PERBEDAAN TINGKAT KECEMASAN DALAM MENGHADAPI UJIAN CBT DAN OSCE NASIONAL PADA MAHASISWA KEDOKTERAN UNIVERSITAS MALAHAYATI BANDAR LAMPUNG

Festy Ladyani Mustofa, Ade Utia Detty, Octa Reni Setiawati, Regina Maharani

Sari


Kecemasan adalah gangguan perasaan (affective) ditandai perasaan ketakutan atau kekhawatiran mendalam dan berkelanjutan, tidak mengalami gangguan menilai realitas (Reality Testing Ability), kepribadian masih tetap utuh, perilaku dapat terganggu tetapi masih batas-batas normal (Hawari, 2001). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kecemasan dalam menghadapi ujian CBT dan OSCE nasional pada mahasiswa fakultas kedokteran umum di Universitas Malahayati. Penelitian ini menggunakan metode analitik dengan pendekatan cross sectional, yaitu dengan mengumpulan data sekaligus dalam satu waktu. Hal ini dikarenakan metode pengambilan data menggunakan kuesioner. Berdasarkan data yang diperoleh dari penelitian yang telah di lakukan pada 31 peserta yang mengikuti CBT nasional di Universitas Malahayati pada bulan November tahun 2021. Sebagian besar responden mengalami kecemasan sedang yaitu sebanyak 16 (51%) peserta, dan pada peserta yang mengikuti OSCE nasional di Universitas Malahayati pada bulan November tahun 2021 sebagian besar responden mengalami kecemasan ringan yaitu sebanyak 11 (35,5%) peserta. Diketahui adanya perbedaan tingkat kecemasan pada mahasiswa yang mengikuti ujian CBT dan OSCE nasional di Universitas Malahayati Bandar Lampung periode November tahun 2021.

Kata Kunci


Kecemasan; OSCE; CBT; UKMPPD

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arlene J. Lowenstein, ‎Martha J. Bradshaw. 2004. Fuszard’s Innovative Teaching Strategies In Nursing 3rd Edition. Sudbury, Massachusetts : Jones and Bartlett Publishers

Daradjat, Zakiyah, 1982, Kesehatan Mental. Cetakan Pertama. Jakarta: Gunung Agung

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Mengenal Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi Kesehatan [Buku Saku]. Health Professional Education Quality (HPEQ) Project. 2013;1: 48-9

F, Willy Maramis & Albert A. Maramis. 2009. Catatan Ilmu Kedokteran Jiwa Ed. 2. Surabaya: Airlangga University Press.

Prasetyono, Dwi Sunar, 2007, Metode Mengatasi Cemas Dan Depresi,Yogyakarta: ORYZA.

(https://www.researchgate.net/publication/343547842_KECERDASAN_EMOSI_DAN_DEPRESI_PADA_MAHASISWA_YANG_SUDAH_MENIKAH_Emotional_Question_and_Depression_In_Married_Students)

Sadock BJ, Sadock VA. 2007. Anxiety disorders. In: Sadock BJ, Sadock VA, editors. Kaplan and Sadock’s Synopsis of Psychiatry: Behavioral Sciences/Clinical Psychiatry. 10 th ed. Philadelphia: Lippincott William and Wilkins, p:580-633.

Sarwono J & herlina B. 2012. Statistik Terapan Aplikasi untuk Riset Skripsi, Tesis dan disertai Menggunakan SPSS, AMOS dan Excel Hal 42. Jakarta : PT Alex Media Komputindo

(https://www.google.co.id/books/edition/Statistik_Terapan_Aplikasi_untuk_Riset_S/dNtMDwAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=mann+whitney+adalah&printsec=frontcover)

Suliswati. 2014. Konsep Dasar Keperawatan Kesehatan Jiwa. EGC: Jakarta

Zuckerman MDC. 2015. Emotions and Anxiety (Ple: Emotion) (1st ed). New York: Taylor & Francis Ltd, p. 317, 321-325 .

Clareza Arief Wardhana, I. W. 2015. Prevalensi Cemas Pada Mahasiswakedokteran Yang Mengikuti Ujikompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokterdifakultas Kedokteran Universitas Udayana

Eko, Agung P et al. 2018. Aplikasi Gangguan Kecemasan Pada Anak – Anak Berbasis Android. E-Preceeding of Engineerling. Universiatas Telkom. Vol 5, No 3 Page 6058

Fitri, Dona A & Ifdil. 2016. Konsep Kecemasan (Anxiety) pada Lanjut Usia (Lansia). Konselor. Volume 5 Number 2. Page 93-99

Gilbert Limen, J. R. 2018. Hubungan Tingkat Kecemasan dalam Menghadapi UKMPPD OSCE dengan Nilai UKMPPD Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi. Online first. Retrieved Maret 23, 2019, from https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/biomedik/article/view/21981

Kamil, H. and Pramulia, F., 2019. Pembangunan Sistem Informasi Manajemen Ujian pada Jurusan Sistem Informasi Universitas Andalas. Jurnal Nasional Teknologi dan Sistem Informasi, 5(3), pp.158-167.

Kesuma, S.K., Gambaran Tingkat Kecemasan Mahasiswa Kedokteran yang Mengikuti Uji Kompetensi Mahasiswa Program Profesi Dokter di Fakultas Kedokteran Universitas Tanjungpura Tahun 2017. Jurnal Mahasiswa PSPD FK Universitas Tanjungpura, 3(2).

Konsil Kedokteran Indonesia. Standar Pendidikan Profesi Dokter Indonesia. Jakarta: Konsil Kedokteran Indonesia; 2012

Nurhayati & A. Rislana. 2020. Penerapan Computer Based Test (CBT) Pada pelaksanaan evaluasi hasil belajar. Jurnal Seminar nasional pendidikan pps universitas pgri Palembang

Nutt D, Ballenger J. 2007. Anxiety disorders: panic disorder and social anxiety disorder. 2nd edition. Turin: Lundbeck InstituteBlackwell Publishing. p:1-20.

Purnomo, M Arif, 2009, Kecemasan Mahasiswa Semester Akhir Fakultas Dakwah IAIN Walisongo Semarang dan Upaya Solusinya (Tinjauan Bimbingan dan Konseling Islami), Semarang: Fakultas Dakwah IAIN Walisongo Semarang

Rezki, R., Firdaus, F. and Asni, E., 2021. Korelasi Indeks Prestasi Kumulatif dengan Nilai UKMPPD CBT Periode November 2018–Agustus 2019 Fakultas Kedokteran Universitas Riau. Jurnal Ilmu Kedokteran (Journal of Medical Science), 14(1), pp.39-44.

Salistia, Yulifah B, Shanti W & Moh Afandi. 2016. Pengaruh Situasi Nasional Terhadap Kecemasan Mahasiswa Program Studi D III Keperawatan Menghadapi Ujian Skill Laboratorium: Studi Mixed Methods. Indonesian Journal of Nursing Practices. Volume 1 No 1.

Suyanto, Ugiana PG. 2017. Statistika Nonparametrik Dengan SPSS, Minitab, dan R. Medan : USU Press. Hal 19




DOI: https://doi.org/10.33024/jikk.v10i3.8800

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

##submission.license.cc.by-nc4.footer##

Pendidikan Dokter Universitas Malahayati Lampung



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.