ANALISIS DESKRIPTIF KUANTITAS DAN KUALITAS PENILAIAN KLINIK PADA PROGRAM STUDI PROFESI DOKTER

Dyah Ayu Wulansari, Andra Novitasari, Mega Pandu Arfiyanti

Sari


Pendidikan profesi dilakukan penilaian pembelajaran melalui student report. Penilaian dilakukan pada stase mayor dan minor. Pada penilaian klinik ditemukan penilaian yang tidak terlaksana sesuai kewajiban. Oleh karena itu, peneliti tertarik mengetahui dan mendeskripsikan kualitas dan kuantitas penilaian klinik pada Program Studi Profesi Dokter di salah satu Fakultas Kedokteran swasta kota Semarang. Metode menggunakan observasional deskriptif menggunakan data sekunder student report. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Total sampel 70. Kuantitas penilaian Mini-CEX paling terpenuhi di Anestesiologi (92,9%), DOPS di Radiologi (100%), CBD di semua stase minor (100%), P-MEX di THT-KL dan Saraf (57,1%), m-OSLER di semua stase (100%). Kualitas penilaian Mini-CEX, DOPS, P-MEX mayoritas kualitas cukup dan kurang. m-OSLER mayoritas kualitas baik di Kulit Kelamin (100%). CBD mayoritas baik di Anestesiologi, Saraf, Kulit Kelamin, THT-KL (100%). Kuantitas penilaian kognitif paling terpenuhi di semua stase minor, psikomotor di Anestesiologi dan Radiologi, afektif di Anestesiologi dan THT-KL, penilaian keseluruhan di semua stase mayor dan minor. Kualitas penilaian kognitif paling baik di Kulit Kelamin dan Saraf. Psikomotor di Kulit Kelamin dan Saraf. Afektif di Radiologi. Penilaian keseluruhan di stase Kulit Kelamin.

 

 

Kata Kunci`: Penilaian Klinik, Mahasiswa Kedokteran, Kuantitas, Kualitas


Kata Kunci


Penilaian Klinik;Mahasiswa Kedokteran;Kuantitas;Kualitas

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Firmansyah, M. (2014) ‘Studi Kualitatif Dmpak Uji Kompetensi Dokter Indonesia Terhadap Pembelajaran Pada Mahasiswa Kedokteran’, Tetrahedron Letters, 55, p. 3909.

Firmansyah, M. (2017) ‘Perbedaan Pengalaman Klinik Mahasiswa Pendidikan Profesi Dokter di Departemen Ilmu Bedah Tiga Rumah Sakit Pendidikan’, Journal of Islamic Medicine Research, 1(1), pp. 83–95.

Furqan, A. et al. (2020) ‘The effectiveness of mini-CEX assessment tool for clinical competency achievement in clinical practice among anesthesia trainee.’, The Professional Medical Journal, 27(02), pp. 279–283. doi: 10.29309/tpmj/2020.27.02.3452.

Hardisman, H. and Yulistini, Y. (2015) ‘Pencapaian Kompetensi Mahasiswa Pada Kepaniteraan Klinik Di Fakultas Kedokteran Universitas Andalas’, Majalah Kedokteran Andalas, 34(1), p. 88. doi: 10.22338/mka.v34.i1.p88-104.2010.

Kedokteran, F., Gadjah, U. and Yogyakarta, M. (2012) ‘Persepsi Mahasiswa Terhadap Pelaksanaan Mini Clinical Examination Excercise (Mini-CEX) Pada Program Pendidikan Kepaniteraan Klinik’, Jurnal Pendidikan Kedokteran Indonesia: The Indonesian Journal of Medical Education, 1(2), pp. 68–74. doi: 10.22146/jpki.25131.

Konsil Kedokteran Indonesia (2012).

Lisiswanti, R. (2012) ‘Dasar-dasar pemilihan assessment di pendidikan kedokteran’, Jurnal Kedokteran, 2(2).

Munandar, R. M., Suhoyo, Y. and Hadianto, T. (2015) ‘Mini-Cex Sebagai Metode Penilaian Keterampilan Klinis Mahasiswa Program Pendidikan Kepaniteraan Klinik Fakultas Kedokteran Universitas Gadjah Mada - Studi’, 1(July 2012), pp. 36–39.

Rahmawatie, D. A., Rahayu, G. R. and Prihatiningsih, T. S. (2011) ‘Persepsi Mahasiswa terhadap Kualitas Supervisi Klinik di 12 Rumah Sakit Jejaring FK Unissula’, Sains Medika, 3(2), pp. 135–149. Available at: sainsmedika.fkunissula.ac.id/index.php/sainsmedika/article/view/109.

Sari, D. P. and Susani, Y. P. (2019) ‘Revisi dan Implementasi Panduan Rotasi Klinik (Logbook)-Studi Kasus dalam Pendidikan Klinik di FK Universitas Mataram’, Jurnal Kedokteran, 8(3), pp. 18–23.

Sulistiawati (2016) ‘Umpan Balik pada Mini-CEX Feedback in Mini-CEX’, JK Unila, 1(2), pp. 413–417.




DOI: https://doi.org/10.33024/jikk.v9i2.5826

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-nc4.footer##

Pendidikan Dokter Universitas Malahayati Lampung



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.