UJI AKTIVITAS ANTIBAKTERI EKSTRAK KULIT BUAH MAHONI (Swietenia mahagoni (L.) Jacq) DENGAN PERBANDINGAN METODE EKSTRAKSI MASERASI DAN PERKOLASI TERHADAP BAKTERI Escherichia coli

Dhea Virgiyanda Putri, Selvi Marcellia, Dewi Chusniasih

Sari


Diare merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri Escherichia coli yang biasanya dapat terjangkit dengan mengkonsumsi makanan yang telah terinfeksi bakteri tersebut. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah ekstrak kulit buah mahoni (Swietenia mahagoni (L.) Jacq) dapat efektif sebagai antibakteri dan apakah ada pengaruh jika dalam proses metode ekstraksi dilakukan dengan cara yang berbeda. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode ekstraksi maserasi dan perkolasi dengan menggunakan pelarut etanol 96% dan pengujian antibakteri dari kulit buah mahoni terhadap bakteri Escherichia coli. Rendemen hasil ekstraksi diperoleh sebanyak 3,316% melalui metode ekstraksi maserasi dan 2,852% melalui metode ekstraksi perkolasi. Aktivitas antibakteri dari ekstrak kulit buah mahoni termasuk kedalam kategori sedang dengan rentang 5-10mm. Metode ekstraksi maserasi lebih baik aktivitas antibakterinya dari pada metode ekstraksi perkolasi karena dilihat dari nilai LSD keseluruhan yang paling memiliki perbedaan bermakna dari ekstraksi perkolasi pada konsentrasi 75% sedangkan ekstraksi maserasi pada konsentrasi 100%.

Kata Kunci


Kulit Buah Mahoni; Maserasi; Perkolasi; Escherichia coli

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Baehaqi, Y. K., Putriningsih, P. A. S., & Suardana, I. W. (2015). Isolasi dan Identifikasi Escherichia coli O157: H7 Dada Sapi Bali Di Abiansemal, Badung, Bali. Jurnal Indonesia Medicus Veterinus 4(3): 267-278.

Bakri, Z., Hatta, M. dan Massi, M.N. (2015). Deteksi Keberadaan Bakteri Escherichia coli O157: H7 pada Feses Penderita Diare Dengan Metode Kultur dan PCR. Jst Kesehatan 5(2): 184-192.

Davis and Stout. (1997). Disc Plate Method of Microbiology Antibiotic Essay. J. Of Microbiology 22: 4-9.

Falah, S., Suzuki, T., & Katayama, T. (2013). Chemical constituents from Swietenia macrophylla bark and their antioxidant activity. Pak. J Biol Sci. 11(6).

Hafsari, A.R., Cahyanto, T., Sujarwo, T. and Lestari, R.I. (2015). Uji Aktivitas Antibakteri Ekstrak Daun Beluntas (Pluchea indica (L.) LESS.) Terhadap Propionibacterium acnes Penyebab Jerawat. Jurnal Istek 9(1).

Hasnaeni, H., & Wisdawati, W. (2019). Pengaruh Metode Ekstraksi Terhadap Rendemen Dan Kadar Fenolik Ekstrak Tanaman Kayu Beta-Beta (Lunasia amara Blanco). Jurnal Farmasi Galenika (Galenika Journal of Pharmacy)(e-Journal) 5(2): 175-182.

Kemenkes, R.I. (2019). Data dan Informasi Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2018. Jakarta: Kemenkes RI.

Monem, M.A., Mohamed, E.A., Awad, E.T., Ramadan, A.H.M. and Mahmoud, H.A. (2014). Multiplex PCR as Emerging Technique for Diagnosis of Enterotoxigenic E. coli Isolates from Pediatric Watery Diarrhea. Journal of American Science 10(10).

Prihandani, S. S. (2015). Uji Daya Antibakteri Bawang Putih (Allium sativum L.) Terhadap Bakteri Staphylococcus aureus, Escherichia coli, Salmonella typhimurium dan Pseudomonas aeruginosa dalam Meningkatkan Keamanan Pangan.Bogor: Balai Besar PenelitianVeteriner

Putra, I. M. A. S. (2015). Uji Aktivitas Antibakteri Ekstrak Etanol Daun Sirsak (Annonae muricata L.) dengan Metode Difusi Agar Cakram Terhadap Escherichia coli. Jurnal Ilmiah Medicamento 1(1): 15-19.

Suhendy, H., Mutaafifah, S., & Nofianti, T. (2021). Uji Aktivitas Antidiabetes Ekstrak N-Heksana, Etil Asetat, Etanol Daun Pohpohan (Pilea Trinervia Wight.) Pada Mencit Yang Diinduksi Aloksan. Journal Of Pharmacopolium 4(1).

Verawati, V., Nofiandi, D. and Petmawati, P. (2017). Pengaruh Metode Ekstraksi Terhadap Kadar Fenolat Total Dan Aktivitas Antioksidan Daun Salam (Syzygium polyanthum (Wight) Walp.). Jurnal Katalisator 2(2): 53-60.




DOI: https://doi.org/10.33024/jikk.v9i1.5441

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-nc4.footer##

Pendidikan Dokter Universitas Malahayati Lampung



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.