ANALISIS FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEJADIAN DIARE PADA BALITA DI PUSKESMAS KEDATON KOTA BANDAR LAMPUNG

Asa Izati, Dwijowati Asih Saputri, Marlina Kamelia, Nurhaida Widiani

Sari


Angka kejadian diare pada balita di Bandar Lampung masih cukup tinggi pada tahun 2016. Kasus tertinggi ditemukan di puskesmas Kedaton Bandar Lampung. Sanitasi lingkungan dan kondisi keluarga diduga dapat mempengaruhi kasus diare. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan kejadian diare pada balita di Puskesmas Kedaton, Bandar Lampung. Jenis penelitian ini merupakan penelitian analitik observasional dengan menggunakan pendekatan cross sectional study. Hasil uji laboratorium menunjukkan bahwa sebagian besar mikroba yang menginfeksi balita di puskesmas Kedaton, Bandar Lampung berbentuk basil/batang dan bersifat gram negatif. Meskipun juga ditemukan mikroba berbentuk bulat/kokus dan bersifat gram positif. Sanitasi lingkungan dan kondisi keluarga (usia dan jenis pekerjaan ibu) mempengaruhi angka kejadian diare pada balita di puskesmas Kedaton, Bandar lampung.

Kata Kunci


Diare; Mikroba; Sanitasi Lingkungan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adisamito W. 2007. Faktor resiko diare pada bayi dan Balita di Indonesia. Majalah Kesehatan. Vol 11: 1-10

Amaliah, S. 2010. Hubungan Sanitasi Lingkungan dan Faktor Budaya dengan Kejadian Diare pada Anak Balita di Desa Toriyo Kecamatan Bendosari Kabupaten Sukoharjo. Prosiding Seminar Nasional Unimus. Hlm 91 – 97. http://jurnal.unimus.ac.id

Andriani, Mirnawati, S., Surachmi, S., Hasni, D.K. 2013. Isolasi Campylobacter dari Karkas Ayam Menggunakan metode konvensional dan Polymerase Chain Reaction. J. Teknol, dan Industri Pangan. Vol 24 (1): 27-32

Depkes RI, 1990. Pendidikan Medik Pemberantasan Diare, Buku Ajar Diare, Ditjen PPM-PLP, Jakarta.

Dinas Kesehatan Kota Bandar Lampung, 2016, Profil Kesehatan Kota Bandar Lampung Tahun 2016, Bandar Lampung.

Fatkhur, Handono Rahman, Slamet Widoyo, Heri Siswanto, Biantoro, 2016, Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Diare Di Desa Solor Kecamatan Cermee Bondowoso, (Jurnal STIKes Nurul Jadid Paiton Probolinggo, NurseLine Journal Vol. 1 No. 1 Mei 2016 ISSN 2540-7937), hlm. 25.

Kementrian Kesehatan RI. 2011. Data dan Informasi Kesehatan.

Khusna, NA dan Nuryanto. 2017. Hubungan usia Ibu menikah Dengan Status Gizi Balita di Kabupaten Temanggung. Journal Of Nitrition College. 6(1): 1-10.

Kusbaryanto dan T. Hidayati, 2008, Gambaran Kejadian Wabah Diare dan Faktor-faktorTerkait di Dusun Senden Desa Sidorejo Kecamatan Lendah Kabupaten Kulon Progo tahun 2005, (Jurnal Mutiara Medika Vol.8 No.1: 09-18 Januari 2008), hlm. 10.

Maryana, IU. 2008. Perilaku hidup Bersih dan Sehat, pengetahuan Gizi dan Pola Asuh Kaitannya dengan Diare Anak Balita, di Desa Cikarawang Bogor. Skripsi Mahasiswa Program

Nurpauji, S. V., 2015. Hubungan Jenis Sumber Air, Kualitas Bakteriologis Air, Personal Higiene Dengan Kejadian DIare Pada Balita di Wilayah Kerja Puskesmas Lamper Tengah Semarang. Jurnal Kesehatan Masyarakat FKM Undip Vol. 3 (2).

Studi Gizi Masyarakat dan Sumberdaya Keluarga Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogor. h. 23.

Pramana, I.M.D., Jeanette M. dan Rocky W. 2014. Pola Kuman Berdasarkan Pewarnaan Gram pada Anak dengan Diare di RSUP PROF. DR. R.D. Kandau Menado. Jurnal E-Clinic (ECL). Vol. 2 (1): 1-8.

Simadibrata M. ,Rani A., Syam AF. 2011. Pendekatan dan Penatalaksanaan diare akut. Buku Ajar Gastroenterologi, Eds. I. Interna Publishing . Jakarta Pusat. H. 67.

Tantri, B.U.N. 2016. Identifikasi bakteri E.coli, higella sp dan Salmonella sp. Pada air sumur di wilayah pembuangan Limbah Tahu dan Limbah Ikan Kota Bandar Lampung. SKRIPSI. Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. Bandar Lampung.

Waqidil H dan Adini CK, 2016, Hubungan antara Tingkat Pendidikan Ibu dengan Perkembangan balita usia 3-5 tahun. Asuhan Kesehatan. 7(2):27-31.

Waspadai Bakteri Penyebab Diare. Alodokter. 5 Okteber 2019. Alodoker .com. Ditinjau oleh: dr. Merry Dame Cristi Pane. Diakses pada tanggal 5 Desember 2019.

Widoyono. 2011. Penyakit Tropis Epidemilogi, Penularan, Pencegahan dan Pemberantasan (2nd Ed.). Erlangga. Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.33024/jikk.v7i2.2738

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-nc4.footer##

Pendidikan Dokter Universitas Malahayati Lampung



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.