ANALISIS ASPEK DARI HASIL PEMERIKSAAN PSIKOLOGI SEBAGAI PREDIKTOR PERFORMA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MALAHAYATI ANGKATAN 2013 DI TAHUN PERTAMA

Sri Maria Puji Lestari

Sari


Latar belakang: Hasil Pemeriksaan Psikologi mahasiswa angkatan 2013 Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati (FK UNIMAL) terbukti bahwa yang memiliki hasil potensial tidak mengalami kesulitan mendapatkan menjadi prediktor positif terhadap prestasi mahasiswa angkatan 2013. FK UNIMAL melakukan pemeriksaan psikologi (instrumen SPM) sebagai tambahan (data formatif) setelah mahasiswa diterima untuk mengetahui potensi mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aspek hasil psikologi yang manakah yang dominan dapat menjadi prediktor performa Mahasiswa Angkatan 2013 Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati di Tahun Pertama.

Metode: Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan kohort retrospektif. Pengumpulan data secara total sampling meliputi hasil pemeriksaan psikologi (instrumen SPM), dan performa mahasiswa (Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tahun pertama) FK UNIMAL angkatan 2013. Data yang didapatkan dilakukan analisis univariat dan analisis bivariat.

Hasil: Sebagian besar mahasiswa FK UNIMAL angkatan 2013 memiliki intelligence quotient (IQ) tinggi, creativity quotient (CQ) sedang, sedangkan secara umum paling banyak memiliki kemampuan khusus 1 - 10 (comprehention, information, analogi, logika, aritmatika, deret angka, sinonim, differences, completion, dan perception) yang beragam antara rendah dan sedang. Berdasarkan hasil analisis bivariat dengan uji ANOVA secara keseluruhan hampir semuanya memiliki p value < 0,05 kecuali 3 aspek yaitu kemampuan khusus 1, kemampuan khusus 3 dan kemampuan khusus 9. Hal ini menunjukkan terdapat perbedaan IPK tahun pertama yang bermakna antar kategori pada berbagai aspek hasil pemeriksaan psikologi.

         Kesimpulan: Beberapa aspek dari hasil pemeriksaan psikologi yang terbukti menjadi prediktor adalah aspek IQ, CQ, komponen 2,4,5,6,7,8,dan 10.   

 

Kata Kunci: analisis hasil pemeriksaan psikologi, indeks prestasi kumulatif, performa mahasiswa tahun pertama

Kata Kunci


analisis hasil pemeriksaan psikologi, indeks prestasi kumulatif, performa mahasiswa tahun pertama

Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33024/.v4i1.769

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##



Pendidikan Dokter Universitas Malahayati Lampung



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.