HUBUNGAN COPING MECHANISM DENGAN HASIL UJIAN AKHIR BLOK BASIC MEDICAL SCIENCE PADA MAHASISWA ANGKATAN 2016

Anggunan Anggunan, Hendric Hariansyah

Sari


Latar Belakang : Mahasiswa kedokteran lebih sering mengalami stres dibanding mahasiswa jurusan lainnya. Stres yang paling sering dialami adalah stres akademik yang salah satunya adalah ujian. Individu yang mengalami stres membutuhkan kemampuan untuk menghadapi stres kemampuan tersebut disebut Coping Mechanism. Coping Mechanism terdiri dari dua strategi yaitu problem solving focused coping strategi koping yang berfokus menyelesaikan masalah dan emotion focused coping strategikoping dengan mengabaikan stressor untuk mengatasi masalahnya sementara.

Tujuan : Mengetahui apakah terdapat hubungan antara Coping Mechanism dengan hasil ujian akhir blok basic medical science pada mahasiswa angkatan 2016 Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati.

Metodologi : Penelitian ini berjenis kuantitatif dengan rancangan analitik observasional dengan pendekatan cross-sectional. Populasi pada penelitian ini adalah Mahasiswa angkatan 2016 Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati sebanyak 327 orang. Sample diambil dengan metode simple random sampling sebanyak 180 orang. Analisis data yang digunakan adalah chi square.

Hasil : Sebagian besar mahasiswa angkatan 2016 Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati menggunakan Problem Solving Focused Coping sebanyak 171 orang (95%). Sebagian besar mahasiswa lulus ujian akhir blok Basic Medical Science sebanyak 175 orang (97,22%). Hasil analisis bivariat didapatkan p-value = 0,000 dan OR = 42,25.

Kesimpulan : Ada hubungan antara Coping Mechanism dengan hasil ujian akhir blok Basic Medical Science padaMahasiswa angkatan 2016 Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati.


Kata Kunci


emotion focused coping, problem solving focused coping.

Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33024/.v4i1.764

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##



Pendidikan Dokter Universitas Malahayati Lampung



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.