IDENTIFIKASI POLA KUMAN PADA RUANG INTENSIVE CARE UNIT (ICU) DI RSUD Dr. H. ABDUL MOELOEK BANDAR LAMPUNG

Hidayat Hidayat, Eka Sylvia

Sari


Infeksi nosokomial adalah infeksi yang muncul selama  seseorang tersebut dirawat dirumah sakit dan mulai menunjukan suatu gejala selama  seseorang itu dirawat. Infeksi nosokomial terjadi lebih dari 48 jam setelah masuk rumah sakit. Ruang perawatan intensif seperti Intensive care unit (ICU) merupakan  tempat tersering  terjadinya  infeksi nosokomial. Hal ini  disebabkan pasien yang dirawat dalam jangka waktu lama dan menggunakan peralatan invasive. Penyebaran  bakteri patogen penyebab infeksi nosokomial dapat melalui  perantara  peralatan dan  tenaga kesehatan yang ada diruang ICU.  
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi bakteri pathogen penyebab infeksi nosokomial pada ruang ICU RSUD Dr. H. Abdul Moeloek Bandar Lampung.   Jenis penelitian yang  digunakan adalah Eksperimen  Laboratorik dari sampel  berupa  apusan  dari alat-alat yang  berada  di ruang  ICU kemudian diperiksa di laboratorium  Mikrobiologi Klinik bagian Patologi Klinik RSUD Dr. H. Abdul Moeloek Bandar Lampung.   
Hasil  penelitian menunjukkan bahwa  dari 30 sampel yang  didapat dari alat- alat di ruang  ICU RSUD Dr. H. Abdul Moeloek Bandar Lampung, sebanyak 13  sampel (43,33%) terdapat bakteri patogen dan 17 sampel (56,67%) tidak ditemukan  bakteri patogen. Hasil  pemeriksaan bakteri patogen di ruang  ICU terdapat bakteri Staphylococcus sp 37%, Klebsiella sp 20%, Pseudomonas sp 7%.  Jenis bakteri terbanyak  adalah:Staphylococcus sp    terdapat di 11  macam asal spesimen usab, Klebsiella sp terdapat di 6 macam asal spesimen usab dan Pseudomonas sp    terdapat di 2 macam asal spesimen usab.  Dengan  predileksi terbanyak adalah pada jas petugas, tempat sampah, tempat tidur, dan wastafel.  



Kata Kunci


Infeksi nosokomial, ICU, bakteri patogen

Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33024/.v1i1.292

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##



Pendidikan Dokter Universitas Malahayati Lampung



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.