HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU TERHADAP PERILAKU PEMBERIAN MAKANAN PENDAMPING ASI (MP-ASI) PADA BAYI USIA 0-6 BULAN DI POSYANDU ANGGREK VI PUSKESMAS PAYO SELINCAH KOTA JAMBI TAHUN 2017

Siti Nuraini, T Marwan Nusri, Upik Pebriani

Sari


Latar Belakang : Makanan Pendamping ASI (MP-ASI) adalah makanan atau minuman yang diberikan kepada bayi usia 6-24 bulan. Salah satu faktor pemberian MP-ASI oleh ibu diantaranya adalah pengetahuan. Pengetahuan ibu yang masih kurang terhadap manfaat pemberian ASI Ekslusif sangat erat kaitannya dengan dengan pemberian MP-ASI dini.

 

Tujuan : Mengetahui adanya hubungan antara pengetahuan ibu dengan perilaku pemberian makanan pendamping asi (MP-ASI) pada bayi usia 0-6 bulan di Posyandu Anggrek VI Puskesmas Payo Selincah Kota Jambi tahun 2017.

 

Metode : Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analitik observational dengan pendekatan cross sectional. Penelitian dilakukan pada bulan Februari 2017 di Posyandu Anggrek VI Puskesmas Payo Selincah Kota Jambi. Penelitian ini menggunakan teknik total sampling. Populasi dari penelitian adalah ibu yang memiliki bayi usia 0-6 bulan. Data diperoleh dengan pengisian kuesioner dan di uji menggunakan uji Chi Square.

 

Hasil : Sebanyak 64 responden (91,4%) berpengetahuan baik dan yang tidak memberikan MP-ASI sebanyak 58 responden (82,9%). Uji Chi Square didapatkan p-value 0,001 dan Odd Ratio = 0,071.

 

Kesimpulan : Terdapat hubungan yang bermakna antara pengetahuan ibu dengan perilaku pemberian makanan pendamping ASI (MP-ASI) pada bayi usia 0-6 bulan di Posyandu Anggrek VI Puskesmas Payo Selincah Kota Jambi tahun 2017.

 

 


Kata Kunci


Pengetahuan, Perilaku, Makanan Pendamping ASI

Teks Lengkap:

PDF


DOI: https://doi.org/10.33024/.v5i1.787

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##



Pendidikan Dokter Universitas Malahayati Lampung



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.