EVALUASI PENERAPAN SASARAN KESELAMATAN PASIEN DI UPT PUSKESMAS RAWAT INAP SUKOHARJO PRINGSEWU LAMPUNG TAHUN 2020 (STUDI KASUS PASCA AKREDITASI)
Sari
Kata Kunci
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Agustino, L. (2017). Dasar-Dasar Kebijakan Publik. Bandung: Alfabeta.
Amirullah, N. A., A.Pasinringi, S. and Irwandy, K. (2015). Gambaran Budaya Keselamatan Pasien di RSUD Syekh Yusuf Kabupaten Gowa. UNHAS 53(9):1689–1699. doi: 10.1017/CBO9781107415324.004.
Anggraini, A. N., Anwar, C. and Yulitasari, B. I. (2018). Hubungan Implementasi IPSG (International Patient Safety Goals) dengan Kepuasan Pasien di Puskesmas Kasihan I Bantul. Journal of Hospital Administration, 1(1). ISSN:2621-2668. doi: 10.21927/jnki.2015.3(3).162-168.
Anggraini, A. N. and Fatimah, F. S. (2015). Evaluasi Penerapan Pasien Safety dalam Pemberian Obat di Wilayah Kerja Puskesmas Kasihan II Bantul Jogjakarta.
Azwar, A. (2010). Pengantar Administrasi Kesehatan. Jakarta: Binarupa Aksara.
Bardan, R. J. (2017). Analisis Penerapan Keselamatan Pasien di Rumah Sakit Umum Daerah Inche Abdoel Moeis Tahun 2017. UNHAS, 1: 1–7. Available at: http://www.albayan.ae.
Cahyono, B. (2012). Membangun Budaya Keselamatan Pasien dalam Praktik Kedokteran. 5th edn. Yogyakarta: Kanisius 2008.
Departemen Kesehatan R.I (2008). Panduan Nasional Keselamatan Pasien Rumah Sakit. Departemen Kesehatan.
Dewi, A. N., Arso, S. P. and Fatmasari, E. Y. (2019). Analisis Pelaksanaan Program Keselamatan Pasien di Unit Rawat Inap RS Wava Husada Kabupaten Malang. Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro, 7.
Dinas Kesehatan Kabupaten Pringsewu. (2017). Enam Puskesmas di Pringsewu Lulus Akreditasi, Radar Lampung. Available at: https://radarlampung.co.id/2018/01/17/enam-puskesmas-di-pringsewu-lulus-akreditasi/ (Accessed: 2 January 2020).
DUK Puskesmas Rawat Inap Sukoharjo. (2020). Daftar Urut Kepangkatan UPT Puskesmas Rawat Inap Sukoharjo. Pringsewu, Lampung.
Ekasari, F. (2019). Analisis Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien di Instalasi Gawat Darurat (IGD) RS Pertamina Bintang Amin Lampung 8:53–61.
Faluzi, A., Machmud, R. and Arif, Y. (2018). Analisis Penerapan Upaya Pencapaian Standar Sasaran Keselamatan Pasien Bagi Profesional Pemberi Asuhan Dalam Peningkatan Mutu Pelayanan di Rawat Inap RSUP Dr. M. Djamil Padang Tahun 2017. Jurnal Kesehatan Andalas, 7(2007): 34. doi: 10.25077/jka.v7i0.919.
Handoko, T. H. (2017). Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.
Hidayah, N. and Mudayana, A. A. (2015). Analisis Penerapan Budaya Keselamatan Pasien di Puskesmas Kecamatan Ambalawi Kabupaten Bima Nusa Tenggara Barat.pdf.
Islami, K., Arso, S. P. and Lestantyo, D. (2018). Analisis Pelaksanaan Program Keselamatan Pasien Puskesmas Mangkang, Kota Semarang. Jurnal Kesehatan Masyarakat 53(9):1689–1699. doi: 10.1017/CBO9781107415324.004.
KARS. (2017). Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.
Keles, A. W., Kandou, G and Tilaar, C. (2012). Analisis Pelaksanaan Standar Sasaran Keselamatan Pasien di Unit Gawat Darurat RSUD Dr . Sam Ratulangi Tondano Sesuai dengan Akreditasi Rumah Sakit Versi 2012: 250–259.
Kementerian Dalam Negeri RI. (2016). Peraturan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 61 Tahun 2007 Tentang Pedoman Teknis Pengelolaan Keuangan Badan Layanan Umum Daerah. (1038).
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2019). Prakarsa Indonesia Pada Pertemuan Ministerial Summit On Patient Safety, Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Available at: https://www.kemkes.go.id/article/print/19030400004/prakarsa-indonesia-pada-pertemuan-global-ministerial-summit-on-patient-safety.html (Accessed: 2 January 2020).
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2014). Buku Standar Akreditasi Puskesmas. Jakarta.
Kementerian Kesehatan RI. (2015). Pedoman Penyusunan Dokumen Akreditasi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP). Jakarta: Direktorat Jenderal Bina Upaya Kesehatan Direktorat Bina Upaya Kesehatan Dasar.
Kirana, G. R. and Nurmalasari, I. (2017). Pentingnya Standarisasi Prosedur Keselamatan Pasien di Puskesmas X Kabupaten Kediri. Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu Kesehatan Bhakti Wijaya Kediri.
Komite Keselamatan Pasien Rumah Sakit (2015). Pedoman Pelaporan Insiden Keselamatan Pasien (IKP) Patient Safety Incident Report. KOMITE KESELAMATAN PASIEN RUMAH SAKIT: 25.
Neri, R. A., Lestari, Y. and Yetti, H. (2018). Analisis Pelaksanaan Sasaran Keselamatan Pasien di Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah Padang Pariaman. jurnal.fk.unand.ac.id: 2–31.
Notoatmodjo, S. (2012). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rhineka Cipta.
Panesar, S. S. et al. (2020). Keselamatan Pasien dan Peningkatan Mutu Pelayanan Kesehatan. 4th edn. Edited by Sutoto and N. A. Lumenta K. Nefro. Jakarta: Erlangga.
Permenkes R.I No 11. (2017). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2017 Tentang Keselamatan Pasien. PERMENKES 7(1):45–56.
Permenkes R.I No 1691. (2011). Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 1691 Tahun 2011 Tentang Keselamatan Pasien Rumah Sakit. PERMENKES 156: 315–322.
Permenkes R.I No 46. (2015). Akreditasi Puskesmas, Klinik Pratama, Tempat Praktik Mandiri Dokter, Dan Tempat Praktik Mandiri Dokter Gigi.
Profil Puskesmas Rawat Inap Sukoharjo. (2020). Profil UPT Puskesmas Rawat Inap Sukoharjo 2020. Pringsewu Lampung: Puskesmas Rawat Inap Sukoharjo.
Rachmawati, N. and Harigustian, Y. (2019). Manajemen Patient Safety Konsep & Aplikasi Patient Safety dalam Kesehatan. Yogyakarta: PT. Pustaka Baru.
RBA Puskesmas Rawat Inap Sukoharjo. (2020). Rencana Belanja Anggaran Puskesmas Rawat Inap Sukoharjo Tahun 2020. Pringsewu, Lampung.
Sanjaya, P. D., Rosa, E. M. and Ulfa, M. (2018). Evaluasi Penerapan Pencegahan Pasien Berisiko Jatuh di Rumah Sakit. Kes Mas: Jurnal Fakultas Kesehatan Masyarakat, 11(2): 105–113. doi: 10.12928/kesmas.v11i2.6013.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. 26th edn. Bandung: Alfabeta.
Sumangkut, N. S. I., Kristanto, E. and Pongoh, J. (2017). Evaluasi Penatalaksanaan Sasaran Keselamatan Pasien Di Rumah Sakit UMUM GMIM Kalooran Amurang: 56–73.
TIM PMKP UPT Puskesmas Rawat Inap Sukoharjo. (2017). Rencana Tahunan Tim Peningkatan Mutu Klinis dan Keselamatan Pasien. Pringsewu, Lampung.
Ulumiyah, N. H. (2018). Meningkatkan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Penerapan Upaya Keselamatan Pasien di Puskesmas. JAKI ERLANGGA, 6(2):149–155. doi: 10.20473/jaki.v6i2.2018.149-155.
Valencia. (2017). Analisis Pelaksanaan Program Keselamatan Pasien. Unand.
Yusuf, A. M. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan. 5th edn. Jakarta: Prenada Media Group.
DOI: https://doi.org/10.33024/jikk.v8i1.3951
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
##submission.license.cc.by-nc4.footer##
Pendidikan Dokter Universitas Malahayati Lampung
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.