DIABETES MELLITUS AND HEALTH EDUCATION’S ROLE IN PATIENT MANAGEMENT: A LITERATURE REVIEW

Ajeng Defriyanti Pusparini, Reni Zuraida, Susianti Susianti

Sari


Diabetes Melitus (DM) merupakan penyakit kronis disebabkan organ pankreas tidak dapat memproduksi insulin dalam jumlah yang cukup atau ketika tubuh tidak efektif menggunakan insulin yang diproduksinya sehingga terjadi kadar gula darah yang meningkat. Penderita DM terus meningkat setiap tahunnya selama beberapa dekade terakhir. Sekitar 463,0 juta atau 9,3 % dari orang dewasa berusia 20-79 tahun di seluruh dunia menderita DM pada tahun 2019. Perlunya pengelolaan dan pencegahan DM dimana melibatkan multi disiplin ilmu sesuai dengan kompetensi dan penugasan klinis. Beberapa upaya penatalaksaan dalam upaya pengelolaan dan pencegahan penyakit DM antara lain edukasi, melakukan aktifitas fisik, pengaturan diet dan pola makan, terapi farmakologi dan pemantauan laboratorium secara berkala. Pengelolaan secara komprehensif difokuskan terhadap upaya mengubah perilaku ke arah perilaku sehat dan modifikasi gaya hidup. Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan keberhasilan dalam pengelolaan DM adalah dengan cara pendidikan kesehatan. Pendidikan kesehatan dapat meningkatkan kontrol glikemik dan dapat meningkatkan pemahaman serta kemampuan pasien dan keluarga dalam perawatan diri pasien DM sehingga dapat mengurangi komplikasi dan rehospitalisasi.

Kata Kunci


Diabetes Melitus; Pendidikan Kesehatan; Perilaku Sehat

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


American Diabetes Association. Standards of Medical Care in Diabetes - 2020. (2019). Diabetes Care [Internet] 43(1): 1–226. Available from: www.diabetes.org

Arief A., Etty R, Dwi CR. (2020). Perubahan Perilaku dan Kontrol Gula Darah Dewasa dengan Diabetes Mellitus Tipe 2 melalui Intervensi Emas. J-Dinamika 5(1):24-30.

Ellis SE, Speroff T, Dittus RS, Brown A, Pichert JW, Elasy TA. (2004). Diabetes patient education: A meta-analysis and meta-regression. Patient Educ Couns 52(1): 97–105.

Gandini ALA, Pranggono E, Ropi H. (2015). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Terhadap Pengetahuan, Perilaku Dan Gula Darah Pada Pasien Diabetes Mellitus Tipe 2. J Husada Mahakam 3(9): 474–82.

Haryono S, Suryati ES, Maryam RS. (2018). Pendidikan Kesehatan Tentang Diet Terhadap Kepatuhan Pasien Diabetes Mellitus. J Ris Kesehat 7(2): 91.

Hulu VT, Pane HW, Tasnim, Zuhriyatun F, Munthe SA, Hadi S, et al. (2020). Promosi Kesehatan Masyarakat [Internet]. Jakarta: Yayasan Kita Menulis. Available from: https://books.google.co.id/books?id=vwwLEAAAQBAJ&pg=PA174&dq=notoatmodjo&hl=id&sa=X&ved=2ahUKEwixod6KvZHuAhWHXSsKHYf9B9AQ6AEwAXoECAUQAg#v=onepage&q=notoatmodjo&f=false

International Diabetes Federation. IDF Diabetes Atlas [Internet]. (2019). Ninth Edit. The World’s Wine Markets: Globalization at Work: 14–57. Available from: www.diabetesatlas.org

Ji H, Chen R, Huang Y, Li W, Shi C, Zhou J. (2019). Effect of simulation education and case management on glycemic control in type 2 diabetes. Diabetes Metab Res Rev 35(3): e3112.

Kementerian Kesehatan RI. (2014). Pedoman Umum Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular. Jakarta: Direktorat Pengendalian Penyakit Tidak Menular Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Kementerian Kesehatan RI. Laporan Nasional RISKESDAS 2018. (2019). Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI: 123–143.

Kementerian Kesehatan RI. Riset Kesehatan Dasar (RISKESDAS). (2013). Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI: 87–91.

Moini, J. (2019). Pathophysiology of Diabetes. In: Epidemiology of Diabetes [Internet]. New York: Elsevier; 25–43. Available from: http://www.sciencedirect.com/science/article/pii/B9780128168646000031

Notoatmodjo, S. (2012). Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Okada S. (2011). Effects of lifestyle education on Type 2 diabetes with an emphasis on a traditional Japanese diet. Diabetes Manag. 1(6): 571–4.

Prawirasatra WA, Wahyudi F, Nugraheni A. (2017). Hubungan Dukungan Keluarga Terhadap Kepatuhan Pasien Dalam Menjalankan 4 Pilar Pengelolaan Diabetes Melitus Tipe 2 Di Puskesmas Rowosari. Diponegoro Med J (Jurnal Kedokt Diponegoro) 6(2): 1341–60.

Salahshouri A, Alavijeh FZ, Mahaki B, Mostafavi F. (2018). Effectiveness of educational intervention based on psychological factors on achieving health outcomes in patients with type 2 diabetes. Diabetol Metab Syndr [Internet] 10(1): 1–12. Available from: https://doi.org/10.1186/s13098-018-0368-8

Shabibi P, Sadegh M, Zavareh A, Sayehmiri K, Qorban M, Safari O, et al. (2017). Effect of educational intervention based on the Health Belief Model on promoting self-care behaviors of type-2 diabetes patients. Electron Physician 9(January): 3592–7.

Soelistijo S, Novida H, Rudijanto A, Soewondo P, Suastika K, Manaf A, et al. (2015). Konsesus Pengelolaan Dan Pencegahan Diabetes Melitus Tipe2 Di Indonesia 2015 [Internet]. Perkeni. Jakarta: PB Perkeni.

Soelistijo SA, Lindarto D, Decroli E, Permana H, Sucipto KW, Kusnadi Y, et al. (2019). Pedoman Pengelolaan DM Tipe 2 Dewasa di Indonesia 2019. PB Perkeni. Jakarta.

Wong, G., Greenhalgh, T., Westhorp, G., Buckingham, J., & Pawson, R. (2013). RAMESE Spublication standards: Meta-narrative reviews. BMC Medicine 11(20). https://doi.org/10.1186/1741-7015-11-20.

World Health Organization. (2019). Classification of diabetes mellitus 2019. Vol. 21, Clinics in Laboratory Medicine. Geneva: WHO Press;1–13.

World Health Organization. (2016). Global Report on Diabetes [Internet]. WHO Press. Geneva. Available from: https://sci-hub.si/https://apps.who.int/iris/handle/10665/204874%0Ahttps://apps.who.int/iris/bitstream/handle/10665/204874/WHO_NMH_NVI_16.3_eng.pdf?sequence=1%0Ahttp://www.who.int/about/licensing/copyright_form/index.html%0Ahttp://www.who.int/about/licens




DOI: https://doi.org/10.33024/jikk.v8i4.5090

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-nc4.footer##

Pendidikan Dokter Universitas Malahayati Lampung



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.