010. Diperoleh melalui Semai Jiwa Amini. (2008). Bullying: Mengatasi Kekerasan di Sekolah dan Lingkungan Sekitar Anak. Jakarta: Grasindo

Sulistyaningsih, W. (2005). Kesiapan bersekolah ditinjau dari jenis pendidikan pra sekolah anak dan tingkat pendidikan orangtua. PSIKOLOGIA, 1(1), 1-8. Diperoleh melalui http://repository.usu.ac.id/bitstream/handle/123456789/15709/psi-jun2005-%20%281%29.pdf?sequence=1

&isAllowed=y




DOI: https://doi.org/10.33024/jikk.v7i1.2532

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-nc4.footer##

Pendidikan Dokter Universitas Malahayati Lampung



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.