TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP BPJS KESEHATAN KELAS III TERHADAP PELAYANAN DI RUMAH SAKIT AVICENNA BIREUEN

Raihan Utari, Meri Lidiawati, Elmiyati Elmiyati

Sari


Rumah Sakit menurut WHO Expert Committee On Organization Of Medical Careadalah suatu bagian menyeluruh dari organisasi medis yang berfungsi memberikan pelayanan kesehatan lengkap kepada masyarakat baik kuratif maupun rehabilitative. Pada era Jaminan Kesehatan Nasiaonal (JKN), seluruh rakyat Indonesia yang terdaftar melalui Badan Pengelola Jaminan Nasional (BPJS) Kesehatan berhak untuk mendapatkan pelayanan kesehatan. Hal ini adalah upaya pemerintah Indonesia untuk memenuhi hak kesehatan tiap individu masyarakat Indonesia. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan pasien rawat inap BPJS kesehatan kelas III di Rumah Sakit Avicenna Bireuen. Metode penelian yang dipakai adalah deskriptif kuantitatif dengan pendekatan Cross sectional. Setelah dianalisis data yang didapatkan Responden terbanyak menyatakan puas (89.2%) berdasarkan dimensi bukti langsung. Menyatakan puas (82.8%) berdasarkan dimensi kehandalan. Menyatakan puas (79.6%) berdasarkan dimensi ketanggapan. Menyatakan puas (88.2%) berdasarkan dimensi bukti jaminan. Menyatakan puas (73.1%) berdasarkan dimensi bukti empati. Responden terbanyak menyatakan puas (83.9%) terhadap tingkat kepuasaan pasien di Rumah Sakit Avicenna Kabupaten Bireuen.

Kata Kunci


BPJS; Tingkat Kepuasan; Rumah Sakit

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ardani , W., Suprapti NWS. (2017). Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Dan WOM (Studi Di RSUD Wangaya Denpasar). Jurnal Manjemen 1(2):240–254.

BPJS.Pemanfaatan Data JKN. (2017). Media Internal BPJS Ksehatan / Edisi 72.https://bpjskesehatan.go.id/bpjs/dmdocuments/0775bd2f22814ddb26c71e02903c9226.pdf

Dewi RR. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pasien Pengguna BPJS Dengan Kepuasan Pasien Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ekonomi Manajen Sumber Daya 18(2): 138-145.

Hazfiarini, A, dan Ernawaty, E. (2016). Indeks Kepuasan Pasien BPJS Kesehatan Terhadap Pelayanan Rumah Sakit Mata Masyarakat Jawa Timur. Jurnal Adm Kesehatan Indonesia 4(2): 77-85.

Hazfiarini, A., Ernawaty. (2016). Indeks Kepuasan Pasien BPJS Kesehatan Terhadap Pelayanan Rumah Sakit Mata Masyarakat Jawa Timur. Jurnal Administrasi Kesehatan Indonesia 4(12): 77–85.

Imelda , S., Nahrisah E. (2015). Analisis Tingkat Mutu Pelayanan Rawat Inap Dalam Upaya Peningkatan Kepuasaan Pasien Di RSUP Adam Malik Medan (Studi Perbandingan Antara Pasien Umum Dan Pasien BPJS). Jurnal Ilmiah AMIK Labuhan Baru 3(3): 33-34.

Pangerapan, TD., Labora, OE. (2018).Hubungan Antara Mutu Pelayanan Dengan Kepuasan Pasien Di Poliklinik Penyakit Dalam Rumah Sakit UmumGMIM Pancaran Kasih Manado. Jurnal Kedokteran Klinik 2(1): 9–18.

Purnomo, M. (2016). Pencapaian Standar Pelayanan Gawat Darurat di RSU Habibullah berdasarkan Standar Pelayanan Rumah Sakit. Univ Res Colloq 144-158.

Supartiningsih, S. (2017). Kualitas Pelayanan an Kepuasan Pasien Rumah Sakit : Kasus Pada Pasien Rawat Jalan. Jurnal Medicoeticolegal Dan Manajemen Rumah Sakit 6(1): 9–14.

Widada, T., Pramusinto A., Lazuardi L. (2017). Peran Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Masyarakat (Studi Di Rsud Hasanuddin Damrah Manna Kabupaten Bengkulu Selatan, Provinsi Bengkulu). Jurnal Ketahanan Nasional 23(2): 199-216.




DOI: https://doi.org/10.33024/jikk.v8i3.3920

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-nc4.footer##

Pendidikan Dokter Universitas Malahayati Lampung



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.