HUBUNGAN ANTARA SELF REGULATED LEARNING DENGAN PROKRASTINASI PENYUSUNAN SKRIPSI MAHASISWA FK UNIMUS

Ummu Syafa'ah, Mega Pandu Arfiyanti, Yanuarita Tursinawati

Sari


Prokrastinasi akademik merupakan perilaku penundaan menyelesaikan suatu tugas atau pekerjaan oleh mahasiswa yang berkaitan dengan kegiatan akademik perkuliahan. Salah satu tugas akademik yang sering diprokrastinasi oleh mahasiswa adalah penyusunan skripsi, sebanyak 77,5% mahasiswa melakukan prokrastinasi akademik tinggi dalam penyusunan skripsi. Prokrastinasi akademik banyak menimbulkan dampak buruk bagi mahasiswa sehingga mahasiswa memerlukan kemampuan mengatur diri dalam belajar yang disebut dengan self regulated learning. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara self regulated learning dengan prokrastinasi penyusunan skripsi mahasiswa fk unimus. Jenis penelitian ini adalah observasional analitik dengan desain cross sectional. Sampel mahasiswa fakultas kedokteran Universitas Muhammadiyah Semarang sebanyak 100 orang dengan teknik total sampling. Responden diminta mengisi kuesioner Assesing self regulated learning untuk mengetahui kategori self regulated learning dan kuesioner PASS (Procrastination Assessment Scale for Students) digunakan untuk mengukur prokrastinasi akademik. Data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan uji korelasi rank spearman. Hasil penelitian menunjukkan dari 100 mahasiswa kedokteran yang menjadi sampel penelitian, 74% melakukan prokrastinasi akademik kategori sedang dan 75% memiliki self regulated learning kategori tinggi. Berdasarkan hasil analisa didapatkan nilai signifikansi sebesar 0,320 (P>0,05). Kesimpulan dari penelitian ini adalah tidak terdapat korelasi antara self regulated learning dengan prokrastinasi penyusunan skripsi mahasiswa fk unimus.


Kata Kunci


Self Regulated Learning, Prokrastinasi Akademik,Mahasiswa Kedokteran

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abbas Mohammed Elfakki, F., Mohammed Alamri, M., Ashraful, I., Elnimeiri, M., & Frah, E. (2021). Self-Regulated Learning in the University of Tabuk: Gender Differences in Strategy and Outcomes. Rwanda Journal of Medicine and Health Sciences, 4(1), 151–165. https://doi.org/10.4314/rjmhs.v4i1.11

Alegría, D. A. H., Boscardin, C., Poncelet, A., Mayfield, C., & Wamsley, M. (2014). Using tablets to support self-regulated learning in a longitudinal integrated clerkship. Medical Education Online, 19(1), 1–7. https://doi.org/10.3402/meo.v19.23638

Dempsey, H. L. (2019). Running head :Gender and Age Differences in Procrastination Brittany Cangialosi Jacksonville State University Honors Thesis in Psychology Supervisor : Heidi L . Dempsey , Ph . D ., Professor of Psychology Com. December.

Fajariyanti, S. B. (2019). Hubungan Adiksi Game Online Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Kedokteran[Skripsi]. Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Semarang.

Ferrari, Joseph R., Johnson, Judith L., McCown, W. G. (2013). Procrastination and Task Avoidance Theory, Research, and Treatment.

Ghufron, M. N. (2014). Prokrastinasi akademik mahasiswa ditinjau dari regulasi diri dalam Belajar. Journal of Empirical Research in Islamic Educational, 2(1), 136–149.

Hardhito, R., & Leonardi, T. (2016). Gambaran Self-Regulated Learning pada Mahasiswa yang Tidak Menyelesaikan Skripsi dalam Waktu Satu Semester di Fakultas Psikologi Universitas Airlangga. Jurnal Psikologi Pendidikan Dan Perkembangan, 5(1), 1–11.

Hasanah, U., Maria, S., & Lutfianawati, D. (2019). Hubungan regulasi diri dalam belajar dengan prestasi belajar pada mahasiswa angkatan 2016 fakultas kedokteran universitas malahayati. Jurnal Psikologi Universitas Muhammadiyah Lampung, 1(1), 78–87.

Hayat, A., Jahanian, M., Bazrafcan, L., & Shokrpour, N. (2020). Prevalence of Academic Procrastination Among Medical Students and Its Relationship with Their Academic Achievement. Shiraz E-Medical Journal, In Press. https://doi.org/10.5812/semj.96049

Labiro, N. R. (2014). Hubungan Antara Self Regulation Learning dengan Prokrastinasi akademik pada Mahasiswa[Skripsi]. Fakultas Psiokologi UKSW.

Mohammadi Bytamar, J., Zenoozian, S., Dadashi, M., Saed, O., Hemmat, A., & Mohammadi, G. (2017). Prevalence of Academic Procrastination and Its Association with Metacognitive Beliefs in Zanjan University of Medical Sciences, Iran. Journal of Medical Education Development, 10(27), 84–97. https://doi.org/10.29252/edcj.10.27.84

Mursalim, M. H., T, M., & Silondae, D. P. (2020). Hubungan Antara Self-Regulated Learning Dengan Prokrastinasi Akademik Dalam Penyelesaian Skripsi Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Fkip Uho. Jurnal Sublimapsi, 1(2), 95–102. https://doi.org/10.36709/sublimapsi.v1i2.12003

Muyana, S. (2018). Prokrastinasi akademik dikalangan mahasiswa program studi bimbingan dan konseling. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 8(1), 45. https://doi.org/10.25273/counsellia.v8i1.1868

Nathasya, P. P., & Irawaty, E. (2020). Hubungan tekanan psikologis dan penundaan akademik ( academic procrastination ) terhadap prestasi belajar mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara. 3(1), 180–187.

Primadhani, Y. (2017). Hubungan antara Self Regulated Learning dengan Prokrastinasi Akademik dalam penyusunan skripsi pada mahasiswa angkatan tahun 2010 Universitas Negeri Malang[Skripsi]. Fakultas Psiokologi.

Puspitasari, M. M. (2021). Analisis Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Yang Sedang Menempuh Skripsi di Masa Pandemi Covid-19[Skripsi]. Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang.

Rahayu, N. (2013). Hubungan antara Self-Efficacy dengan Prokrastinasi Akademik dalam Menyelesaikan Skripsi Pada Mahasiswa Bimbingan dan Konseling Angkatan 2008 Universitas Negeri Yogyakarta[Skripsi]. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.

Rohmaniyah, A. (2018). Hubungan antara Self Regulated Learning dengan Prokrastinasi Akademik pada Anggota BEM Universitas X. Jurnal Penelitian Psikologi., 5(2), 1–6.

Sari, M. I., Lisiswanti, R., Oktaria, D., Kedokteran, B. P., Kedokteran, F., & Lampung, U. (2016). Learning in Medical Education : Introduction for New Medical Students. Jk Unila, 1, 399–403.

Setiani, S., & Wijaya, E. (2020). Hubungan Antara Self-Regulated Learning Dengan Student Engagement Pada Mahasiswa Yang Punya Banyak Peran. 478(Ticash), 307–312.

Simaremare, E. Y., Sandayanti, V., & Silvia, E. (2020). Hubungan Manajemen Waktu dengan Regulasi diri dalam Belajar Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati. Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling, 3(2), 136–145.

Solomon, L. J., & Rothblum, E. D. (1984). Academic procrastination: Frequency and cognitive-behavioral correlates. Journal of Counseling Psychology, 31(4), 503–509. https://doi.org/10.1037/0022-0167.31.4.503




DOI: https://doi.org/10.33024/jikk.v9i3.5597

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-nc4.footer##

Pendidikan Dokter Universitas Malahayati Lampung



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.