PERBANDINGAN TINGKAT STRES AKNE VULGARIS SEDANG DENGAN AKNE VULGARIS BERAT PADA MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN DOKTER FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MALAHAYATI

Anggunan Anggunan, Eka Silvia, Fhadila Dwi Amanda

Sari


Salah satu penyakit kulit yang banyak dijumpai secara global pada remaja dan dewasa muda adalah jerawat atau akne vulgaris. Akne vulgaris adalah peradangan kronik folikel pilosebasea yang ditandai dengan komedo, papul, pustul, nodus, dan jaringan parut. Akne vulgaris berhubungan dengan kondisi psikologis remaja contohnya stres psikologis. Stres psikologis merupakan salah satu faktor pemicu timbulnya akne vulgaris atau bahkan memperberat kondisi akne yang telah ada. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui perbandingan tingkat stres dengan kejadian akne vulgaris sedang dan berat pada mahasiswa Prodi Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati. Penelitian ini menggunakan metode cross-sectional, kuantitatif, komparatif dengan pengumpulan data primer akne vulgaris sedang dan berat berdasarkan klasifikasi Lehman. Pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan pemeriksaan fisik berupa
perhitungan lesi dan kemudian diberikan kuesioner serta dianalisis menggunakan uji Mann-Whitney. Hasil penelitian Didapatkan 76 responden sesuai sampel. Pada penderita AV sedang frekuensi tingkat  stres terbanyak yaitu stres ringan sebanyak 37%, sedangkan pada penderita AV berat frekuensi tingkat stres terbanyak yaitu stres berat sebanyak 55%. Hasil uji statistik Mann-Whitney diperoleh p=0,000 (p<0,05) yang berarti terdapat perbandingan yang signifikan antara tingkat stres dengan akne vulgaris. Pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat perbandingan yang signifikan antara tingkat stres akne vulgaris sedang dengan akne vulgaris berat pada mahasiswa prodi pendidikan dokter fakultas kedokteran universitas malahayati (p=0,000).

Kata Kunci


Tingkat Stres; Akne Vulgaris; Sedang dan Berat

Referensi


Afriyanti, R.N., 2015. Akne vulgaris pada remaja. Jurnal Majority, 4(6), pp.10-17.

Alpajri, A., 2016. Hubungan Tingkat Stres Dengan Tingkat Keparahan Akne Vulgaris Pada Siswa Asrama di SMAIT Nur Hidayah Kartasura.

Anandita, N. S., Sibero, H.T. and Soleha, T.U., 2017. Pengaruh Tingkat Stres dengan Tingkat Keparahan Akne Vulgaris pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Lampung Angkatan 2012-2013. Jurnal Majority, 6(3), pp.6-11.

Graham, R., & Burns, B.T. 2005. Lecture Notes Dermatologi (Edisi 8). Jakarta: Penerbit Erlangga.

Harahap, M.(Ed). 2015. Ilmu Penyakit Kulit. Jakarta: Hipokrates.

Hidayati, N.Z. and Riyanto, P., 2017. Hubungan Tingkat Stres Dengan Derajat Keparahan Akne Vulgaris (Studi Pada Mahasiswi Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro Angkatan 2012-2015). Jurnal Kedokteran Diponegoro, 6(2), pp.964-974.

Isman Jusuf, M., 2009. Hubungan Tingkat Stres dengan Keparahan Akne Vulgaris Pada Pelajar Putri Madrasah Aliyah Negri I Yogyakarta. Jurnal Pelangi Ilmu 2(5).

Kristiani, N.M., Kapantouw, M.G., and Pandaleke, T.A., 2017. Hubungan Indeks Massa Tubuh dan Angka Kejadian Akne Vulgaris pada Siswa-siswi di SMA Frater Don Bosco Manado. e-CliniC, 5(2).

Latifah, S. 2016. Hubungan Stres Dan Kebersihan Wajah Terhadap Kejadian Akne Vulgaris Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Lampung.

Latifah, S. and Kurniawaty, E., 2015. Stres dengan Akne Vulgaris. Jurnal Majority, 4(9), pp.129-134.

Movita, T., 2013. Acne Vulgaris. Continuing Medical Education. Cermin Dunia Kedokteran. Jakarta. Jurnal IDI, 40(3), pp.269-272.

Ramdani, R. and Sibero, H.T. 2015. Treatment for acne vulgaris. Jurnal Majority, 4(2).

Ratnasari, L.P.A.P. and Indira, I.G.A.A.E., 2017. Profil Tingkat Stres Psikologis Terhadap Derajat Keparahan Akne Vulgaris Pada Siswa Sekolah Menengah Atas Di Denpasar.

Siregar, R.S. 2014. Atlas Berwarna Saripati Penyakit Kulit (Edisi 3). Jakarta: EGC.

Yandi, R.A., Sibero, H.T., and Fiana, D.N., 2014. Kualitas hidup pada pasien akne vulgaris di RSUD DR.H.Abdul Moeloek Lampung. Jurnal Majority, 3(5).




DOI: https://doi.org/10.33024/jikk.v7i2.2736

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-nc4.footer##

Pendidikan Dokter Universitas Malahayati Lampung



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.