HUBUNGAN ANTARA PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN (DARING) DENGAN TINGKAT STRES SELAMA PANDEMI COVID-19 PADA MAHASISWA FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS MALAHAYATI BANDAR LAMPUNG ANGKATAN 2019

Ririn Pearl Risky, Nita Sahara, Ni Putu Sudiadnyani, Sri Maria Puji Lestari

Sari


Virus Corona merupakan virus baru yang masih belum terindentifikasi pada manusia sebelumnya, sehingga disebut 2019 Novel Coronavirus atau 2019-nCoV. Dengan adanya kebijakan WFH hampir semua perguruan tinggi di Indonesia melakukan pembelajaran Daring. Mekanisme adaptasi dari perkuliahan secara tatap muka menjadi perkuliahan Daring menurut beberapa teori dapat menimbulkan stress. Stres merupakan pengalaman paling sering dialami dalam lingkungan akademik, baik yang sedang belajar di tingkat sekolah ataupun perguruan tinggi. Penelitian ini diketahui hubungan antara pembelajaran Daring dengan tingkat stres selama pandemi Covid-19 pada mahasiswa Program Studi Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati Bandar Lampung Angkatan 2019. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi pada penelitian adalah semua mahasiswa angkata 2019 sejumlah 136 orang, Sampel pada penelitian ini sejumlah 102 orang. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisis hubungan menggunakan uji Chi Square. Responden menyatakan pembelajaran Daring tidak efektif yaitu berjumlah 58 orang (56.9%), tidak mengalami stress yaitu berjumlah 65 orang (63,7%). Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan antara pembelajaran Daring dengan tingkat stres selama pandemi Covid-19 pada mahasiswa Program Studi Kedokteran Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati Bandar Lampung Angkatan 2019 (p value 0,007, OR 3,63). Ada hubungan antara pembelajaran Daring dengan tingkat stres selama pandemi Covid-19.


Kata Kunci


Mahasiswa; Pembelajaran Daring; Tingkat stress

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Assidiqi, M. H., & Sumarni, W. (2020). Pemanfaatan Platform Digital di Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 298–303.

Basilaia, G., & Kvavadze, D. (2020). Transition to Online Education in Schools during a SARS-CoV-2 Coronavirus (COVID-19) Pandemic in Georgia. Pedagogical Research, 5(4). https://doi.org/10.29333/pr/7937

Dixon, R., Hall, C., & Shawon, F. (2019). Using Virtual Reality and Web Conferencing Technologies: Exploring Alternatives for Microteaching in a Rural Region. Northwest Journal of Teacher Education, 14(1), 0–18. https://doi.org/10.15760/ nwjte.2019.14.1.4

Ermayulis, S. (2020). Penerapan sistem pembelajaran daring dan luring di tengah pandemi Covid-19. Webpage STIT Al-Kifayah Riau.

Fauziyyah, Rita., Awinda R C., Besral. (2021). Dampak Pembelajaran Jarak Jauh terhadap Tingkat Stres dan Kecemasan Mahasiswa selama Pandemi COVID-19. Bikfokes 1 (2), 113-123.

Firman, F., & Rahayu, S. (2020). Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 2(2), 81–89. https://doi.org/10.31605/ijes.v2i2.659

Henriksen, D., Creely, E., & Henderson, M. (2020). Folk Pedagogies for Teacher Educator Transitions: Approaches to Synchronous Online Learning in the Wake of COVID-19. Jl. of Technology and Teacher Education, 28(2), 201–209.

Kemenkes RI. (2022). Pedoman Pencegahan dan Pengendalian COVID-19. Kementerian Kesehatan RI.

Ma, Z., Zhao, J., Li, Y., Chen, D., Wang, T., Zhang, Z., Chen, Z., Yu, Q., Jiang, J., Fan, F., & Liu, X. (2020). Mental health problems and correlates among 746 217 college students during the coronavirus disease 2019 outbreak in China. Epidemiology and Psychiatric Sciences. https://doi.org/10.1017/S2045796020000931

Musabiq, S., & Karimah, I. (2018). Gambaran Stress dan Dampaknya Pada Mahasiswa. Insight: Jurnal Ilmiah Psikologi, 20(2), 75–83.

Notoatmodjo, S. (2012). Metodologi Penelitian Kesehatan. PT Rineka Cipta.

Nurchayati, Syafiq, M., Noviana Khoirunisa, R., & Darmawanti, I. (2021). Strategi Coping Mahasiswa dalam Menghadapi Perubahan Sistem Perkuliahan di Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Psikologi Terapan, 11(3), 293–303.

Pala, M. G. T., Nurina, R. L., & Sagita, S. (2021). Hubungan Study From Home Terhadap Tingkat Stres Mahasiswa Kedokteran Saat Pandemi Covid-19 Di Nusa Tenggara Timur. Cendana Medical Journal (CMJ), 9(1), 169–177. https://doi.org/10.35508/cmj.v9i1.4953

Rahardjo, W., Qomariyah, N., Mulyani, I., & Andriani, I. (2020). Social media fatigue pada mahasiswa di masa pandemi COVID-19: Peran neurotisisme, kelebihan informasi, invasion of life, kecemasan, dan jenis kelamin. Jurnal Psikologi Sosial, 19(2), 142–152. https://doi.org/10.7454/jps.2021.16

Rahmayani, R. D., Liza, R. G., & Syah, N. A. (2019). Gambaran Tingkat Stres Berdasarkan Stressor pada Mahasiswa Kedokteran Tahun Pertama Program Studi Profesi Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Andalas Angkatan 2017. Jurnal Kesehatan Andalas, 8(1), 103. https://doi.org/10.25077/jka.v8i1.977

Satgas Covid-19. (2021). Pengendalian Covid-19. In B. H. Sonny Harry (Ed.), Satuan Tugas Penanganan Covid-19 (Tim Ahli B, Vol. 53, Issue 9). Satuan Tugas Penanganan Covid-19.

Sitompul, P. P. E. (2021). Menilik kebijakan pengolahan limbah B3 fasilitas pelayanan kesehatan selama pandemi COVID-19 di Provinsi Jawa Barat. Dinamika Lingkungan Indonesia, 8(1), 73. https://doi.org/10.31258/dli.8.1.p.73-79

Sun, Q., & Su, Y. (2020). Since January 2020 Elsevier has created a COVID-19 resource centre with free information in English and Mandarin on the novel coronavirus COVID- 19 . The COVID-19 resource centre is hosted on Elsevier Connect , the company ’ s public newsand information . January.

Yuzulia, I. (2021). The Challenges of Online Learning during Pandemic: Students’ Voice. Wanastra: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 13(1), 08–12. https://doi. org/10.31294/w.v13i1.9759




DOI: https://doi.org/10.33024/jikk.v9i4.8636

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-nc4.footer##

Pendidikan Dokter Universitas Malahayati Lampung



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.